Seputar Blora

TNI-Polri Bersama Warga Desa Jipang Cepu Gropyok Tikus di Sawah Tengah Malam


Kegiatan pengendalian hama tikus ramah lingkungan terus digelorakan oleh Polres Blora Polda Jawa Tengah beserta Polsek Jajarannya.

Setelah adanya FGD pengendalian tikus yang diinisiasi oleh Kapolres Blora AKBP Fahrurozi,SIK,MM,MH. Dewasa ini Polsek Jajaran intensif menggelar kegiatan sinergi bersama Forkopimcam terutama dalam pengendalian hama tikus sawah dengan cara yang ramah lingkungan.

Seperti yang dilakukan di wilayah kecamatan Cepu. Kapolsek Cepu AKP Agus Budiana,SH telah memberdayakan seluruh anggota terutama Bhabinkamtibmas agar aktif turun ke wilayah binaan dalam rangka membantu masyarakat.

Hal tersebut ditindaklanjuti oleh Bhabinkamtibmas desa Jipang Bripka M. Arifin yang bersinergi dengan Babinsa Koramil Cepu Sertu Karno, Minggu, (21/08/2022) malam hingga dini hari tadi bersama warga menggelar gropyokan tikus di area persawahan warga di desa Jipang.

Bhabinkamtibmas Desa Jipang Bripka M. Arifin mengungkapkan bahwa gropyokan tikus sengaja digelar pada malam hari hingga dini hari karena berdasarkan pantauan warga pada jam jam tersebutlah tikus tikus sawah keluar dari sarangnya untuk menyerang tanaman para petani.

"Kemarin sudah kita lakukan gropyokan tikus siang hari. Dan kali ini kita gelar pada malam hari. Alhamdulilah wargapun kompak dan hasil tangkapan tikuspun cukup lumayan," kata Bripka M. Arifin.

Lebih lanjut Bripka M. Arifin menambahkan bahwa kegiatan gropyokan ini akan terus dilakukan secara berkala, dan warga telah berkomitmen untuk melakukannya secara bersama sama.

"Ini adalah salah satu cara untuk mengurangi penggunaan jebakan tikus listrik yang dipandang sangat berbahaya. Dan tanggapan wargapun positif," lanjutnya.

Untuk diketahui Pemerintah Desa Jipang bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa sudah berkomitmen untuk melaksanakan hasil FGD pengendalian hama tikus yang dilaksanakan di Polres Blora pada beberapa waktu lalu.

Bahkan wargapun menyambut baik dan mengapresiasi langkah Polres Blora yang berinisiatif menggalakan pengendalian hama tikus yang ramah lingkungan seperti dengan pengadaan Rumah Burung Hantu, (Rubuha) serta dengan gropyokan tikus.

Ahmad, salah satu warga desa Jipang mengaku senang dan mengucapkan terimakasihnya. "Kami apresiasi langkah dari bapak Kapolres Blora kemarin. Alhamdulilah sambutan wargapun baik dan malam ini kita lakukan gropyokan tikus lagi, harapannya pemerintah terus memberikan dukungan," tutur Ahmad. (Dinkominfo Blora/Humas Polres Blora). 

    Berita Terbaru

    Pertandingkan 9 Cabor, Blora Tuan Rumah POPDA Eks Karesidenan Pati
    06 Mei 2024 Jam 12:46:00

    Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Blora, Iwan Setiyarso,...

    KPU Blora Resmi Tetapkan Perolehan Kursi Parpol dan Caleg Terpilih Pemilu 2024
    03 Mei 2024 Jam 06:21:00

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora resmi menetapkan perolehan kursi partai-partai...

    Berbusana Adat Jawa Tengah, Bupati Blora Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas 2024
    02 Mei 2024 Jam 20:06:00

    Bupati Blora Arief Rohman memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024...