Seputar Blora

Creative Community Tuli Blora Kenalkan BISINDO


Suasana Hari Tanpa Kendaraan atau Car Free Day (CFD) yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) di Alun-alun Blora menarik perhatian dengan dikenalkannya Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) oleh Creative Community Tuli Blora, Minggu (17/9/2023) pagi.

Sejumlah remaja berkebutuhan khusus (tuna rungu/tuli) yakni Cindy, Femi, Arya dan Ruly tampil di podium mengenalkan diri dan mengenalkan bahasa isyarat didampingi pembimbingya.

“Terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada kami, komunitas ini kami bentuk baru satu bulan,” ucap Femi dengan bahasa isyarat.

Sejumlah remaja itu mengenalkan diri dan mengenalkan huruf abjad Indonesia menggunakan keterampilan bahasa isyarat dengan jari tangan.

Kehadiran mereka di CFD merupakan wujud perhatian Dinkominfo Blora serta mendorong anak berkebutuhan khusus, tuna rungu/tuli, untuk berkarya di masyarakat melalui ruang digital.

Aksi remaja itu memantik perhatian yang hadir di CFD. Bahkan perwakilan dari TP PKK Blora ikut naik podium melakukan wawancara, yang tentu saja dibantu penerjemah dari pembimbingnya.

Tidak hanya itu, applause dan apresiasi diberikan Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP., M.Si, Kepala Dinkominfo Blora Pratikto Nugroho, S.Sos, MM, Sekdin Kominfo Ir. Tedi Rindaryo  Widodo, Kabag Prokompim Setda Blora serta DWP Dinkominfo Blora dan  peserta CFD lainnya.

"Kalau di televisi itu biasanya ada pembawa acara khusus dengan bahasa isyarat, yang tujuannya informasi atau acaranya juga bisa dimengerti oleh mereka, penyandang tuna rungu. Jadi ini sangat bagus sekali dan menarik," kata Aziz salah satu peserta CFD.

Acara CFD yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora, diawali dengan kegiatan senam bersama Ikatan Alumni SMA Negeri Blora (Ilusa). Tak terkecuali, Cindy, Femi, Arya dan Ruly juga ikut senam.

Bupati Blora H. Arief Rohman,S.IP., M.Si., juga hadir ikut senam bersama puluhan anggota Ilusa, PKK dan Pegawai Aparatur Sipil Negara Dinkominfo dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinkominfo Blora.

Setelah senam bersama, angggota Ilusa yang rata-rata sudah usia lanjut itu diajak menikmati nasi pecel sambil mengenang suasana di Alun-alun Blora dari dahulu hingga sekarang.

Car Free Day dipimpin langsung Kepala Dinkominfo Blora Pratikto Nuroho dan Sekdin Kominfo Tedi Rindaryo Widodo berlangsung meriah dan dibalut rasa kekeluargaan.

“Saya mengucapkan terimakasih atas kerawuhan (kedatangan, red) senior-senior saya dari Ilusa Blora, dan selalu mohon bimbingannya biar Blora semakin maju ke depan. Tentunya masukan dari para senior ini akan terus kita harapkan, kritik dan saran itu yang kami tunggu. Luar biasa ini kekompakannya, senior tapi paling kompak ini,” kata Bupati Blora Arief Rohman.

Bupati juga mendoakan kepada para senior, semoga diberi kesehatan, kekuatan untuk selalu membimbing dan membina kita semua.

“Terimaksih kepada Dinkominfo Blora. Terimakasih juga kepada DWP dan PKK, yang terus mengawal agenda-agenda kita,” ucap Bupati Blora.

Karena Kominfo, kata Bupati Blora, ini Dinas yang strategis menjadi gawang untuk bagaimana Blora bisa kita beritakan, bagimana inovasi-inovasi terkait dengan IT dan sebagainya, Smart City dan sebagainya.

“Ini ada di Dinas Kominfo, oleh karena ini kami mengucapkan terimakasih atas dedikasinya selama ini dan juga terus semangat mengabdi memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat Kabupaten Blora. Sekali lagi terimakasih. Dinkominfo keren,” kata Bupati Blora.

Sementara itu perwakilan Ilusa Blora Prasetyo (purnawirawan TNI), mengucapkan terimakasih kepada Bupati Blora atas sambutannya.

“Terimakasih Pak Bupati. Setelah ini kami akan melanjutkan jalan-jalan sebentar, nanti sore kami kembali dari Cepu,” katanya. (DINKOMINFO BLORA).

    Berita Terbaru

    1.734 ASN PPPK Pemerintah Kabupaten Blora Formasi Tahun 2023 Dilantik
    29 April 2024 Jam 18:58:00

    Sebanyak 1.734 Aparatur Sipil Negara Pemerintah Kabupaten Blora (ASN Pemkab Blora) dikumpulkan...

    Sate Khas Blora Disuguhkan di Mangkunegaran Makan-Makan
    29 April 2024 Jam 18:51:00

     Kuliner khas Blora, utamanya sate ayam dan kambing ikut tampil di “Mangkunegaran Makan-Makan”,...

    Ikuti Manasik, 643 Calhaj Blora Akan Berangkat ke Tanah Suci 3 Juni 2024
    27 April 2024 Jam 19:31:00

    Para Calon Haji (Calhaj) Blora mulai ikuti manasik haji, Sabtu (27/4/2024). Jumlah Calhaj Blora...