Seputar Blora

Pemeliharaan Jalan Bertujuan Untuk Mengembalikan Fungsi Jalan, Bukan Mengubah Konstruksi Jalan


Blora, Pengerjaan atau pemilharaan rutin 2022 untuk infrastruktur jalan yang rusak di Kabupaten Blora dilaksanakan hingga Desember 2022.

"Pemeliharaan jalan bertujuan mengembalikan fungsi jalan, bukan mengubah konstruksi jalan sehingga bisa lebih bertahan lama. Hal itu berbeda dengan peningkatan jalan. Dan ini berlaku juga untuk jalan nasional, provinsi dan kabupaten," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora, Ir Samgautama Karnajaya, MT.

Sementara itu Kepala Bidang Bina Marga, Nidzamudin Al Huda, ST., melalui Fungsional Ahli Madya, Sub Koordinator Pemeliharaan Jalan dan Jembatan, Sutono, ST., MM., Kamis (14/4/2022) menjelaskan waktu pengerjaan pemeliharaan rutin sampai dengan Desember 2022.

"Untuk waktu rutin sampai dengan Desember 2022, sedangkan untuk lokasi sesuai Wilayah UPTD PJJI I, II, III dan IV," jelasnya.

Menurutnya, pengerjaan rutin 2022 ini dimulai dari titik lokasi di ruas jalan Lapangan Kridosono yang hingga kini belum selesai dikerjakan.
"Belum selesai, ini masih di ruas jalan lapangan Kridosono, minggu depan sudah di jalan Gunandar," tegasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pengerjaan 2022 kali ini diprioritaskan pada jalan lingkar dan salah satu pusat tujuan bagi pemudik.

Sutono, ST, MM menjelaskan, yang dimaksud jalan lingkar bagi pemudik yakni jalan Gunandar, Jalan Reksodiputro, Jalan Maluku dan Jalan Halmahera.

“Itu yang menjadi prioritas bagi pemudik. Kemudian di sekitar lapangan Kridosono Blora, karena itu ruang terbuka publik yang menjadi salah satu tujuan (jujukan) bagi pemudik, sehingga beberapa ruas jalan yang rusak kami perbaiki,” jelas Sutono.

Pihaknya minta maaf kepada pengguna jalan, jika dengan adanya pengerjaan rutin 2002 sempat mengganggu kenyamanan berkendara.

Selain itu juga mengimbau warga yang akan bepergian keluar Blora supaya hati-hati, tidak ngebut, patuh protokol kesehatan, selalu berdoa memohon kepada Tuhan supaya diberikan keselamatan sampai tujuan.

Ia menjelaskan, pembakaran aspal dan persipan material lainnya dimulai sejak Senin (11/4/2022) dilakukan di tepi jalan Beran-Gabus–Kamolan. Lokasi itu dipilih sebagai depo untuk pembakaran aspal karena tidak boleh di tengah kota atau pemukiman warga.

“Agak jauh memang, setelah proses pembakaran aspal selesai, baru diangkut ke lokasi pengerjaan rutin,” ucapnya. (Tim DPUPR Blora).


    Berita Terbaru

    1.734 ASN PPPK Pemerintah Kabupaten Blora Formasi Tahun 2023 Dilantik
    29 April 2024 Jam 18:58:00

    Sebanyak 1.734 Aparatur Sipil Negara Pemerintah Kabupaten Blora (ASN Pemkab Blora) dikumpulkan...

    Sate Khas Blora Disuguhkan di Mangkunegaran Makan-Makan
    29 April 2024 Jam 18:51:00

     Kuliner khas Blora, utamanya sate ayam dan kambing ikut tampil di “Mangkunegaran Makan-Makan”,...

    Ikuti Manasik, 643 Calhaj Blora Akan Berangkat ke Tanah Suci 3 Juni 2024
    27 April 2024 Jam 19:31:00

    Para Calon Haji (Calhaj) Blora mulai ikuti manasik haji, Sabtu (27/4/2024). Jumlah Calhaj Blora...