Belajar Otodidak, Brian Sukses Merakit Miniatur Pesawat Terbang Jenis ATR 72


Miniatur pesawat baling-baling Citilink jenis ATR 72, berhasil diciptakan oleh Ahman Brian Rozaki (16) siswa kelas 11 SMK Muhammadiyah 2 Cepu, Kabupaten Blora.

Brian sapaan akrabnya menceritakan miniatur pesawat rakitannya yang ia buat memiliki panjang badan pesawat (fuselage) 3 meter, dan panjang sayap (wings pane) 3,5 meter. Material pesawat didominasi Styrofoam. Ringan. Memudahkan pesawat untuk terbang.

Didalam badan pesawat Citilink ATR 72 itu terdapat rangkaian kelistrikan untuk penunjang. Termasuk delapan unit baterai yang biasa digunakan untuk rokok elektrik. Bisa diterbangkan selama 10 menit, dengan dukungan daya yang ada.

Ahman Brian Rozaki mengaku suka sekali bermain dengan dunia kelistrikan. Bahkan sejak masih duduk dibangku kelas 8 SMP, dia sudah terbiasa otak atik barang elektronik.

"Ya hingga akhirnya, tertarik untuk merakit pesawat mainan dengan belajar secara otodidak. Dari kanal Youtube maupun grup media sosial," jelasnya Senin (16/10/2023).

Menurutnya, sudah puluhan pesawat yang dia rakit. Ada yang gagal. Tidak sedikit pula yang berhasil diterbangkan. Banyak juga rekaman hasil karyanya yang dia bagikan di kanal youtube pribadi. Tidak terkecuali miniatur pesawat Citilink yang berhasil dia rakit. Pernah diterbangkan di area Bandara Ngloram. Remot kontrol sebagai navigasi.

"Perlu satu tahun untuk merakit dan menyelesaikan ini. Tapi kalau mau serius, dalam waktu dua bulan bisa selesai," ujarnya.

Semangatnya untuk belajar. Mengeksplorasi kreativitas. Tidak lepas dari dukungan kedua orang tuanya. Sutari dan Umiasih. "Orang tua sangat mendukung," ungkapnya.

Tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan. Untuk membuat satu unit pesawat, bisa menghabiskan uang Rp1 juta sampai Rp2,5 juta. Itu digunakan untuk segala tetek bengek dan komponen yang butuhkan. Tidak terkecuali remot kontrol. Dia mengungkapkan bagian paling sulit dalam merangkai pesawat.

"Paling sulit menemukan gravitasinya. Artinya tidak berat ke depan maupun belakang. Tidak berat ke samping kanan maupun ke kiri. Supaya saat terbang bisa tenang dan seimbang," ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Blora Arief Rohman mengapresiasi kreatif siswa SMK Muhammadiyah 2 Cepu yang mampu membuat pesawat mainan jenis ATR 72 ini.

"Bagus juga ini, dan ternyata juga bisa terbang, mas Brian ini cita citanya pilot, semoga bisa tercapai cita citanya," paparnya. (DINKOMINFO BLORA/Prokompim).

    Berita Terbaru

    Ikuti Manasik, 643 Calhaj Blora Akan Berangkat ke Tanah Suci 3 Juni 2024
    27 April 2024 Jam 19:31:00

    Para Calon Haji (Calhaj) Blora mulai ikuti manasik haji, Sabtu (27/4/2024). Jumlah Calhaj Blora...

    Pemkab Blora Menggelar Rakor dengan Kementerian Koordinator Perekonomian RI
    27 April 2024 Jam 19:16:00

    Pemkab Blora menggelar Rakor dengan Kementerian Koordinator Perekonomian (RI), Deputi Bidang...

    Berusia 74 Tahun, RSUD dr. Soetijono Blora Punya 6 Inovasi Layanan Kesehatan
    25 April 2024 Jam 17:47:00

    Bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya ke-74, Kamis (25/4/2024), RSUD dr. R. Soetijono...