Berita Terkini

Gubernur Aceh Paparkan Kuliah Umum di PEM Akamigas Cepu, Bupati Blora Ingin Tingkatkan Kerja Sama


Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP, M.Si menghadiri kuliah umum One Day With Experts bersama dengan narasumber Gubernur Aceh Ir. H. Nova Iriansyah, M.T, yang diselenggarakan Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas Cepu, Kamis (17/3/2022) di Grha Oktana Cepu, Blora.

Kegiatan yang mengusung tema pengembangan SDM Sub Sektor Migas di Provinsi Aceh tersebut diikuti oleh mahasiswa PEM Akamigas secara luring maupun daring.

Hadir pada kesempatan tersebut Direktur PEM Akamigas, Prof. Dr. R.Y. Perry Burhan, M.Si, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Aceh, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Aceh, Kepala Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA),dan Direktur PT Pembangunan Aceh (PEMA).

Dalam pemaparannya, Gubernur Aceh menyampaikan, bahwa Aceh memiliki potensi di bidang minyak dan gas bumi yang besar. Maka kemudian, perlu adanya tenaga kerja terlatih untuk menopang sektor tersebut.

"Aceh membutuhkan tenaga tenaga vokasi yang terampil yang siap bekerja di lapangan dan Aceh pernah berjaya pada sektor migas di era tahun 80an dan 90an," ungkap Gubernur Aceh.

Dijelaskannya, sektor Migas memberikan kontribusi besar terhadap pembangunan nasional dan sampai sekarang sektor migas menjadikan sebagai penggerak perekonomian di Aceh.

Saat ini, lanjutnya, ada beberapa perusahan multinasional yang siap bekerjasama di Aceh terkait Migas.

"Ada empat perusahaan multinasional yang siap melakukan eksploitasi di Blok Andaman Selat Malaka yang sebagiannya masuk ke 12 mil offshore nya Aceh," paparnya.

Gubernur menyampaikan bahwa Aceh memiliki regulator kaitannya dengan Migas yakni Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) yang juga membutuhkan sumber daya manusia berkompetensi.

"Kalau di Aceh punya Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) ini butuh tenaga terampil tenaga ahli yang Insyaallah bisa dari alumni sekolah yang kita cintai ini," ucapnya.

Pihaknya menyampaikan, berkaitan dengan urusan Migas membutuhkan keterampilan khusus. Pemerintah Aceh salah satunya memberikan beasiswa kepada putra/putri daerahnya.

“Salah satu dari program Aceh hebat yang sudah kita canangkan di tahun 2017, program pemberian beasiswa kepada putra-putri terbaik Aceh untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,” ungkapnya.

Sehingga, untuk mendukung pemenuhan kebutuhan tenaga kerja Migas Pemerintah Aceh telah mengirimkan putra putri terbaiknya untuk belajar di PEM Akamigas.

“Sebagai antisipasi kebutuhan tenaga kerja di sektor hulu dan hilir migas Pemerintah Aceh telah mengirimkan 97 putra-putri terbaiknya sebagai penerima beasiswa dalam 3 tahun anggaran yaitu 2019, 2020, 2021,” kata Gubernur.

Dijelaskan bahwa, penerima beasiswa pemerintah Aceh ini berasal dari hampir seluruh kabupaten/kota yang ada di Aceh dan diutamakan tentunya yang berasal dari kab kota penghasil migas Aceh.

Gubernur Nova berpesan agar para pelajar dari Aceh tersebut untuk belajar sungguh-sungguh.

“Saya sangat berharap kepada anak-anakku mahasiswa PEM akamigas penerima beasiswa pemerintah Aceh untuk dapat melaksanakan amanah yang telah diberikan belajarlah dengan giat dan penuh kesungguhan dan jadilah kebanggan orang tua, orang Aceh,” harapnya.

Sementara itu, Direktur PEM Akamigas Cepu mengungkapkan bahwa mahasiswanya berasal dari berbagai pelosok Indonesia. Selain itu sudah banyak pemerintah daerah yang menjalin kerjasama dengan instansinya tersebut.

“Mahasiswa PEM Akamigas itu berasal dari seluruh pelosok Indonesia dan PEM Akamigas itu menganut kemudahan untuk mendapatkan akses khususnya bagi anak-anak kita yang berada di daerah terdepan terluar Indonesia dan daerah yang potensi menghasilkan energi,” terangnya.

Disampaikannya, bahwa Mahasiswa PEM Akamigas dari Aceh tersebut memiliki indeks prestasi yang baik. PEM berharap nantinya mereka dapat berkontribusi untuk Aceh.

“Kita ingin bagaimana lulusan PEM Akamigas dapat menyumbangkan kompetensinya untuk Provinsi Aceh, tentu kita siapkan. Anak-anak kita ini yang berasal dari Aceh rata-rata mendapatkan IP kumulatif 3,8,” terangnya.

Dirinya menyampaikan apresiasi atas berkenannya Gubernur Aceh memberikan perkuliahan bagi mahasiswa PEM Akamigas.

“Alhamdulillah pada pagi ini bapak gubernur Aceh bapak H Nova Iriansyah berkesempatan memberikan perkuliahan bagi anak anak kita PEM Akamigas,” ucapnya.

Selanjutnya, Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Gubernur Aceh Ir. H. Nova Iriansyah, MT., atas paparan potensi migas Aceh dan langkah langkah yang ditempuh Pemprov Aceh dalam mendukung pembangunan SDM Migas di wilayahnya.

"Disini tadi kita ikut belajar dari pengalaman Aceh. Aceh dengan Blora tidak jauh beda potensi alamnya, sama-sama punya migas. Semoga kedepan kita juga bisa berkunjung ke Aceh dan menjalin kerjasama dengan Pemprov Aceh," ucap Bupati Arief.

Menurut Bupati, mengikuti kuliah umum "One Day With Experts" dengan pembicara Gubernur Aceh, dengan tema "Pengembangan SDM Sub Sektor Migas di Provinsi Aceh", jadi ikut belajar tentang bagaimana cara Pemprov Aceh menyiapkan SDM Migas yang unggul dan terampil sehingga siap kerja pada industri migas.

"Tidak hanya belajar tentang pengelolaan potensi migasnya, namun juga SDM Migas dan BUMD migas disana. Semoga kedepan kita bisa Sesarengan mBangun SDM Blora yang unggul dan berdaya saing," sambung Bupati.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati juga sempat mendampingi Gubernur Aceh melakukan penanaman pohon persahabatan PEM Akamigas dengan Gubernur Aceh di halaman Kampus PEM Akamigas Cepu. (Tim Dinkominfo/ Prokompim).

    Berita Terbaru

    1.734 ASN PPPK Pemerintah Kabupaten Blora Formasi Tahun 2023 Dilantik
    29 April 2024 Jam 18:58:00

    Sebanyak 1.734 Aparatur Sipil Negara Pemerintah Kabupaten Blora (ASN Pemkab Blora) dikumpulkan...

    Sate Khas Blora Disuguhkan di Mangkunegaran Makan-Makan
    29 April 2024 Jam 18:51:00

     Kuliner khas Blora, utamanya sate ayam dan kambing ikut tampil di “Mangkunegaran Makan-Makan”,...

    Ikuti Manasik, 643 Calhaj Blora Akan Berangkat ke Tanah Suci 3 Juni 2024
    27 April 2024 Jam 19:31:00

    Para Calon Haji (Calhaj) Blora mulai ikuti manasik haji, Sabtu (27/4/2024). Jumlah Calhaj Blora...