Seputar Blora

PSM Blora Belajar Inovasi Karya Santri di PSM Summit


MPD PSM Blora bersama dengan Kepala Sekolah RA, MI, MTs dan SMK PSM Randublatung Blora turut hadir dalam PSM Summit yang merupakan puncak acara HUT Pesantren Sabilil Muttaqien (PSM) ke-80.

Hadir langsung Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa yang meresmikan bengkel industri konvensi kendaraan listrik dan menyampaikan paparannya dalam leadership forum yang dihadiri oleh 500 guru, kepala sekolah dan MPD PSM di Seluruh Indonesia. Didampingi langsung oleh Mufattisin MPP PSM Dahlan Iskan.
Kehadiran bengkel industri konvensi kendaraan listrik ini wujud sadar lingkungan dari PSM dengan melakukan inovasi merubah motor mesin BBM menjadi motor untuk mengurangi emisi karbondioksida.

Ditampilkan hasil produk mobil dan motor yang sudah dimodifikasi menjadi tenaga listrik. Salah satunya adalah Mobil Jag Ev milik Dahlan Iskan yang dihibahkan untuk SMK 2 PSM Takeran.

Selain itu dalam PSM Summit juga ada PSM Expo yang menampilkan karya inovasi siswa, santri dan guru. Salah satunya adalah desain tata busana untuk berupa desain baju untuk anime. Hal ini adalah wujud dari semangat HUT PSM " Melangkah lebih Cepat,Menuju PSM Hebat".

Kegiatan PSM Summit dilaksanakan pada Selasa (10/10/2023) bertempat di SMK PSM 2 Takeran. Acara dibuka oleh Ketua MPP PSM M.T.Yanuar Mirtanta atau yang dikenal sebagai Gus Ryan.

Kegiatan dibuka dengan pertunjukan karya santri PSM dilanjutkan dengan sesi penguatan konsolidasi internal oleh Misbahul Huda, santunan anak yatim dan peresmian bengkel konvensi kendaraan listrik dan kunjungan PSM Expo oleh Gubernur Jawa Timur dan ditutup pemaparan motivasi oleh beliau. Serta penguatan pendidikan oleh Dahlan Iskan dan ditutup dengan MUSKERDIK yang diikuti oleh kepala sekolah dan guru Ke-PSM-an.

Ketua Majelis Pimpinan Pusat (MPP) M.T.Yanuar Mirtanta menyampaikan terima kasih atas kehadiran Gubernur Jawa Timur. PSM berkomitmen untuk memajukan pendidikan di Jawa Timur. Ada 8.550 Guru di Jawa Timur dalam nauangan YPI PSM. 

"PSM Summit ini bentuk apresiasi dan inovasi santri diperkembanhan dunia digital saat ini. Tema yang diusung, Melangkah lebih cepat menuju PSM hebat. Banyaknya tantangan saat ini kita harus siap dengan segala sesuatu yang konkrit dan jelas. Mengembangkan pendidikan PSM lebih baik dan maju serta menjadi sarana pendidikan terbaik”, ungkapnya.

Dahlan Iskan selaku Mufattisin atau Dewan Penasehat MPP PSM menyampaikan pentingnya pendidikan yang berkualitas dan inovasi serta beradaptasi.

“Dahulu sekolah Madrasah dianggap ketinggalan tapi saat ini banyak sekolah Islam yang maju dan menjadi sekolah favorit salah satunya adalah sekolah milik PSM yaitu International Islamic School(IIS) PSM. Saat ini IIS PSM sudah ada di Magetan dan Kediri, harapannya juga akan ada di Randublatung dan PSM lain. Inovasi merupakan hal yang penting terutama yang memberi kebermanfaatan. Salah satunya adalah konversi motor mesin menjadi motor listrik karya siswa siswi SMK 2 Takeran yang menjawab permasalahan lingkungan,"terangnya.

Dalam sambutannya Dahlan Iskan memberikan apresisasi kepada Aling dan Jo yang merupakan mentor dalam pembuatan motor konversi listrik dan para pengurus IIS PSM dan Guru Tata Busana dari SMK PSM Nganjuk. D iakhir sambutannya Abah sapaan akrab Dahlan Iskan menyampaikan “Jangan khawatir kita tidak bisa berubah. Kita bisa melihat transformasi dari seorang ulama menjadi seorang teknokrat," jelasnya.


Khofifah Indar Parawansa menyampaikan peran penting seorang guru. Guru menjadi inovator terdepan dan berpengaruh pada percepatan di masing masing unit. Maka kita harus berlari mengejar ekosistem digital didepan kita.

“Kalau SMK PSM fokus pada kendaran listrik ini menjadi renewable energy. Kita tidak bisa berbicara kualitas udara buruk tapi bersama sama melakukan perubahan. Emisi karbondioksida dengan angka besar 130 juta motor dengan gas buang dan jika sebagian bisa terkonversi ke motor listrik. Maka itu menjadi jariyah luar biasa untuk PSM dan Dahlan Iskan," ungkapnya.

Selanjutnya beliau menambahkan Dahlan Iskan adalah Sosok Game Changer. Merubah permainan, Apa yang imposible menjadi posible. Maka Jadilah Game Changer, Maka Anak anak kita juga diharapkan bisa menjadi Game Changer. Guru adalah para pemimpin pemungkin, kepala sekolah memnjadi pemimpin pemungkin, apa yang tidak mungkin menjadi mungkin. Prespektif para santri bahwa inovation is us. Sosok santri diharapkan menjadi inovator. Maka guru harus lebih inovatif dan kepala sekolah menjadi role model,. Ruang memberi masukan dan belajar, maka inovator akan banyak tumbuh

    Berita Terbaru

    Kesempatan Bagi ASN Isi Jabatan Dewan Pengawas Perumda Air Minum Tirta Amerta Blora
    02 Mei 2024 Jam 15:35:00

    Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi...

    Kodim 0721/Blora Sosialisasi Rencana Program TMMD Sengkuyung Tahap II di Desa Geneng
    02 Mei 2024 Jam 14:13:00

    Kodim 0721/Blora akan menyelenggarakan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung...

    1.734 ASN PPPK Pemerintah Kabupaten Blora Formasi Tahun 2023 Dilantik
    29 April 2024 Jam 18:58:00

    Sebanyak 1.734 Aparatur Sipil Negara Pemerintah Kabupaten Blora (ASN Pemkab Blora) dikumpulkan...