Seni dan Budaya

Sate Khas Blora Disuguhkan di Mangkunegaran Makan-Makan


 Kuliner khas Blora, utamanya sate ayam dan kambing ikut tampil di “Mangkunegaran Makan-Makan”, yang digelar selama dua hari, 27-28 April 2024. Acara tersebut merupakan rangkaian dari acara Adeging 267 Tahun Mangkunegaran.

Bupati Blora H. Arief Rohman yang hadir langsung, menyampaikan, Blora mendapat undangan untuk berpartisipasi di acara Mangkunegaran Makan-Makan.

‘’Atas undangan itu kami menyuguhkan kuliner andalan Blora, Sate sapi dan ayam,’’ jelasnya.

“Menurut sejarahnya, kami, Blora, ini kan merupakan wilayah perdikan dari Mangkunegaran. Kita membangun hubungan, sinergi dengan Solo, tentunya. Karena itu, kami mengusung kuliner ke sini,” tambah Arief Rohman.

“Tadi, alhamdulillah, Gusti Bhre dan Gusti Sura telah mencoba kuliner andalan kami. Dan mereka terkesan.”

Dikemukakan, selain kuliner, rencananya Blora juga akan mengusung tim kesenian khas dari Kabupaten Blora, yakni seni Tayub, untuk turut meramaikan rangkaian acara tersebut.

Acara dibuka Pengageng Kawedanan Panti Budaya Mangkunegaran, G. R. Aj, Ancillasura Marina Sudjiwo, sekitar pukul 15.15 WIB. Gusti Sura, sapaan akrabnya, menyampaikan bahwa acara tersebut merupakan rangkaian dari acara Adeging 267 Tahun Mangkunegaran.

“Selain itu, Mangkunegaran Makan-Makan ini juga dimaksudkan sebagai upaya untuk memajukan ekonomi melalui kolaborasi dan mendukung kesejahteraan masyarakat, terutama masyarakat Solo dan abdi dalem Praja Mangkunegaran,” ungkap Gusti Sura.

Usai dibuka, pemimpin Pura Mangkunegaran, KGPAA Mangkunegara X, Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo pun tampak menikmati sate bersama Bupati Blora, Arief Rohman.

Gusti Bhre yang mengenakan kemeja batik berwarna hijau dan celana berwarna hitam, sementara, Bupati Arief Rohman mengenakan kemeja batik dan celana warna hitam, tampak keduanya duduk di bangku kayu di depan lapak Sate Blora Pak Daman. Sembari menikmati sate dengan wadah daun jati.

Saat dimintai tanggapan oleh Arief Rohman terkait sate Blora yang sedang dinikmatinya, Gusti Bhre menyatakan, ‘’luar biasa. Empuk, enak, bumbunya top. UMKM dari Blora luar biasa,” jelasnya.

Tak lama berselang, tampak pula Gusti Sura dari panggung tempat pembukaan acara, berjalan menuju tempat Gusti Bhre dan Arief Rohman sedang menikmati sate berdua.

Gusti Sura juga mencicipi setusuk sate yang menjadi kuliner andalan Blora itu, sebelum melanjutkan jalan-jalannya melihat lapak-lapak jajanan yang ada di acara Mangkunegaran Makan-Makan. (Dinkominfo Blora/Prokompim).

    Berita Terbaru

    UDD PMI Blora Kini Punya Gedung Baru Untuk Pusat Pelayanan Kemanusiaan
    16 Mei 2024 Jam 13:44:00

    Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Blora. Ir. Sutikno Slamet menjelaskan sebagaimana...

    Pengurus APTRI Blora Masa Bhakti 2024-2029 Dilantik, Diharapkan Bisa Bersinergi Dengan Pemda Berperan Dalam Program Pergulaan Nasional
    15 Mei 2024 Jam 14:39:00

    Bupati Blora Arief Rohman, S.IP., M.Si mengharapkan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia...

    Kesepuluh Kali Blora Raih Opini WTP dari BPK
    14 Mei 2024 Jam 17:39:00

    Pemerintah Kabupaten Blora berhasil memperoleh predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)...