Berita Terkini

Calon Kades Dari 27 Desa di Blora Gelar Deklarasi Pilkades Damai


Dalam upaya untuk menciptakan pilkades yang lancar namun tetap mengedepankan aspek damai, para calon kades yang akan berkompetisi di Pilkades Serentak di Blora tahun 2023, yakni di 27 desa tersebar di 13 kecamatan, menggelar deklarasi Pilkades Damai, Minggu (18/6/2023).

Deklarasi yang digelar di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora itu, dihadiri oleh Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP., M.Si, Ketua DPRD Blora, Sekretaris Daerah Komang Gede Irawadi, SE., M.Si, Perwakilan Forkopimda, OPD terkait dan para calon kepala desa.

Dalam kesempatan tersebut, disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Yayuk Windrati, Pilkades serentak di Kabupaten Blora tahun 2023 akan dilaksanakan pada Sabtu Kliwon, 8 Juli 2023, di 27 desa tersebar di 13 kecamatan.

Deklarasi damai tersebut untuk mengedepankan semangat persaudaraan, kerjasama, dan toleransi antara semua pihak yang terlibat dalam proses Pilkades.

Melalui deklarasi Pilkades Damai itu, masyarakat Blora terutama para calon kepala desa berharap dapat mengubah paradigma Pilkades sering kali yang menjadi momen yang memicu tensi politik tinggi, perpecahan sosial, dan konflik di tingkat lokal, menjadi Pilkades yang lancar dan damai.

Para calon yang ikut dalam Pilkades menyampaikan komitmen mereka untuk menjaga sikap yang santun, tidak melakukan kampanye negatif, dan berfokus pada visi dan program kerja yang dapat membawa perubahan positif bagi masyarakat desa.

Mereka menegaskan akan mengedepankan etika dan moralitas selama pelaksanaan Pilkades serentak. Selain itu, para calon kepala desa sepakat untuk menciptakan situasi yang kondusif dan tidak berbuat anarkis.

Dalam sambutannya, Bupati Arief menyampaikan, pentingnya menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi, rasa saling menghargai, serta kerjasama yang erat dalam menjalankan proses Pilkades.

"Hindari konflik antar calon, himbau para pendukung masing-masing jangan kampanye tidak di tempat pendidikan, tempat ibadah dan mendiskreditkan atau mencemarkan nama baik calon kades lain dan SARA," pesan Bupati Arief.

Berikut desa-desa yang akan menggelar Pilkades Serentak di Blora tanggal 8 Juli 2023 mendatang. Di wilayah Kecamatan Banjarejo, Desa Buluroto, Jatiklampok, Desa Balongsari, Wonosemi Kecamatan Banjarejo.

Di Kecamatan Ngawen; Desa Srigading, Desa Bradag. Sementra itu di Kecamatan Japah; Desa Krocok, Desa Gaplokan. Desa Sendang, Desa Kacangan, Desa Kembang, ketiganya masuk wilayah Kecamatan Todanan.

Kemudian, Desa Brumbung Kecamatan Jepon; Desa Gersi Kecamatan Jepon; . Desa Prantaan Kecamatan Bogorejo; Desa Singonegoro Kecamatan Jiken; Desa Genjahan Kecamatan Jiken; Desa Bekutuk Kecamatan Randublatung;. Desa Gembyungan Kecamatan Randublatung.

Berikut Desa Nglebak Kecamatan Kradenan; Desa Nginggil Kecamatan Kradenan;. Desa Kepoh Kecamatan Jati; Desa Sitirejo Kecamatan Tunjungan; Desa Tambahrejo Kecamatan Tunjungan; Desa Jipang Kecamatan Cepu; Desa Brabowan, Kecamatan Sambong. Dinkominfo Blora/Prokompim).

    Berita Terbaru

    FKDT Blora Siap Sukseskan Program Sekolah Sisan Ngaji
    06 Mei 2024 Jam 21:35:00

    Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kabupaten Blora nyatakan siap ikut serta...

    Ditarget Akhir Mei 2024 Selesai, Longsoran Desa Gadon Dipasang Plat Besi
    06 Mei 2024 Jam 21:31:00

    Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora, Ir. Samgautama...

    Pertandingkan 9 Cabor, Blora Tuan Rumah POPDA Eks Karesidenan Pati
    06 Mei 2024 Jam 12:46:00

    Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Blora, Iwan Setiyarso,...