Berita Terkini

Raih IGA dan Zona Hijau dari Ombudsman, Sejumlah Kepala OPD di Blora Terima Penghargaan dari Bupati


Berhasil meraih penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2023, dan kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2023 sehingga mendapat penilaian zina hijau dari Ombudsman RI, sejumlah Kepala OPD di Blora terima penghargaan dari Bupati H. Arief Rohman.

Apresiasi dan pemberian penghargaan kepada sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemkab Blora itu dilakukan di halaman Kantor Bupati Blora, Selasa (19/12/23).

“Hari ini kita serahkan apresiasi penghargaan kepada OPD yang telah berpartisipasi dalam IGA 2023 sehingga Kabupaten Blora menjadi kabupaten terinovatif 16 besar di tingkat nasional. Selain itu juga kita serahkan apresiasi atas penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik dari Ombudsman kita Blora dapat kualitas tertinggi, zona hijau,’’ tandas Bupati Arief Rohman.

Diketahui, Kabupaten Blora menjadi Kabupaten Terinovatif, serta masuk 16 besar di tingkat nasional, dalam Innovative Government Award (IGA) 2023. Selain itu, dalam hal kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2023, saat dinilai oleh Ombudsman RI, hasilnya memperoleh zona hijau atau kualitas tertinggi.

Rapor hasil penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2023 dari Ombudsman RI tersebut diterima Blora, di Semarang, Senin (18/12/23).

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Ketua Ombudsman RI No. 418 Tahun 2023 tentang Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2023, Kabupaten Blora memperoleh skor nilai 92,69. Artinya, Kabupaten Blora berhasil memperoleh penilaian dalam zona hijau atau kualitas tertinggi.

Atas prestasi itu, Bupati Arief Rohman menyerahkan piagam penghargaan kepada 7 OPD di lingkungan Pemkab Blora. Sebanyak 7 OPD itu yang menjadi objek penilaian kepatuhan pelayanan publik dari Ombudsman RI.

Masing, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Puskesmas Puledagel, Puskesmas Jepon, Dinas PMPTSP, Dinas Dukcapil Blora, dan Dinas Sosial P3A.

Sebelumnya, (12/12/2023) lalu, Bupati Blora menerima penghargaan IGA 2023 untuk predikat Kabupaten Terinovatif, dari Menteri Dalam Negeri, M Tito Karnavian,


“Saya mengucapkan terima kasih seluruh masyarakat Kabupaten Blora dan juga seluruh ASN yang ada di Kabupaten Blora ini sebagai hadiah di hari jadi Kabupaten Blora ke -274. Alhamdulillah Kabupaten Blora masuk 16 besar Kabupaten inovatif se-indonesia,’’ ungkap Bupati Arief.

Dua inovasi andalan Pemkab Blora Blora yang diajukan dalam penghargaan IGA 2023 terebut, adalah inovasi Pertanian yang bernama Gerakan Sejuta Kotak Umat (GESEKU) dan Sistem Informasi Layanan Anak Tidak Sekolah (SILAT). GESEKU merupakan gerakan masyarakat untuk memanfaatkan kotoran dari ternak yang dimiliki Blora.

Dalam inovasi itu, tujuannya kotoran ternak dimanfaatkan agar mempunyai nilai tambah ekonomi (menjadikannya sebagai pupuk organik). Sehingga mampu memberikan kesejahteraan keluarga petani.

Sementara itu, di bidang pendidikan, Blora mempunyai inovasi Sistem Informasi Layanan Anak Tidak Sekolah (SILAT). Yakni merupakan aplikasi berbasis web untuk melakukan verifikasi, intervensi, monitoring dan evaluasi Anak Tidak Sekolah (ATS). (Tim Dinkominfo Blora/ Prokompim).

    Berita Terbaru

    FKDT Blora Siap Sukseskan Program Sekolah Sisan Ngaji
    06 Mei 2024 Jam 21:35:00

    Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kabupaten Blora nyatakan siap ikut serta...

    Ditarget Akhir Mei 2024 Selesai, Longsoran Desa Gadon Dipasang Plat Besi
    06 Mei 2024 Jam 21:31:00

    Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora, Ir. Samgautama...

    Pertandingkan 9 Cabor, Blora Tuan Rumah POPDA Eks Karesidenan Pati
    06 Mei 2024 Jam 12:46:00

    Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Blora, Iwan Setiyarso,...