Berita Terkini

Bupati Gandeng Ditjen Dikti Kemendikbud Dukung Pembangunan SDM dan Ekonomi Blora


Upaya penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Blora rupanya tidak hanya difokuskan dengan pembangunan infrastruktur fisik saja, namun juga pembangunan sumber daya manusia (SDM) nya melalui jalur pendidikan agar mampu berdaya saing.

Untuk itu, Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., bersama Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, ST., MM., bersilahturahmi ke Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Tinggi (Dikti), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., untuk merintis kerjasama, Kamis (22/4/2021) sore.

Bertempat di Gedung D Ditjen Dikti kawasan Senayan, Jakarta, Bupati dan rombongan diterima langsung oleh Dirjen Dikti, Prof. Nizam.

Banyak permasalahan dan potensi Blora yang disampaikan Bupati kepada Dirjen Dikti.

Di antaranya ingin mengembangkan potensi pertanian, peternakan dan pengembangan kawasan hutan dengan menggandeng perguruan tinggi.

Menurut Bupati, Kemiskinan Blora ini masih zona merah, sekitar 11,9 persen di atas rata-rata Jawa Tengah dan Nasional.

"Oleh sebab itu, dengan mayoritas rakyat kita petani dan peternak sekitar hutan, maka kita ingin menjalin kerjasama dengan Ditjen Dikti untuk pengembangan pertanian, peternakan dan pengembangan kehutanan secara bersama-sama. Yang muaranya untuk penanggulangan kemiskinan,” terang Bupati.

Pihaknya menyampaikan sudah merintis adanya kerjasama dengan UGM dan IPB. Yakni Bengkel Sapi nya Prof. Agus Ali Dekan Fakultas Peternakan UGM dan Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) yang Prof. Muladno, Guru Besar IPB.

"Kedepan kita ingin agar Ditjen Dikti bisa mendorong perguruan tinggi lainnya untuk membantu Blora di ketiga sektor tadi,” kata Bupati Arief.

Mendengar penjelasan Bupati, Prof. Nizam, Dirjen Dikti yang juga guru besar Teknik Sipil UGM Yogyakarta ini, menyambut baik dan menyatakan kesiapannya untuk bekerjasama dengan Pemkab Blora.

“Tadi sudah banyak yang disampaikan Pak Bupati, kita bahas bersama dan konsepnya bagus. Yakni ingin membangun perekonomian daerah berbasis pertanian, peternakan dan kehutanan. InshaAllah kami siap membantu, bisa diakselerasikan dengan platform yang ada di Kemendikbud khususnya Dikti,” ujar Prof. Nizam.

Usai pertemuan, keduanya sepakat untuk menyusun pola kerjasama diantara kedua belah pihak agar kedepan keberadaan Ditjen Dikti, Perguruan Tinggi, masyarakat dan dunia industri bisa saling membantu. (Tim Dinkominfo/ Tim Liputan Prokompim Blora).

    Berita Terbaru

    Umat Katolik Blora Mengenang Sengsara dan Wafat Yesus Kristus Dalam Ibadat Visualisasi Jalan Salib
    29 Maret 2024 Jam 10:04:00

    Umat Katolik Blora mengikuti visualisasi Jalan Salib yang digelar di Gereja Paroki Santo Pius X...

    Bupati Arief Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora
    28 Maret 2024 Jam 19:39:00

    Bupati Blora, Arief Rohman, S.IP., M.Si minta Pemprov Jateng untuk tuntaskan pembangunan jalan...

    RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN LKPJ BUPATI BLORA AKHIR TAHUN ANGGARAN 2023
    28 Maret 2024 Jam 16:31:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, Jawa Tenggah menggelar rapat paripurna...