Seputar Blora

Peserta Diklat Kerja di BLK Dimotivasi DPRD Blora


Sejumlah  anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Blora menyelenggarakan pertemuan langsung  kepada peserta pendidikan dan pelatihan (diklat) kerja di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinnaker) Kabupaten Blora, Selasa (20/4/2021) dengan menerapkan protokol kesehatan. 

Selain menjalankan tugas pokok dan fungsinya (tupoksi) sebagai anggota DPRD, kehadiran wakil rakyat Blora dari Komisi C, yakni HM Warsit, M. Muklisin, Iwan Krismiyanto dan Moh. Sahari bermaksud memberikan motivasi dan semangat kepada peserta pendidikan dan pelatihan kerja tahap II yang didanai APBN BPLK 2021 melalui BLK Blora dengan menerapkan protokol kesehatan.   

Kedatangan sejumlah anggota DPRD itu disambut oleh Pejabat Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinperinnaker Blora Sudharmono, S.Sos, M.Si, Kepala UPT BLK Blora, Dra. Amik Kristanti dan sejumlah Kepala Bidang, Kepala Sub Bagian  dan Kepala Seksi Dinperinaker Blora di ruang peretemuan setempat.

Di hadapan anggota DPRD Blora, Kepala UPT BLK Blora, Amik Kristanti menyampaikan pendidikan dan pelatihan kerja Tahap II yang dilaksanakan mulai 5 April 2021 terdiri lima kelas, yaitu Tata Boga, Salon kecantikan, Komputer, Jahit dan Batik. Masing-masing kelas 16 orang peserta dengan dipandu instruktur yang telah berpengalaman.

Meski jumlah hari pelatihan kerja tidak sama antar kelas, namun secara resmi nanti akan diakhiri sepekan sebelum Lebaran 2021. 

Seperti tahun lalu, kata Amik, pada diklat kerja tahap I tahun anggaran 2021  para peserta juga dikutkan uji kompetensi dan lolos semuanya.

“Jadi melalui Uji Kompetensi ini nanti sertifikasinya bisa menjadi bekal yang baik untuk menerapkan ilmu dan keterampilan selama mengikuti pelatihan kerja,” ujarnya.

Tujuan penyelenggaraan Uji Kompetensi ini untuk mengukur kemampuan dan keterampilan siswa lulusan pelatihan sesuai dengan standar kompetensi kerja nasional sekaligus menumbuhkan sikap percaya diri dan tangguh untuk berkompetisi di dunia kerja.

“Kami mengimbau peserta agar bersungguh-sungguh mengikuti Uji Kompetensi tersebut. sebab, Uji Kompetensi ini merupakan alat ukur tingkat kompetensi peserta,” jelasnya.

Jika peserta lulus sertifikasi, lanjut Amik Kristanti, para peserta akan mendapat sertifikasi kompetensi sehingga kompetensinya diakui oleh dunia industri dan memberikan kemudahan untuk memasuki pasar kerja.

Sementara itu Pejabat Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinperinnaker Blora Sudharmono, dalam sambutannya antara lain menyampaikan bahwa tanpa bantuan APBN, maka pihaknya tidak bisa berbuat banyak, sebab jika menggunakan APBD hanya beberapa kali pertemuan saja sudah habis angggarannya untuk kegiatan.

“Jadi kami mohon DPRD Blora yang hadir disini untuk memberi motivasi dan membawa berkah bagi Dinperinnaker. Dengan demikian nantinya potensi yang ada bisa dioptimalkan, seperti boga, tas dan ihram,” kata Sudharmono.

Pihaknya juga menyampaikan siap dan terus mendukung program 99 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Blora.

"Salah satunya adalah Program Blora Mengaji," ucapnya. 

Pada kesempatan itu, anggota DPRD Blora, HM Warsit sempat terharu, sehingga apa yang akan diungkapkan diserahkan terlebih dahulu kepada M. Muklisin.

“Kedatangan kita ini menjalankan tupoksi DPRD yang mana menyesuaikan dengan Perpres nomor 33 tahun 2020,” kata dia.

Dikatakannya, pelatihan kerja seperti  yang ada di BLK Blora yang akan menjawab tantangan masa depan.

“Oleh karena itu, saya berpesan diikuri denga baik, jangan sampai berhenti, tapin harus mengembangkannya. Jangan hanya sebagai kegiatan rutinitas yang justru bisa merugikan negara. Outputnya harus bagus dan berkembang. Tahun 2030-2040 nanti terjadi bonus demografi, dimana usia produktif lebih besar,” ujarnya.  

Sementara, HM Warsit, melanjutkan ungkapan dan motivasinya yang sempat tertunda karena haru, di hadapan sekitar 60 peserta diklat kerja.

“Saya bangga dan bahagia, mau bekerja dan membangun semuanya melalui proses, jangan berkecil hati. Step by step, selangkah demi selangkah, kita harus berhasil. Prinsipnya, Dia bisa, Aku harus bisa. Dia dapat, Aku harus dapat,” ungkap Warsit.

Motivasi senada juga disampaikan oleh anggota DPRD Blora lainnya yakni Iwan Krismiyanto dan Moh. Sahari yang langsung mendapatkan apresiasi tepuk tangan dari peserta diklat kerja. (Tim Dinkominfo Blora). 

    Berita Terbaru

    Umat Katolik Blora Mengenang Sengsara dan Wafat Yesus Kristus Dalam Ibadat Visualisasi Jalan Salib
    29 Maret 2024 Jam 10:04:00

    Umat Katolik Blora mengikuti visualisasi Jalan Salib yang digelar di Gereja Paroki Santo Pius X...

    Bupati Arief Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora
    28 Maret 2024 Jam 19:39:00

    Bupati Blora, Arief Rohman, S.IP., M.Si minta Pemprov Jateng untuk tuntaskan pembangunan jalan...

    RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN LKPJ BUPATI BLORA AKHIR TAHUN ANGGARAN 2023
    28 Maret 2024 Jam 16:31:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, Jawa Tenggah menggelar rapat paripurna...