Berita Terkini

Tim Relawan Pemulasaraan Jenazah Covid-19 yang Dinonaktifkan Tetap Jadi Mitra Pemkab Blora


Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., didampingi Ketua Komisi D DPRD Kab. Blora Gus Labib Hilmi yang juga Ketua Relawan Penanganan Covid 19 menon-aktifkan sementara Tim Relawan unit Pemulasaran Jenasah yang selama ini bertugas di RSUD Blora dan RSUD Cepu.

Acara dilaksanakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Kamis (5/8/2021).

Hal ini dilakukan karena angka kematian Covid-19 di Blora sudah mulai menurun sehingga pemulasaran jenasah sudah dapat ditangani oleh pihak rumah sakit.

Dalam sambutannya Bupati Blora mengucapkan terimakasih kepada para relawan karena sudah membantu Kabupaten Blora dalam hal pemulasaran jenasah.

“Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Blora, tiada kata yang bisa saya sampaikan pengabdian dan dedikasi teman-teman relawan yang luar biasa. Saya selalu memantau kerja teman-teman dari kiriman vidio yang telah dikirimkan kepada saya,”ucap Bupati.

“Kemarin saya ngantor di RSUD Blora, langsung meninjau namun tendanya sudah dibubarkan. Untuk pasien Covid 19 tinggal 11 orang dan yang meninggal hanya 1 orang. Semoga angka covid 19 segera turun, tidak seperti puncaknya bulan Juli lalu yang sehari meninggal ada 19 orang,” tegas Bupati.

Pihaknya mengungkapkan bahwa relawan ini tidak dibubarkan hanya saja di non-aktifkan sementara karena kasusnya yang semakin hari semakin menurun.

Acara ini, kata Bupati, tidak jadi pembubaran relawan pamulasaran jenasah namun di off kan sementara untuk membantu tugas selanjutnya.

"Salah satunya menjadi mitra dari Pemda untuk membantu tugas sosial, seperti untuk masyarakat yang rumahnya sudah tidak layak huni dan memberantas kemiskinan seperti tim relawan pasukan Pink yang ada di Posko Gertak Trenggalek. ” lanjut Bupati.

“Saya ingin temen-teman semua tetap mendampingi kita melakukan kerja yang bermanfaat untuk masyarakat yang ada di Kabupaten Blora, dan saling gotong royong,” harap Bupati.

Ketus DPRD Komisi D Gus Labib Hilmi, menyampaikan maksud dibentuknya relawan ini adalah untuk membantu penanganan Covid--19 unit pemulasaran jenasah di Blora.

“Tujuan kami untuk membantu Pemerintah dalam menangani pemulasaran jenasah covid-19 serta melibatkan partisipasi masyarakat sebagai relawan yang melaksanakan pelayanan pemulasaran jenasah Pasien Suspek/Probable/konfirmasi Covid-19),” ungkap Gus Labib.

Dalam laporannya Gus Labib mengungkapkan bahwa jumlah yang dibantu dalam pemulasaran jenazah di Blora dan Cepu cukup banyak.

“Kita sampaikan menurut data bulan Juli lalu untuk wilayah Blora telah melaksanakan pemulasaran jenasah sebanyak 130 jenazah, untuk wilayah Cepu telah melaksanakan pemulasaran jenasah sebanyak 76 jenasah,” tegasnya.

Salah satu relawan penangan Covid-19, Pendeta Andi Viki Manayang menyampaikan keluh kesah selama bergabung menjadi tim relawan pemulasaran jenasah selama satu bulan yang lalu.

“Kesan pesan kami selama bergabung menjadi tim relawan merupakan kebanggaan tersendiri. Kami tergabung dari berbagai organisasi masyarakat bisa merasakan kebhinekaan tunggal eka nya kental sekali, dari awalnya yang tidak kenal menjadi kenal ,” ungkap Andi.

Disampaikannya, adanya tim relawan ini masyarakat banyak terbantu. Dengan instruksi Bupati tim ini terbentuk, ternyata banyak masyarakat dan kami semua yang senang terlibat.

Dari tim saling berkoordinasi siapa yang siap untuk berangkat dan stand by, jadi ketika tengah malam saat orang-orang tidur, kami jalan, kami memikul jenazah.

Turut hadir dalam acara tersebut Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda, Direktur RSUD Blora, Ketua PMI, Ketus PD Muhammadiyah, Ketua Badan Musyawarah Antar Gereja. (Tim Dinkominfo/ Tim Liputan Prokompim).

    Berita Terbaru

    FKDT Blora Siap Sukseskan Program Sekolah Sisan Ngaji
    06 Mei 2024 Jam 21:35:00

    Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kabupaten Blora nyatakan siap ikut serta...

    Ditarget Akhir Mei 2024 Selesai, Longsoran Desa Gadon Dipasang Plat Besi
    06 Mei 2024 Jam 21:31:00

    Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora, Ir. Samgautama...

    Pertandingkan 9 Cabor, Blora Tuan Rumah POPDA Eks Karesidenan Pati
    06 Mei 2024 Jam 12:46:00

    Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Blora, Iwan Setiyarso,...