Seputar Blora

Forkopimda Blora Pantau Keamanan Gereja dan Sampaikan Ucapan Natal 2023


Forkopimda Kabupaten Blora yang terdiri dari
Bupati Blora H. Arif Rohman, SIP, M. Si, Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, ST, MM, Dandim 0721/Blora Letkol Czi Yuli Hartanto, SE, Kapolres Blora AKBP Jaka Wahyudi, SH, SIK, M.Si, dan Dan yonif 410/Alugoro Letkol Inf M. Arif melakukan pemantauan situasi di wilayah Kabupaten Blora.

Selain itu, Forkopimda juga melakukan pengecekan sejumlah Gereja dan tempat keramaian masyarakat.

Turut hadir juga Kepala Kantor Kemenag Blora H.M. Fatah, Dai Kamtibmas Blora KH. Suamidi, S. Ag, M. Pdi dan Asisten Sekda Blora.

Pemantauan situasi di mulai dari kawasan Gereja Katolik Santo Pius Blora. Forkopimda menyempatkan diri untuk menyapa dan menyampaikan ucapan selamat kepada umat yang melaksanakan kegiatan ibadah Natal.

Forkopimda juga menyempatkan diri mampir ke Pos Pam Operasi Lilin Candi Polres Blora yang ada di depan Gereja.

Kemudian dari Gereja Katolik Santo Pius X Blora, rombongan Forkopimda menyambangi Gereja Bethany dan Pos Pam Operasi Lilin Candi yang ada di depan Gereja.

Seusai dari Gereja Bethany, Forkopimda melakukan pemantauan situasi di kawasan Alun Alun dan mengunjungi Pos Pelayanan Operasi Lilin Candi Polres Blora.

Dalam kesempatan tersebut, Forkopimda memberikan support kepada petugas Pos Pam dan menyerahkan tali asih kepada petugas gabungan yang melaksanakan tugas.

Bupati Blora H. Arief Rohman, SIP, M. Si mengapresiasi Polres Blora yang sudah bersinergi dengan baik bersama TNI dan lintas sektoral lainnya dalam menyelenggarakan Operasi Lilin Candi tahun 2023 di wilayah Kabupaten Blora.

"Malam hari ini kami melakukan pemantauan dan pengecekan di Pos Pam dan Gereja. Alhamdulillah situasi terpantau aman dan kondusif, selamat Natal untuk saudara kita yang merayakannya, " kata Bupati Blora.

"Untuk pelaksanaan Operasi Lilin Candi 2023 yang diselenggarakan Polres Blora sudah bagus, Top dan Keren. Memang agak padat karena sudah pada mudik, biar sekali kali Blora sedikit macet namun tetap lancar," kata Bupati Blora.

Kemudian Bupati Blora mengimbau agar suasana yang sudah bagus ini bisa terus terjaga sampai Tahun baru nanti.

"Semoga Blora aman dan kondusif, semua masyarakat guyub rukun untuk bersama sama merayakan Natal dan Tahun baru 2024," tandas Bupati Blora.

Disini lain, Umat Katolik Blora melaksanakan Misa Malam Natal 2023 dengan khidmat di Gereja Paroki Santo Pius X Blora, Sabtu (24/12/2023) pukul 18.00 WIB hingga 20.00 WIB.

Misa Malam Natal dipimpin Pastur Kepala Paroki, Romo Agustinus Eko Wiyono.

Adapun tema yang diangkat pada Natal 2023 yaitu “Lingkunganku Mempersiapkan Kedatangan Tuhan”

Para jemaat diajak untuk merenungkan tema, bahwa sebagai anggota lingkungan kita adalah saudara dalam iman.

Lingkungan sejatinya merupakan tempat di mana kita tumbuh, berkembang bersama menuju kesejahteraan jiwa dan raga. Lewat lingkungan kita mengenal satu sama lain dalam semangat persaudaraan. Lingkungan menjadi komunitas Gereja yang nyata. Artinya, lingkungan kita ini hadir dan berkontak secara langsung dengan masyarakat.

Sebagai anggota Gereja, kita diundang untuk ambil bagian dalam kehidupan di lingkungan. Lewat sapaan, relasi dan komunikasi, serta kehadiran di lingkungan kita menjadi garam dan terang Kristus.

Sekarang dalam semangat persaudaraan yang sejati itu, marilah kita mengawali pertemuan ini dengan menyalakan lilin Adven sebagai tandaterang iman dan pengharapan kita dalam menantikan kedatangan Tuhan Yesus.

Jemaat Katolik yang mengikuti Misa malam Natal di Gereja Paroki Santo Pius X Blora, lebih kurang ada 800orang jemaat. Semuanya menjalankan ibadah dengan khidmat.

Usai memipin Misa malam Natal, Romo Agustinus Eko Wiyono memberikan ucapan Natal kepada umat Katolik setempat. Sesekali beberapa umat Katolik setempat berswafoto untuk dokumentasi Natal 2023.

Kepala Bidang IKP Dinkominfo Blora, Dr. Yosep Rudi Priyo Nugroho,S.Hut., M.Si. yang juga umat Katolik di gereja setempat menambahkan bahwalyang dimaksud adalah lingkungan terdekat kita.

“Lingkungan terdekat kita, keluarga, tetangga se- lingkungan dan se-wilayah. Termasuk sanak saudara, kerabat, sahabat, teman dan seluruh kenalan,” ucapnya.

Dikatakan, seluruhnya agar berupaya untuk bersiap melalui kedamaian hati, ketenangan pikiran, sadar dan mawas diri, bergandengan untuk mewujudkan situasi yang layak bagi Tuhan hadir di hati dan jiwa setiap orang yang menyambut-Nya.

“Suasana damai, teduh dan nyaman bagi setiap orang agar mampu bersuka cita, dari yg paling berkekurangan, yg paling bermasalah, yang paling menderita, dan berbeban berat, agar lepas seluruhnya sehingga layak menyambut kedatangan Tuhan,” ungkapnya.

Sementara itu rangkaian acara dan doa Misa malam Natal berlangsung khidmat dengan penjagaan ketat oleh aparat kepolisian Polres Blora, TNI, Sat Pol PP dan petugas keamanan gereja Katolik Santo Pius X.

Sementara itu, Galih, salah seorang jemaat Katolik mengaku bersyukur masih bisa mengkuti malam misa Natal.

“Puji Tuhan, masih diberi kesehatan dan kesempatan untuk mengikuti Misa malam Natal bersama, ,” kata Indah.

Sedangkan pagi harinya, Minggu (25/12/2022) pukul 07.00 WIB dilaksanakan ibadah dan perayaan Natal bersama. (Tim Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    FKDT Blora Siap Sukseskan Program Sekolah Sisan Ngaji
    06 Mei 2024 Jam 21:35:00

    Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kabupaten Blora nyatakan siap ikut serta...

    Ditarget Akhir Mei 2024 Selesai, Longsoran Desa Gadon Dipasang Plat Besi
    06 Mei 2024 Jam 21:31:00

    Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora, Ir. Samgautama...

    Pertandingkan 9 Cabor, Blora Tuan Rumah POPDA Eks Karesidenan Pati
    06 Mei 2024 Jam 12:46:00

    Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Blora, Iwan Setiyarso,...