Seputar Blora

Disdik Blora Studi Tiru Sekolah Sak Ngajine ke Blitar


Studi tiru Sekolah Sak Ngajine dilaksanakan Dinas Pendidikan Kabupaten Blora ke Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Rombongan dari Disdik Blora yang diikuti seluruh jajaran Pejabat Struktural beserta staf. diterima oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Blitar, Hendik Wijaya, S.E.,M.Si mewakili Kepala Dinas didampingi Ketua KKG PAI Bapak Nurhabibah,S.Pd.I di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar.

“Terimakasih atas kunjungan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, selamat datang di Kabupaten Blitar. Silahkan nanti yang kita sharingkan dan informasi yang dapat kami berikan ke Bapak/Ibu Dinas Pendidikan Kabupaten Blora," ungkapnya.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Drs. Yusman M.Pd.I menyampaikan rasa terimakasih kepada Keluarga Besar Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar yang telah berkenan menerima rombongan dari Disdik Blora terkait studi tiru Sekolah Sak Ngajine.

"Ada suatu hal yang sangat menarik dari Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar yang kebetulan di Kabupaten Blora menjadi program unggulan Bapak Bupati Blora H. Arief Rohman,S.IP.,M.Si. yaitu Blora Mengaji," ungkapnya.

Besar harapan, untuk mendapatkan banyak ilmu, yang pertama terkait dengan Sekolah Sak Ngajine dan juga penanganan pendidikan yang ada di Kabupaten Blora.

"Semoga apa yang bisa kami ambil betul-betul bisa Kita praktikkan," ujarnya.

Sekolah Sak Ngajine sendiri merupakan pelaksanaan kegiatan tambahan tentang peningkatan pengetahuan dan pengamalan ilmu Agama Islam di lembaga SD terintegrasi antara kegiatan PBM dan kegiatan Keagamaan.

Tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat Blitar serta meningkatkan keseimbangan Pendidikan Intelektual dengan spiritual sesuai dengan keyakinan yang dianut para generasi Milenial (Pesdik).

Selain itu sebagai integrasi antara PBM dan kegiatan keagamaan.

Dalam kesempatan itu Ketua KKG PAI Kabupaten Blitar Nurhabibah,S.Pd.I menyampaikan tentang Program Sekolah Sak Ngajine di Kota Blitar bahwa hampir 98% anak-anak sudah sholat dzuhur berjamaah di sekolah.

“Ini adalah barokah dari Sekolah Sak Ngajine," ucapnya.

Kemudian ada program Tafidz. Di Festival Lomba Seni Tafidz dimasukkan dan disitu ternyata anak-anak tafidz dari Surat Yasin ada 580 siswa SD murni didalamnya yang hafal juz 30 sejumlah 85 siswa.

"Inilah Program Sekolah Sak Ngajine sudah kelihatan anak-anak sudah memakai sarung, peci,” tegasnya.

Ketua KKG Kabupaten Blitar Nurhabibah,S.Pd.I juga menyampaikan bahwa Sekolah Sak Ngajine adalah pelaksanaan kegiatan tambahan, tetapi di Kabupaten Blitar ini termasuk instra tetap menyediakan seperti laptop.

Adapun materi yang diajarkan yaitu Bacaan Salam dan kalimah Thoyibah, Akhlakul Karimah, Do’a sehari-hari, Bersuci, Belajar Baca Al Qur’an, Tadarus, Hafalan Asmaul Khusna, Hafalan surah pendek. (DINKOMINFO BLORA).

    Berita Terbaru

    1.734 ASN PPPK Pemerintah Kabupaten Blora Formasi Tahun 2023 Dilantik
    29 April 2024 Jam 18:58:00

    Sebanyak 1.734 Aparatur Sipil Negara Pemerintah Kabupaten Blora (ASN Pemkab Blora) dikumpulkan...

    Sate Khas Blora Disuguhkan di Mangkunegaran Makan-Makan
    29 April 2024 Jam 18:51:00

     Kuliner khas Blora, utamanya sate ayam dan kambing ikut tampil di “Mangkunegaran Makan-Makan”,...

    Ikuti Manasik, 643 Calhaj Blora Akan Berangkat ke Tanah Suci 3 Juni 2024
    27 April 2024 Jam 19:31:00

    Para Calon Haji (Calhaj) Blora mulai ikuti manasik haji, Sabtu (27/4/2024). Jumlah Calhaj Blora...