Seputar Blora

Kasat Binmas Polres Blora Sosialisasi Tugas Polisi RW


Kepala Satuan Bimbingan Masyarakat (Binmas) Polres Blora Ajun Komisaris Polisi (AKP) Lilik Widyastuti,SH memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait tugas Polisi RW di aula desa Ngrambitan, Japah, Jumat (2/6/2023).

Sosialisasi dilaksanakan karena pasca dikukuhkan tugas dan fungsi Polisi RW, masih banyak masyarakat yang awam tentang apa itu tugas polisi RW dan apa bedanya dengan Bhabinkamtibmas.

Kasat Binmas AKP Lilik Widyastuti menyampaikan bahwa dalam rangka menjaga Harkamtibmas atau pemeliharaan keamanan, ketertiban. masyarakat, maka Polri membentuk Polisi RW.

"Bahwasanya personel Polisi RW merupakan anggota polisi yang tinggal di lingkungan RW atau divsekitar RW masing-masing yang memiliki tugas yang sama seperti yang diemban oleh Bhabinkamtibmas namun dalam lingkup RW," terangnya.

Kemudian, menampung keluh kesah masyarakat serta membantu penyelesaian masalah yang terjadi di lingkup rukun warga.

"Polisi RW adalah Program tingkat Nasional, jadi ada dan dilaksanakan diseluruh Indonesia, jadi dengan adanya kegiatan atau program ini diharapkan masyarakat dapat bekerja sama dan bersinergi dengan polri demi situasi Kamtibmas yang kondusif, program ini juga diharapkan dapat mengoptimalkan interaksi langsung dengan masyarkat pada tingkat RW dengan mengedepankan tindakan preemtif," kata AKP Lilik.

Polisi RW bermitra dengan masyarakat dalam mendeteksi dan mengidentifikasi permasalahan kamtibmas di lingkungan serta menemukan pemecahan masalah, juga bersama dengan masyarakat mengatasi masalah sosial dengan tindakan preemntif dan preventif melalui problem solving sehingga tidak menjadi masalah hukum atau mengganggu Kamtibmas. (DINKOMINFO Blora/Humas Polres Blora).

    Berita Terbaru

    Pertandingkan 9 Cabor, Blora Tuan Rumah POPDA Eks Karesidenan Pati
    06 Mei 2024 Jam 12:46:00

    Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Blora, Iwan Setiyarso,...

    KPU Blora Resmi Tetapkan Perolehan Kursi Parpol dan Caleg Terpilih Pemilu 2024
    03 Mei 2024 Jam 06:21:00

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora resmi menetapkan perolehan kursi partai-partai...

    Berbusana Adat Jawa Tengah, Bupati Blora Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas 2024
    02 Mei 2024 Jam 20:06:00

    Bupati Blora Arief Rohman memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024...