Berita Terkini

Pemerintah Desa Keser Mencanangkan Gerakan Penanaman Bersama Bupati Blora


Pemerintah Desa Keser Kecamanat Tunjungan, Kabupaten Blora mencanangkan gerakan penanaman bibit pohon bersama Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP, M.Si, Sabtu (3/4/2021).

Kepala Desa Keser Drs. Soedjono menyampaikan kegiatan itu terselenggara berkat kerjasama dengan Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Wilayah I, Kelompok Tani Hutan (KTH) Anem Ambawani serta Karan Taruna desa setempat.

“Sebelumnya kami atas nama pemerintah desa Keser mengucapkan terimaka kasih atas kehadiran Bapak Bupati Blora dalam acara ini,” kata dia.

Dijelaskan Kades Keser di hadapan Bupati Blora, H. Arief Rohman, sejatinya pemdes Keser telah menyediakan lahan seluas 2,10 hektar (tanah tunggak semi) untuk pengembangan desitasi wisata dan atau arboretum bambu di desa Keser.

Untuk saat ini telah ditanam 38 jenis bibit bambu dengan total 750 rumpun pada lahan seluas 0,5 hektar.

“Itu tanah bondo deso, yang biasanya kita lelang. Harapan kita, jika nanti bisa berkembang untuk wisata edukasi bambu maka lahannya akan ditambah, yang kedepan dikelola oleh BUMDes Keser sehingga nanti lahannya akan kami tambah lagi,” kata dia.

Ia menjelaskan selain arboretum bambu, pemdes Keser bersama warga dan kareang taruna telan menanam 700 bibit tananam kelengkeng di lokasi setempat, serta bibit pohon gayam yang di tanam di sejumlah titik lokasi.

Kades Keser mengaku, bahwa kebetulan anak-anak muda di desa Keser sudah ada yang membuat kerajinan dari bambu sehingga ini nantinya termasuk menjadi bahan baku kerajinan yang selama ini sudah berproduksi dan sudah dipamerkan kemana-mana. Kerajinan itu berupa gelas, cangkir dari bahan bambu.

“Bahkan di sisi ada juga relawan yang membuat lukisan dari pelepah pisang (gedebog) dan sudah terkenal, namanya Mulyanto. Sehingga besar harapan kami pemudas dan warga sini semuanya bisa berkembang,” ucapnya.

Ia menyebut, bahwa semuanya sudah direncanakan oleh pemerintah desa Keser. Tujuan utamanya, kata Soedjono adalah meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Pengelolaannya nanti dari BUMDes, termasuk akses jalan dan lainnya sedang kita bahas lebih lanjut. Kita tahu semua bahwa bambu merupakan komoditas Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) keunggulan di Jawa Tengah. Baru pertama ini di Blora membuat arboretum, di desa Keser,” jelasnya. 

Sementara itu Camat Tunjunga Dwi Bambang Priyono, SE menyampaikan apresiasi atas kreasi pemuda desa Keser yang telah berjalan dengan memanfaatkan potensi alam yang ada di wilayah desa setempat.

“Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kecamatan Tunjungan menyampaikan apresiasi. Semoga bisa dikembangan dan terus berjalan lancar,” kata dia.

Pada kesempatan itu Bupati Blora, H. Arief Rohman, SIP, M.Si didampingi Kepala Desa Keser dan CDK Wilayah I, menanam bibit pohon kelengkeng sebagai salah satu upaya memberikan dukungan kepada warga desa Keser.

“Yang penting setelah menanam ini adalah harus diikuti dengan perawatan. Kalau setelah ditanam kemudian dirawat dengan baik akan menghasilkan yang bagus sehingga hasilnya bisa dikerjasamakan dengan CDK,” kata Bupati.

Bupati berharap apa yang dilakukan bisa bemanfaat untuk seluruh anggora dan generasi yang akan datang.

“Karena menanam pohon ini kan investasi jangka panjang, untuk anak cucu kita. Niat kita menyuburkan tanah Gusti Allah, maka insyaallah juga akan dapat pahala,” kata Bupati.

Bagi pemuda karang taruna Desa Keser, Bupati juga mengapresiasi atas semangat dan karya yang telah menorehkan nilai ekonomi baik untuk organisasi maupun keluarga.

“Saya berharap kreativitas dan kreasinya karang taruna Desa Keser bisa ditiru oleh karang taruna di wilayah desa lainnya,” kata Bupati Blora. (Tim Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi PT. Blora Patra Energi (Perseroda) Periode 2024 - 2026
    18 April 2024 Jam 17:41:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi PT. Blora Patra Energi (Perseroda)...

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perumda Blora Wira Usaha Masa Jabatan 2024 - 2028
    18 April 2024 Jam 17:09:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perumda Blora Wira Usaha Masa...

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi Perumda Blora Wira Usaha Periode 2021 - 2026
    18 April 2024 Jam 17:06:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi Perumda Blora Wira Usaha Periode 2021...