Berita Terkini

Warga Suka Cita, Bupati Blora Perjuangkan Pembangunan Jalan di Desa Kepoh


Di tengah kesibukannya, Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., menyempatkan meninjau langsung kerusakan jalan di Desa Kepoh, Kecamatan Jati, Jum'at (12/5/2023).

Suka cita warga setempat, melihat aksi dan mendengar rencana dari Bupati ke depan atas kondisi jalan di desanya.

Bupati Arief mengemukakan, dirinya meninjau langsung kerusakan jalan yang ada di Desa Kepoh, sekaligus mengambil dokumentasi sebagai bahan rapat dengan lintas kementerian dan BUMN.

‘’Kami ingin koordinasi dengan Kementerian BUMN dan Perhutani serta Kementerian PUPR. Semoga ada solusi terbaik untuk masyarakat yang sudah puluhan tahun mengidamkan jalan bagus," jelasnya.

Melihat Bupati terjun lapangan langsung, warga setempat menyambut suka cita. Salah satunya Parmini, penjual nasi jagung keliling yang berpapasan dengan Bupati di tengah jalan dan dagangannya diborong Bupati.

"Maturnuwun sanget Pak Bupati. Saya tidak menyangka bisa bertemu Bapak disini. Maturnuwun sampun diborong nasi jagungnya. Semoga jalannya bisa segera dibangun Pak," ucap Parmini.

Sementara itu, Sunarto, warga Karangtengah, Kepoh, juga mengucapkan terimakasih kepada Bupati Arief Rohman yang telah sudi mampir ke desanya.

"Ini sejarah pertama kali ada Bupati salat Jum'at, menjadi imam di masjid kami. Kesempatan yang langka, sekaligus membuka dialog dengan masyarakatnya. Semoga aspirasi Masyarakat yang disampaikan bisa direalisasikan Pak Bupati. Memang butuh proses, kami optimis Pak Bupati bisa mengupayakan. Sehat selalu Bapak," ungkap Sunarto.

Untuk diketahui Desa Kepoh terdiri dari 10 dukuh atau dusun. Dengan jumlah penduduk sekitar 3000 jiwa. Tersebar di kawasan hutan jati. Jarak Kepoh ke pusat Kecamatan Jati sejauh lebih dari 13 kilometer.

Usai meninjau kerusakan jalan di Kepoh itu, Bupati Arief mengemukakan, pembangunan jalan kabupaten dan jalan desa yang rusak di tengah hutan wilayah Kabupaten Blora butuh sinergi lintas Kementerian dan BUMN.

"Blora ini separuh wilayahnya berupa hutan jati Perhutani. Dari jumlah 271 desa se -Kabupaten, separuhnya atau sebanyak 138 desa berada di tengah kawasan hutan. Banyak jalan jalan yang rusak. Sebagian sudah dibangun Pemkab, seperti 2022 kemarin ada peningkatan jalan ruas Gejeg Kepoh - Kemadoh. Namun tidak lama dilewati truk truk besar Perhutani mengangkut hasil hutan sehingga kembali rusak dan dikeluhkan masyarakat," ungkap Bupati.

Dikatakan, padahal jalan tersebut bukan hanya jalur Perhutani, namun juga merupakan jalur terdekat anak anak menuju sekolah, menuju Puskesmas, dan akses ekonomi masyarakat untuk menjual hasil panen. Komoditas utamanya jagung.

"Oleh karena itu hari ini kami tinjau langsung sekaligus mengambil dokumentasi sebagai bahan rapat dengan lintas kementerian dan BUMN. Kami ingin koordinasi dengan Kementerian BUMN dan Perhutani serta Kementerian PUPR. Semoga ada solusi terbaik untuk masyarakat yang sudah puluhan tahun mengindamkan jalan bagus," tambah Bupati.

Menurut Bupati, selama dua tahun terakhir Pemkab telah menganggarkan sekitar Rp 450 Miliar untuk pembangunan jalan kabupaten. Namun masih belum cukup dan banyak jalan di kawasan hutan yang kondisinya memprihatinkan.

"Memang kami prioritaskan jalan-jalan utama penghubung antar Kecamatan dahulu yang dibangun. Untuk jalan penghubung antar desa di kawasan hutan seperti Kepoh ini butuh perhatian khusus dengan melibatkan lintas sektor," lanjut Bupati.

Dalam kunjungannya ke Kepoh itu, Bupati meninjau langsung kerusakan jalan Balong - Kepoh, Kepoh - Karangtengah - Gejeg, hingga Kemadoh. Namun karena Gejeg - Kemadoh rusak berat maka kendaraan belum bisa sampai Kemadoh. Bupati juga menunaikan sholat jum'at di Masjid Karangtengah Kepoh, dilanjutkan dialog dengan masyarakat.

"Pembangunan jalan tetap akan menjadi prioritas kami. Mohon do'a nya nggih, semoga harapan Bapak Ibu semuanya bisa diwujudkan bersama. Akan kami coba komunikasi dengan Dirut Perhutani, Kemenangan BUMN dan PUPR," terangnya saat dialog.

Dikatakan, Dinas PUPR sudah dihubungi agar bisa melakukan pengukuran dan penghitungan rencana pembangunan. Sehingga nantinya bisa diketahui berapa kebutuhan anggarannya. Agar bisa didiskusikan dengan Kementerian dan BUMN. (Dinkominfo Blora/Prokompim).

    Berita Terbaru

    1.734 ASN PPPK Pemerintah Kabupaten Blora Formasi Tahun 2023 Dilantik
    29 April 2024 Jam 18:58:00

    Sebanyak 1.734 Aparatur Sipil Negara Pemerintah Kabupaten Blora (ASN Pemkab Blora) dikumpulkan...

    Sate Khas Blora Disuguhkan di Mangkunegaran Makan-Makan
    29 April 2024 Jam 18:51:00

     Kuliner khas Blora, utamanya sate ayam dan kambing ikut tampil di “Mangkunegaran Makan-Makan”,...

    Ikuti Manasik, 643 Calhaj Blora Akan Berangkat ke Tanah Suci 3 Juni 2024
    27 April 2024 Jam 19:31:00

    Para Calon Haji (Calhaj) Blora mulai ikuti manasik haji, Sabtu (27/4/2024). Jumlah Calhaj Blora...