Seputar Blora

BNPB Gelar Latihan Evakuasi Mandiri di Cepu


Badan Nasional Penananggulangan Bencana (BNPB) menggelar latihan evakuasi mandiri di desa Sumberpitu, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Selasa (15/5/2023).

Direktur pemulihan sosial ekonomi dan sumber daya alam Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Eni Supartini mengatakan Cepu adalah merupakan hilir dari das Bengawan Solo.

Maka pada pelaksanaan peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) tahun 2023 Cepu khususnya Kabupaten Blora, yang ditempatkan di desa Sumberpitu ini, masyarakat dilatih kembali untuk melaksanakan, kegiatan evakuasi mandiri, banjir akibat luapan Bengawan Solo.

"Ada beberapa titik yang digunakan untuk latihan evakuasi baik evakuasi orang, hewan ternak, dan didalamnya juga ada orang disabilitas yang  dilakukan penanganan khusus", ungkapnya.

Menariknya, kata Eni, peringatan dini itu selain kentongan dibunyikan, informasi dari BPBD, maupun dari BWSDAnya memberitahu bahwa kenaikan air Bengawan Solo, yang cukup mengkawatirkan, maka disini ada mobil ambulance dengan sirinenya, memberitahukan kepada masyarakat, untuk segera mengungsi.

"Dengan latihan ini diharapkan masyarakat punya kepekaan terhadap peringatan dini, yang kedua jalur evakuasinya mereka tahu. Yang ketiga dia memahami siapa koordinator lapangannya, sehingga mereka tahu bagaimana mekanisme didalam kedaruratan", jelas Eni.

Latihan ini melibatkan ratusan warga desa setempat, tokoh masyarakat, relawan, BPBD, TNI- Polri, Forkompincam.

Hadir pula DPRRI Komisi VIII Sri Wulan dan Asisten 1 bidang Pemerintahan Irfan Agustian Iswandaru mewakili Bupati Blora H Arief Rohman, Kalak BPBD Blora Sri Widjanarsih.

Dalam kegiatan peringatan HKB 2023 ini, juga di gelar giat menanam di area pinggiran Bengawan Solo, dan pembagian sembako kepada warga yang kurang mampu. (Dinkominfo Blora)

    Berita Terbaru

    1.734 ASN PPPK Pemerintah Kabupaten Blora Formasi Tahun 2023 Dilantik
    29 April 2024 Jam 18:58:00

    Sebanyak 1.734 Aparatur Sipil Negara Pemerintah Kabupaten Blora (ASN Pemkab Blora) dikumpulkan...

    Sate Khas Blora Disuguhkan di Mangkunegaran Makan-Makan
    29 April 2024 Jam 18:51:00

     Kuliner khas Blora, utamanya sate ayam dan kambing ikut tampil di “Mangkunegaran Makan-Makan”,...

    Ikuti Manasik, 643 Calhaj Blora Akan Berangkat ke Tanah Suci 3 Juni 2024
    27 April 2024 Jam 19:31:00

    Para Calon Haji (Calhaj) Blora mulai ikuti manasik haji, Sabtu (27/4/2024). Jumlah Calhaj Blora...