Seputar Blora

Samsat Buka Layanan Keliling Malam Minggu


Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD) di Kabupaten Blora telah meluncurkan inovasi layanan Sabtu malam Minggu 

Dengan pendekatan "jemput bola," Samsat kini membuka layanan di luar kantornya pada malam hari, khususnya pada malam Minggu.

Langkah itu bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat yang mungkin kesulitan membayar pajak kendaraan mereka pada hari-hari kerja yang sibuk.

Layanan Samsat keliling pada malam Minggu ini memberikan solusi praktis bagi masyarakat. Caranya pun cukup simpel: warga hanya perlu datang dengan membawa STNK dan KTP sesuai identitas.

Setelah itu, petugas akan memanggil warga secara berurutan untuk melakukan pembayaran pajak.

"Langkah ini memang kami rancang untuk mempermudah warga Blora untuk tetap patuh dalam membayar pajak kendaraan mereka," ungkap Kepala UPPD/SAMSAT Kabupaten Blora melalui Kasi PKB, Ruswandi, SH, dalam pernyataan pers yang dikeluarkannya pada Jumat, (1/9/2023).

Dalam upaya mendorong partisipasi masyarakat, UPPD/SAMSAT Kabupaten Blora mengajak semua warga Blora untuk memanfaatkan layanan baru ini.

Pada akhir pekan, Samsat Malam Minggu akan beroperasi di Halaman Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Blora, yang berlokasi di sebelah barat Lapangan Kridosono, setiap Sabtu mulai pukul 16.30 hingga 20.00 WIB. Rencananya, layanan ini akan berjalan secara konsisten.

Tak hanya menghadirkan Samsat Keliling di berbagai titik strategis Kabupaten Blora, namun kini Samsat juga membuka layanan setiap malam Minggu atau Sabtu malam di Perpustakaan Umum Daerah (Perpusda).

Layanan ini pertama kali diperkenalkan pada Sabtu, 2 September 2023.

Ruswandi menjelaskan alasan di balik keputusan untuk membuka Samsat Malam Minggu di halaman Perpusda Blora adalah karena lokasi tersebut sering menjadi tempat berkumpulnya masyarakat pada malam Minggu.

"Pada malam Minggu, warga Blora biasanya lebih aktif keluar rumah. Kami berharap dengan adanya titik pembayaran pajak di lokasi tersebut, masyarakat akan lebih terdorong untuk membayar pajak secara tepat waktu. Ini tentu akan berdampak positif pada kedisiplinan pembayaran pajak kendaraan bermotor," terang Ruswandi.

Kepala UPPD/SAMSAT Kabupaten Blora juga mengingatkan masyarakat mengenai pentingnya kewajiban membayar pajak.

Pajak bukan hanya sekadar kewajiban, tetapi juga memiliki peran krusial dalam pembiayaan pembangunan. Saat masyarakat patuh dalam membayar pajak, pembangunan dapat berjalan lebih merata.

"Pajak merupakan kontribusi dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Kontribusi pajak ini juga berdampak pada pembangunan daerah. Setoran pajak dari masyarakat disalurkan ke kas Provinsi Jawa Tengah, dan dari sana, Dana Bagi Hasil akan dialokasikan ke kabupaten/kota untuk pembangunan daerah masing-masing," jelas Ruswandi.

Dengan adanya layanan Samsat Malam Minggu yang inovatif ini, diharapkan masyarakat Blora akan semakin terpanggil untuk memenuhi kewajiban membayar pajak kendaraan bermotor mereka.

Melalui partisipasi aktif dan kesadaran dalam membayar pajak, masyarakat dapat turut berkontribusi dalam mewujudkan pembangunan yang lebih berkualitas dan berkelanjutan bagi daerah. (DINKOMINFO BLORA).

    Berita Terbaru

    1.734 ASN PPPK Pemerintah Kabupaten Blora Formasi Tahun 2023 Dilantik
    29 April 2024 Jam 18:58:00

    Sebanyak 1.734 Aparatur Sipil Negara Pemerintah Kabupaten Blora (ASN Pemkab Blora) dikumpulkan...

    Sate Khas Blora Disuguhkan di Mangkunegaran Makan-Makan
    29 April 2024 Jam 18:51:00

     Kuliner khas Blora, utamanya sate ayam dan kambing ikut tampil di “Mangkunegaran Makan-Makan”,...

    Ikuti Manasik, 643 Calhaj Blora Akan Berangkat ke Tanah Suci 3 Juni 2024
    27 April 2024 Jam 19:31:00

    Para Calon Haji (Calhaj) Blora mulai ikuti manasik haji, Sabtu (27/4/2024). Jumlah Calhaj Blora...