Seputar Blora

Ratusan Siswa dan Guru SMPN 1 Blora Outing Class di DPRD


Sebanyak 320 siswa dan guru pendamping SMPN 1 Blora melaksanakan Outing Class di DPRD Kabupaten Blora.

Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Salah satu kegiatannya adalah belajar tentang demokrasi langsung dengan tokoh demokrasi bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Blora, Kamis (12/10/2023).

Komisi D DPRD Blora, secara langsung memberikan materi kehidupan demokrasi untuk pelajar.

Irma Isdiana menjelaskan secara singkat bagaimana cara bersikap berdemokrasi yang baik dan benar serta tetap menjunjng tinggi nilai Pancasila, khususnya bagi pelajar sekolah.

Sedangkan Achlif Nugroho Widi Utomo, mengungkapkan, mengingat pentingnya kehidupan demokrasi untuk mendukung terciptanya kehidupan bersama yang nyaman, berharap siswa siswi SMPN 1 Blora mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Selain itu juga menegaskan bahwa kesuksesan dapat diraih jika tekun beribadah, patuh terhadap orang tua, serta selalu bekerja keras.

“Outing Class itu adalah sebuah kegiatan dalam Rangka Pelaksanaan Proyek Profil Pelajar Pancasila (P5). Ini merupakan hal yang baru dan pertama kali dilakukan oleh SMPN 1, tidak lain dan tidak bukan untuk menyampaikan pembelajaran di lapangan secara langsung sekaligus memperkenalkan para siswa ke Anggota Dewan di gedung Dewan," ungkap Siti Rochmah Yuni Astuti, anggota komisi D DPRD Blora.

Kepala SMPN 1 Blora Ainur rofiq, S. Ag. M.Pd menginginkan beberapa hal yang perlu diketahui dan dipahami siswa-siswinya ketika datang ke gedung dewan.

Di antaranya, untuk memahami tugas dan fungsi Anggota Dewan. Apa itu AKD (Alat Kelengkapan Dewan) beserta tugas dan fungsi.Memahami arti Partai, Komisi, Fraksi dengan tugas dan fungsi.
Kemudian, mengetahui proses menjadi Anggota Dewan. Memahami politik sehat sejak dini agar menjadi pelajar dan pemilih yang baik kedepannya.Memahami arti demokrasi yang sebenarnya.

Selanjutnya dilakukan sesi tanya jawab oleh Anggota Dewan dengan para siswa-siswi. Banyak hal yang ditanyakan, terutama hal-hal pemahaman yang ingin diketahui sesuai tujuan Outing Class.

Tampak sumringah dan bahagia semua para siswa-siswi mendengar penjelasan dari Anggota Dewan, dan akhirnya tak sedikit yang tertarik ingin berkecimpung ke dunia politik salah satunya lewat jalur legislatif. (Dinkominfo Blora/Setwan).

    Berita Terbaru

    Kesempatan Bagi ASN Isi Jabatan Dewan Pengawas Perumda Air Minum Tirta Amerta Blora
    02 Mei 2024 Jam 15:35:00

    Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi...

    Kodim 0721/Blora Sosialisasi Rencana Program TMMD Sengkuyung Tahap II di Desa Geneng
    02 Mei 2024 Jam 14:13:00

    Kodim 0721/Blora akan menyelenggarakan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung...

    1.734 ASN PPPK Pemerintah Kabupaten Blora Formasi Tahun 2023 Dilantik
    29 April 2024 Jam 18:58:00

    Sebanyak 1.734 Aparatur Sipil Negara Pemerintah Kabupaten Blora (ASN Pemkab Blora) dikumpulkan...