Berita Terkini

Blora Mengaji Rutin Digelar Setiap Jum'at Pahing


Pemkab Blora  terus membangun sektor kerohanian masyarakat melalui program Blora Mengaji, selain menggenjot pembangunan fisik infrastruktur dan SDM.

Terkait kegiatan itu, sejumlah elemen digandeng untuk hadir berdoa bersama untuk kemaslahatan dan keberkahan Kabupaten Blora.

Seperti yang digelar Jum'at siang (26/5/2023) di Pendopo Rumah Dinas Bupati. Ratusan jama'ah mengikuti kegiatan Blora Mengaji edisi khusus Jum'at Pahing yang kali pertama dilaksanakan pasca lebaran.

Kegiatan Blora Mengaji ini diikuti dari unsur NU, Muhammadiyah, LDII dan Ormas Islam lainnya. Serta para penghafal Al Qur'an (hafidz hafidzah) dari JQH, JMQH dan alumni Ponpes Khozinatul Ulum. Termasuk para Kepala OPD dan Camat se Kabupaten Blora.

Acara dimulai dengan khataman Al Qur'an, yasinan, tahlilan, pembacaan sholawat nariyah, ceramah agama, dan do'a untuk Blora.

Tampak hadir Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., KH. Muharror Ali, Ketua MUI Kabupaten Blora sekaligus pengasuh Ponpes Khozinatul Ulum, Kabag Kesra Setda Blora dan perwakilan pengurus Ormas Islam.

Bupati H. Arief Rohman, dalam sambutannya menyambut dengan baik adanya kegiatan Blora Mengaji kali ini. Menurutnya ini menjadi salah satu upaya pembangunan kerohanian di Kabupaten Blora.

"Tadi baru sampai dari Jakarta. kami langsung mengikuti kegiatan Blora Mengaji. Ini menjadi upaya kita untuk membangun Blora yang berkah lahir batin. Tidak hanya pembangunan fisik namun juga rohani nya," ucap Bupati.

"Nantinya kegiatan Blora Mengaji ini akan kami laksanakan setiap Jumat Pahing yang kali ini dimulai di Pendopo Rumah Dinas Bupati. Selain khataman Al Qur'an, ada juga yasinan, tahlilan, hingga pembacaan sholawat nariyah 4444 kali. Kami ingin kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan tingkat Kabupaten, namun juga tingkat Kecamatan. Istiqomah setiap Jum'at Pahing. Tidak hanya Kecamatan mungkin nanti juga di kantor kantor OPD selapan sekali," ujar Bupati Arief.

"Libatkan para hafidz hafidzah yang ada di masing-masing Kecamatan. Undang para tokoh agama, dan penceramah lokal. Dengan kegiatan ini kami ingin Blora selalu dalam ketenangan, kerukunan, keberkahan, dan aman kondusif. Adem ayem, " tambah Bupati.

Diketahui, selain kegiatan Blora Mengaji ini, Pemkab Blora juga telah rutin melaksanakan kegiatan Blora Bersholawat ke kecamatan kecamatan setiap Jum'at Pahing malam Sabtu Pon. Seperti malam ini yang akan dilaksanakan di Lapangan Desa Berbak Kecamatan Ngawen. Sebelumnya Jum'at Pahing malam Sabtu Pon lalu dilaksanakan di Desa Sumber Kecamatan Kradenan.

"Kita tidak hanya mengejar pembangunan fisik infrastruktur dan pendidikan SDM saja, namun juga keagaaman. Termasuk pengesahan Pendidikan Baca Tulis Al Qur'an untuk pelajar SD. Sehingga dunianya dapat, akherat nya juga dapat," pungkas Bupati.

Adapun KH. Muharror Ali, selaku Ketua MUI Kabupaten Blora juga mengapresiasi langkah Pemkab Blora dibawah kepemimpinan Bupati H. Arief Rohman, S.IP, M.Si. Menurut Mbah Kyai Muharror langkah yang diambil Bupati sudah tepat. Dengan mengintensifkan kegiatan kegamaan diharapkan bumi Blora semakin diberkahi, aman, damai, dan kondusif.

"Dulu kami jarang diundang untuk ngaji bersama di Pendopo Kabupaten. Namun sekarang telah dimulai oleh Pak Bupati, Mas Bupati Arief Rohman ini. Semoga semuanya semakin guyub rukun berdo'a bersama sama untuk keselamatan keberkahan dan kesuksesan pembangunan Blora kedepan. Kami siap mendukung," ujar KH. Muharror Ali.

Usai pengajian, Bupati menyampaikan arahannya tentang penataan organisasi JQH dan JMQH agar kedepan bisa ikut menerima insentif dari Pemkab Blora. (DINKOMINFO Blora/Prokompim).

    Berita Terbaru

    FKDT Blora Siap Sukseskan Program Sekolah Sisan Ngaji
    06 Mei 2024 Jam 21:35:00

    Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kabupaten Blora nyatakan siap ikut serta...

    Ditarget Akhir Mei 2024 Selesai, Longsoran Desa Gadon Dipasang Plat Besi
    06 Mei 2024 Jam 21:31:00

    Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora, Ir. Samgautama...

    Pertandingkan 9 Cabor, Blora Tuan Rumah POPDA Eks Karesidenan Pati
    06 Mei 2024 Jam 12:46:00

    Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Blora, Iwan Setiyarso,...