Berita Terkini

Bupati Blora Inspektur Upacara Peringatan HUT ke-77 RI


Bupati Blora Jawa Tengah, Arief Rohman, S.IP., M.SI, memimpin upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia, Rabu (17/8/2022).

Upacara tingkat Kabupaten Blora yang dilaksanakan di Alun-alun Blora berjalan khidmat dan lancar.

Pelaksanaan upacara dimajukan pagi sekitar pukul 07.30 WIB, lebih awal dari tahun-tahun sebelumnya.

Hal itu, mengingat untuk pelaksanaan upacara detik-detik proklamasi yang dilaksanakan pukul 10.00 WIB diwajibkan mengikuti di pusat ibu kota Jakarta melalui zoom maupun streaming.

Pada kesempatan itu Bupati Blora yang mengenakan seragam putih PDU bertindak sebagai Inspektur Upacara membacakan sambutan dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, SH., M.IP.

Dalam sambutan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo antara lain menyampaikan negara kita mampu menghadapi dan mengatasi segala krisis, mulai dari krisis kesehatan karena pandemi, maupun krisis pangan, energi serta keuangan yang lahir karena dampak peperangan Rusia - Ukraina.

"Kita memang tidak kuasa menghindari masalah tapi kita juga punya sejuta daya untuk menghadapi dan mengatasi. Bahkan dalam pidato kenegaraan di depan DPR/MPR kemarin Presiden Joko Widodo menyampaikan, saat ini indonesia berada dalam puncak kepemimpinan dunia," kata Gubernur Jawa Tengah yang dibacakan Bupati Blora Arief Rohman.

Maka capaian tersebut harus kita imbangi dan perkuat dari daerah.

"Jika inflasi nasional mampu dipertahankan di angka 4,9 persen, maka Jawa Tengah memperkuat dengan kemampuan dengan menekan inflasi di angka 4,28 persen," lanjutnya.

Jika pertumbuhan ekonomi secara nasional tumbuh sebesar 5,44 persen maka kita perkuat juga pertumbuhan perekonomian Jawa Tengah sebesar 5,66 perser.

"Capaian itu juga juga kita imbangi dengan surplus perdagangan, karena ekspor kita mencapai 1,1 M USD sementara impor sebesar 1, 09 M USD," jelasnya.

Melalui sambutan yang dibacakan Bupati Blora, Gubernur Jateng juga menyampaikan pentingnya nilai kebhinekaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kuncinya adalah Jasmerah, jangan sekali-kali melupakan sejarah. Sejarah adalah tauladan lengkap, kaca benggala besar bagi kita untuk merumuskan dan menentukan sikap hari ini sekaligus menata cita untuk masa depan,” kata Gubernur.

Selanjutnya Gubernur menyampaikan, bukan hanya ketika kemerdekaan diproklamasikan, sejak negara ini dirancang, sudah melibatkan banyak tokoh dari berbagai suku, berbagai ras, bermacam agama dan golongan. Semua punya pemikiran dan pandangan masing-masing.

“Tapi demi dan untuk berdirinya sebuah negara bernama Indonesia, semua akhirnya melebur, menyatu, menata dan menyatukan niat. Tidak ada lagi yang namanya perwakilan Islam, Kristen, Hindu, Buddha, Konghucu, Jawa, Sunda, Maluku, Minang, Kalimantan atau Madura. Yang ada cuma satu, Indonesia,” sambungnya.

Di akhir sambutannya, Gubernur mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat di Jawa Tengah yang selama ini tetep guyub rukun, saling ngajeni dan handarbeni.

“Tanpa rasa handarbeni dari panjenengan, mustahil kita bisa seneng dan hidup gayeng seperti ini. Maka sebarlah rasa itu ke mana saja dan kepada siapa saja. Agar kita meraih kemerdekaan yang sesungguhnya,” katanya.

Pada kesempatan tersebut Bupati Blora juga menyerahkan piagam penghargaan tanda kehormatan negara Satyalancana Karya Satya sebagai bentuk penghargaan atas pengabdian PNS setempat.

Selain dibacakan daftar penerima remisi Rumah Tahanan Blora, diserahkan hadiah aneka lomba TP PKK, bantuan kursi roda dan pencanangan desa Gagah Bencana yang ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Bupati diikuti oleh Forkopimda Blora serta pengurus TP PKK Blora.

Pada upacara tingkat Kabupaten Blora juga disiarkan secara langsung melalui channel YouTube Dinkominfo Blora diikuti oleh pleton TNI, Polri, Satpol PP, Linmas, Dishub, PGRI, Korpri, Organisasi Masyarakat, Siswa OSIS dan Pramuka.

Sementara itu Pembaca UUD Ketua DPRD, petugas pembaca doa kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blora.

Selanjutnya pada sore hari akan dilaksanakan obade dan upacara penurunan bendera merah putih yang dipimpin Kapolres Blora AKBP Fahrurozi,SIK,MM,MH. 

Sebelumnya, pada Selasa (16/8/2022) malam digelar tasyakuran di pendopo rumah dinas Bupati Blora serta penyerahan beasiswa kepada sejumlah mahasiswa oleh BAZNAS Kabupaten Blora.

Dalam tasyakuran juga disampaikan tausiyah oleh salah satu tokoh agama Islam yang dihadirkan. Disela tasyakuran juga dilakukan pemotongan tumpeng oleh Bupati Blora Arief Rohman dan Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati.

Berikutnya, pada pukul 00.00 WIB dilaksanakan apel kehormatan dan renungan suci di TMP Wira Bhakti Blora  yang dipimpin Komandan Kodim 0721/Blora Letkol Inf Andy Soelistyo Kurniawan Putro, S.Sos., M.Tr (Han),  (DINKOMINFO BLORA). 

    Berita Terbaru

    1.734 ASN PPPK Pemerintah Kabupaten Blora Formasi Tahun 2023 Dilantik
    29 April 2024 Jam 18:58:00

    Sebanyak 1.734 Aparatur Sipil Negara Pemerintah Kabupaten Blora (ASN Pemkab Blora) dikumpulkan...

    Sate Khas Blora Disuguhkan di Mangkunegaran Makan-Makan
    29 April 2024 Jam 18:51:00

     Kuliner khas Blora, utamanya sate ayam dan kambing ikut tampil di “Mangkunegaran Makan-Makan”,...

    Ikuti Manasik, 643 Calhaj Blora Akan Berangkat ke Tanah Suci 3 Juni 2024
    27 April 2024 Jam 19:31:00

    Para Calon Haji (Calhaj) Blora mulai ikuti manasik haji, Sabtu (27/4/2024). Jumlah Calhaj Blora...