Seputar Blora

ETK 2023 dari Kwarcab Gerakan Pramuka Rembang Diserahkan ke Blora


Panji Estafet Tunas Kelapa 2023 diserahkan ke Kwarcab Gerakan Pramuka Blora oleh Kwarcab Gerakan Pramuka Rembang di perbatasan kedua wilayah jajaran pengurus Kwarcab, tepatnya di Desa Ngampel Kecamatan Blora, Senin (21/8/2023).

Timbang terima antara Kwartir Cabang Kabupaten Rembang dan Kwartir Cabang Kabupaten Blora berlangsung sukses dan khidmat.

Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Kabupaten Rembang AKBP Suryadi, S.I.K.,M.H. menyerahkan tunas kelapa kepada penerima Mabicab Kabupaten Blora AKBB Agus Puryadi, S.H., S.I.K., M.Si.

“Kami serahkan Tunas Kelapa untuk diteruskan sampai tujuan,” kata Mabicab Rembang AKBP Suryadi, S.I.K.,M.H.

“Kami terima Tunas Kelapa untuk diteruskan sampai tujuan,” jawab Mabicab Blora AKBB Agus Puryadi, S.H., S.I.K., M.Si.

Pada saat yang bersamaan diikuti penyerahan pataka, pesan Ka. Mabida, Ka.Majelis Pembimbing Cabang, Ka. Mabiran, serta bendera Morse.

ETK Kwartir Daerah Jawa Tengah tahun 2023 akan dilaksanakan selama sepuluh hari pada bulan Agustus dengan mengambil empat belas titik start.

Start awal dilaksanakan di Kabupaten Rembang dan Blora pada Senin (21/8/2023).

Di Rembang, pemberangkatan awal dilakukan di alun-alun Rembang oleh Wakil Bupati Rembang Mohammad Hanies Cholil Barro’ yang juga menjabat sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang Rembang.

Sebanyak 61 Pasukan Inti dari Kwartir Cabang Rembang dari SMKN 1 Rembang, SMKN 2 Rembang, SMPN 1 Rembang dan SMPN 2 Rembang akan dibagi di Etape Pertama dan Terakhir.

Etape Pertama di Alun-Alun Kabupaten Rembang sampai Polres Rembang dan Etape Terakhir di Dk. Dawe sampai Sadang Perbatasan Rembang – Blora.


Masing-masing etape berjarak 5 KM. Perlu diketahui juga, ETK 2023 akan dilombakan meliputi berbagai aspek.

Pada kesempatan ini, Rute yang akan di lewati dari start alun-alun Rembang – Kwartir Ranting Rembang – Kwartir Ranting Sulang – Finish Kwartir Ranting Bulu dan akan diserah terimakan kepada Kwartir Cabang Blora.

Ketua Harian Gerakan Pramuka Kwarcab Blora, Kak Slamet Pamuji, SH, M.Hum dan pengurus Kwarcab Blora lainnya.

Sementara itu, Kapolres Blora selaku Mabicab Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Blora membacakan amanat Kamabida Jawa Tengah Kak Ganjar Pranowo.

Dikumukakan, empat kesan pesan kepada Estafet Tunas Kelapa (ETK) Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Jawa Tengah.

Satu, dari bapak pandu Pramuka dunia Robert Baden-Powell, Tuhan telah menaruniakan dunia tempat kita hidup yang penuh dengan keindahan dan keajaiban. Yang telah memberikan kepada kita, tidak hanya mata untuk melihat keindahan dan keajaiban tersebut. tetapi juga akal untuk memahami hanya ketika kita memiliki perasaan untuk melihatnya.

"Dua, pelajarilah perubahan dan ubahlah masa depan dengan cara mengaktifkan dirimu dalam kebaikan dan ketulusan," jelasnya.

Tiga, cintailah negerimu, Tanah airmu sebagaimana engkau mencintai kedua orang tuamu, saudaramu, dan kekasihmu, keselarasan dalam hal tersebut akan membantumu memahami dunia dan seisinya di masa kini dan mendatang.

Empat, mari berusaha menempatkan diri dalam kedudukan masing-masing untuk memberikan pelayanan prima dan setulus-tulusnya kepada; sesama, masyarakat, bangsa, dan ibu pertiwi melalui gerakan pramuka.

Ditegaskan bahwa ETK Gerakan Pramuka diminta untuk melihat pesan Presiden Ir. Soekarno pada 7 Agustus 1963,“Berusahalah sehebat-hebatnya untuk mengembangkan dan meluaskan Gerakan ini (Pramuka)” 

Makna dari pesan tersebut ditambahkan agar sampai suatu ketika setiap anak serta pemuda dan pemudi kita baik yang mahasiswa di kota maupun penggembala kerbau di desa dengan rasa bangga dan hormat bisa menyatakan ‘AKU PRAMUKA INDONESIA’

“Semoga dengan adanya peringatan yang Ke-62 Hari Pramuka sumber daya SDM professional dan berwawasan kebangsaan dapat kita wujudkan melalui Gerakan Pramuka” harapnya.

Kegiatan Estafet Tunas Kelapa dimulai dengan pengibaran bendera oleh Kapolres Blora sebagai bentuk dilanjutkannya Perjalanan Tunas Kelapa menuju Kwarcab Kabupaten Grobogan. (DINKOMINFO BLORA).

    Berita Terbaru

    Kesempatan Bagi ASN Isi Jabatan Dewan Pengawas Perumda Air Minum Tirta Amerta Blora
    02 Mei 2024 Jam 15:35:00

    Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi...

    Kodim 0721/Blora Sosialisasi Rencana Program TMMD Sengkuyung Tahap II di Desa Geneng
    02 Mei 2024 Jam 14:13:00

    Kodim 0721/Blora akan menyelenggarakan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung...

    1.734 ASN PPPK Pemerintah Kabupaten Blora Formasi Tahun 2023 Dilantik
    29 April 2024 Jam 18:58:00

    Sebanyak 1.734 Aparatur Sipil Negara Pemerintah Kabupaten Blora (ASN Pemkab Blora) dikumpulkan...