Seputar Blora

Warga Blora Antusias Rayakan Malam Tahun Baru 2023


Masyarakat Kabupaten Blora, Jawa Tengah, antusias berdatangan di Car Free Night (CFN) yang dihelat oleh Pemerintah Kabupaten Blora dalam rangka menyambut pergantian tahun 2022-2023 dengan menampilkan beberapa hiburan musik dan seni tari, Sabtu (31/12/2022) malam.

Meskipun sejak pagi di wilayah Blora hujan turun dengan durasi panjang tetapi tidak menyurutkan warga untuk merayakan momen tahunan itu.

Sekitar pukul 20.00 WIB, silih berganti bejibun warga mulai menikmati sajian kuliner dan pentas seni yang dihelat khususnya di Jalan Pemuda Blora.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora Drs. Kunto Aji menjelaskan sesuai rencana ada enam titik hiburan.

“Selamat menikmati dan merayakan malam pergantian tahun dengan aman, nyaman dan tertib,” jelasnya di Blora Sabtu (31/12/2022).

Adapun enam titik hiburan malam pergantian tahun 2022-2023, yakni di perempatan MD Mall menampilkan group Cadenza Band – TA Entertaiment. Perempatan Grojogan menampilkan Keroncong Pembatas.

Kemudian, di depan Dealer Abadi Motor (Jalan Pemuda Blora) menampilkan Punggawa Band. Berikutnya, di Stadium Budaya Tirtonadi Blora ditampilkan seni tari dan tayub.

Selanjutnya, di Lapangan Kridosono Blora, Sedulur Seniman Blora (SSB) akan tampil dengan musik Campur Sari. Sedangkan di Lapangan Tuk Buntung Cepu, menampilkan Band dan Tari (Forum Musik Cepu).

Acara itu, diharapkan menjadi momen silaturahmi antara pemerintah Kabupaten Blora dan warga masyarakat dalam menyambut tahun baru 2023.

Pihaknya juga berharap semoga di tahun 2023 semua masyarakat Blora selalu diberikan kesehatan, keselamatan, umur panjang dan rezeki yang berlimpah.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Kebudayaan Dinporabudpar Blora Budi Riyanto,S.Pd, MA menambahkan, selain untuk menyambut pergantian tahun 2022-2023 juga untuk menyambut pemudik yang merayakan Natal dan Tahun Baru 2023 di kampung halaman.

Di sisi lain, banyak pedagang mainan dan makanan dari dalam dan luar daerah memadati kawasan Alun-alun Blora dan sepanjang jalan Pemuda untuk mengadu keberuntungan menjelang malam tahun baru 2023.

Dengan demikian, meski sempat diguyur hujan, perputaran ekonomi juga berjalan baik dan acara hiburan juga bisa dinikmati.

"Selain itu juga menyambut pemudik yang merayakan Natal dan Tahun Baru 2023 di kampung halaman serta adik-adik mahasiswa yang mungkin saat ini sedang liburan semesteran di Blora,” jelasnya.

Warga yang datang di Car Fre Night juga dipersilahkan tampil menyanyi di panggung hiburan yang telah disediakan, baik lagu pop, keroncong, campursari hingga dangdut.

“Ini melatih kita untuk berani tampil, karena dengan berani tampil berarti ingin lebih maju, tentu nsaja dengan semangat Mbangun Blora Berkelanjutan,” tambahnya.

Sementara itu penjagaan secara ketat dilakukan petugas gabungan dari TNI, Polri, Dinrumkimhub, Satpol PP, Linmas dan Banser.

Beberapa warga juga berkesempatan membuat dokumentasi dan merekam gambar menggunakan kamera gawai.

“Senang, meski dingin. Bersyukur bisa menikmati pergantian tahun 2022-2023. Saya juga sudah beli terompet untuk ditiup nanti saat pergantian tahun baru 2023,” kata Nunuk salah seorang warga Blora.

Menjelang waktu pergantian tahun 2022-2023, Bupati Blora H. Arief Rohman dan Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati bersama Forkopimda Blora berkeliling meninjau dan menyapa warga masyarakat di panggung hiburan.

Bahkan ketika di panggung musik hiburan yang ada di Jalan Pemuda atau di depan dealer Abadi Motor Blora, Bupati Blora berkenan menyanyikan lagu Koes Plus yang berjudul Bujangan diikuti joget dari beberapa warga yang menyaksikan.

"Selamat tahun baru 2023. Terus berkarya," ucap Bupati Blora setelah membawakan lagu Bujangan.

Tidak hanya di acara Car Free Night, di beberapa desa dan kelurahan di Blora juga mengadakan acara hiburan dan membuat masakan kuliner untuk dinikmati bersama.

"Kalau di RT kami, tadi potong beberapa ekor angsa, dimasak rica-rica, sambil gelar pentas musik, dinikmati bersama, yang penting bahagia dan bersyukur," kata Sugeng, salah satu warga Kelurahan di Blora.

Saat tepat pukul 00.00 WIB, Bupati Blora Arif Rohman dan Forkopimda menyalakan kembang api dari panggung utama, diikuti sejumlah panggung lainnya serta disambut tepuk dan sorak serta tiupan terompet yang dibeli warga untuk merayakan tahun baru 2023.

Sebagian warga masyarakat lainnya juga menyalakan kembang api, sehingga suasana semakin semarak.

Kapolres Blora AKBP Fahrurozi,SIK,MM,MH, Minggu (1/1/2023) menyampaikan pelaksanaan perayaan malam tahun baru 2023 di wilayah kabupaten Blora berjalan aman, lancar dan kondusif. 

Dia mengungkapkan bahwa sejak awal dirinya telah menginstruksikan seluruh jajaran untuk meningkatkan kewaspadaan terutama saat masuk momen perayaan Natal dan Tahun baru.

Bahkan dalam pengamanan malam tahun baru kemarin, petugas gabungan sudah melaksanakan apel pengamanan sejak pukul 16.30 WIB.

"Sejak sore kami sudah melaksanakan apel pengamanan. Alhamdulilah perayaan Tahun Baru 2023 di Blora berjalan aman dan kondusif. Kami ucapkan terima kasih kepada lintas sektoral yang sudah bahu membahu bersama mengamankan perayaan malam ini di Blora," ucap Kapolres Blora.

Sejak sore kemarin, orang nomor satu di Kepolisian Resor Blora tersebut sudah memantau situasi di  Alun-alun Blora.

Bahkan bersama Bupati, Dandim dan Forkopimda lainnya menyempatkan diri untuk menyapa warga dengan berjalan kaki menyusuri panggung hiburan yang ada.

"Tentunya juga kami apresiasi kepada warga masyarakat yang sudah ikut berperan dalam menjaga situasi kamtibmas di malam pergantian tahun," tambahnya. (Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    1.734 ASN PPPK Pemerintah Kabupaten Blora Formasi Tahun 2023 Dilantik
    29 April 2024 Jam 18:58:00

    Sebanyak 1.734 Aparatur Sipil Negara Pemerintah Kabupaten Blora (ASN Pemkab Blora) dikumpulkan...

    Sate Khas Blora Disuguhkan di Mangkunegaran Makan-Makan
    29 April 2024 Jam 18:51:00

     Kuliner khas Blora, utamanya sate ayam dan kambing ikut tampil di “Mangkunegaran Makan-Makan”,...

    Ikuti Manasik, 643 Calhaj Blora Akan Berangkat ke Tanah Suci 3 Juni 2024
    27 April 2024 Jam 19:31:00

    Para Calon Haji (Calhaj) Blora mulai ikuti manasik haji, Sabtu (27/4/2024). Jumlah Calhaj Blora...