Bupati dan Wakil Bupati Blora Buka Kanal Aduan Masyarakat Melalui Medsos


Bupati Blora H Arief Rohman,S.IP, M.Si mengatakan telah banyak menerima aduan dari masyarakat terkait jalan rusak di sejumlah wilayah setempat.

Aduan itu bermunculan setelah dirinya secara sengaja membuka akses aduan secara terbuka bagi masyarakat Blora melalui berbagai kanal media sosial.

"Kanal aduan sebenarnya sudah lama (sejak menjabat wakil bupati). Banyak yang sudah (kasih) masukan, kemarin kami mulai untuk membuka kanal aduan,"  kata Bupati Blora Arief Rohman, di Blora, Kamis (4/3/2021).

Mas Arief, sapaan Bupati, mengatakan, kanal aduan yang kembali dibuka tempo hari, sudah banyak warga yang menyampaikan keluh kesahnya.

Diakui memang, yang paling banyak adalah aduan terkait jalan rusak. Kemudian aduan selanjutnya persoalan pupuk di Blora yang dikeluhkan petani.

"Saat ini paling banyak aduan soal jalan. Kemudian pupuk. Aduan disampaikan melalui Whatsapp, inbox Instagram dan Facebook," ujar Arief.

Dari data yang ada, ruas jalan kabupaten yang kondisinya masih rusak di Blora masih banyak. Angkanya 77,71 persen atau setara 940,91 kilometer.

Masih tingginya angka jalan rusak ini membuat dia Arief menjadikannya salah satu program prioritas untuk membenahinya selama memimpin Blora.

Selain jalan dan persoalan pupuk, kanal aduan dimanfaatkan warga Blora untuk sekadar promosi potensi kuliner. Selain itu juga digunakan untuk merespons progres pembangunan Bandara Ngloram Cepu.

"Ada juga yang merespons positif soal Bandara Ngloram terkait penerbangan," kata Bupati.

Terkait aduan kepada bupati, warga Blora bisa melalui nomor Whatsapp ke 082314193899 atau ke akun Instagram @ariefrohman838. Kemudian juga bisa melalui akun Facebook Arief Rohman, twitter @AriefRohman_838, atau ke kanal youtube Arief Rohman.

Tidak hanya itu, terkait perihal aduan dia mendorong seluruh camat dan kepala dinas melakukan hal serupa. Hal itu dinilai lebih taktis bagi setiap birokrasi yang membidanginya.

"Saya juga dorong lapor pak camat lapor kepala dinas, biar semua menerima masukan sesuai dengan bidangnya masing-masing. Jadi kita eranya transparan, bupati, wakil, sekda beserta seluruh kepala OPD kita minta menerima aduan dari masyarakat," terangnya.

Kanal aduan yang  sama juga dibuka Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, ST, MM.

Dalam infografis yang ditampilkan di media sosial (instagram dan facebook), Wabup menyampaikan pesan layan publik dengan menggunakan bahasa Jawa.

"Ngerti Ora Bener, Kandha Mbak Etik," (Tim Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan Studi Tiru Penanganan ATS di Blora
    19 April 2024 Jam 16:58:00

    Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Sunaryo, S.Pd.,M.Si, menjelaskan Sistem Informasi...

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi PT. Blora Patra Energi (Perseroda) Periode 2024 - 2026
    18 April 2024 Jam 17:41:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi PT. Blora Patra Energi (Perseroda)...

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perumda Blora Wira Usaha Masa Jabatan 2024 - 2028
    18 April 2024 Jam 17:09:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perumda Blora Wira Usaha Masa...