Seputar Blora

Puluhan Pelajar SMA/SMK Telah Kirim Karya Kompetisi Menulis di Tengah Pandemi


Puluhan pelajar dari berbagai daerah di Indonesia telah mengirimkan karya terbaiknya dalam Kompetisi Menulis SMA/SMK/sederajat hingga Sabtu (27/2/2021).

Bagi pelajar yang berminat mengikuti kompetisi keren yang diselenggarakan Forum Komunikasi Wartawan Blora (FKWB) ini masih bisa mengirim karya terbaiknya hari ini, Minggu, (28/2/2021) hingga pukul 23.59 WIB.

Ketua panitia kegiatan Mahfudz Muntaha mengungkapkan, peserta tidak hanya diikuti para pelajar asal Blora saja.

Belasan peserta datang beberapa daerah lain seperti Kabupaten Bantul, Cirebon, Blitar, Garut, Malang, bahkan Lampung.

”Jumlah peserta yang sudah mengirim karyanya ini membuktikan antusiasme pelajar untuk menulis tak pernah surut.

Apalagi, kondisi pandemi yang mewajibkan pelajar belajar dari rumah memiliki lebih banyak waktu untuk berkarya,” kata dia, yang juga wartawan Radar Bojonegoro, Sabtu (27/2/2021).

Tujuan diselenggarakannya agenda yang mengambil tema “Bangkit dan Bergerak di Tengah Pandemi” ini, terang Mahfudz, antara lain sebagai refleksi bagi pelajar yang menjadi salah satu pihak yang paling terdampak pandemi COVID-19.

Kemudian, untuk mengasah kemampuan menulis pelajar masa kini, khususnya pelajar asal Blora.

Mahfudz menambahkan, setelah pengiriman karya ditutup pada Minggu (28/2/2021), panitia akan menyeleksi karya peserta yang layak masuk dalam daftar 20 besar terbaik.
Penjurian dilakukan pada 1-7 Maret 2021.

Sedangkan pengumuman pemenang rencananya akan dilakukan pada 13 Maret 2021 mendatang.

Untuk juara pertama mendapat hadiah uang sebanyak Rp750 ribu, juara kedua Rp500 ribu serta Rp250 ribu untuk juara ketiga.

Selain itu, tiga karya favorit akan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 100 ribu. Dua puluh karya terbaik nantinya akan dibukukan dengan judul “Pergulatan Pelajar di Masa Covid-19”.

Mahfudz menerangkan, sebagai kota kelahiran Pramoedya Ananta Toer yang merupakan tokoh literasi nasional bahkan dunia dan Tirto Adhi Soerjo yang dijuluki Bapak Pers Nasional, sudah selayaknya Blora menjadi inisiator gerakan menulis.

Harapannya, ke depan akan muncul penulis-penulis handal yang mampu mengharumkan nama Blora di kancah nasional, atau bahkan Indonesia di kancah internasional.

”Ide awal digelarnya kompetisi menulis pelajar ini untuk memantik semangat pelajar, khususnya Blora, untuk menuliskan apa yang ada di pikirannya dan apa yang dialaminya ke dalam sebuah karya. Blora punya nama besar di dunia literasi. Ke depan juga harus ada nama besar lagi yang lahir dari rahim kota ini,” jelas Mahfudz.

Gayung bersambut, kompetisi ini juga direspon bagus dan didukung oleh Bupati Blora H.Arief Rohman, S.IP, M.Si.

Bahkan, bupati Blora yang baru saja dilantik Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada Jumat (26/2/2021) sejak awal berkenan ikut mempublikasikan melalui akun pribadi media sosial (instagram dan facebook).

"Kami haturkan terimakasih atas dukungan Bupati Blora. Semoga kompetisi ini bisa sukses hingga akhir nanti," kata Saifule, panitia lainnya yang juga pewarta media Radar Kudus.

Hal senada disampaikan Abdul Muiz, panitia yang lain. Ia berharap kedepan para pelajar Blora khususnya lebih giat menulis dan membaca.

"Kompetisi ini menjadi pemantik. Sebab kemampuan menulis akan menjadi karya abadi," ucap Muiz yang juga pewarta media Suara Merdeka. 

Sugie Rusyono, salah satu pemrakarsa kompetisi ini mengapresiasi antusias peserta yang telah berpartisipasi mengirimkan karyanya.

"Terimakasih bagi yang sudah berpartisipasi, bagi yang belum, masih ada waktu, kami tunggu," kata dia.

Sementara itu Teguh Rudianto, panitia penyelenggara kompetisi menulis yang lain berpesan kepada para peserta agar tidak berkecil hati jika nanti tidak terpilih sebagai juara.

"Terus berkarya, jangan ragu menulis karya bagus. Terus mengasah kemampuan dan tetap semangat," ucapnya. (TIM DIMKOMINFO BLORA).

    Berita Terbaru

    Umat Katolik Blora Mengenang Sengsara dan Wafat Yesus Kristus Dalam Ibadat Visualisasi Jalan Salib
    29 Maret 2024 Jam 10:04:00

    Umat Katolik Blora mengikuti visualisasi Jalan Salib yang digelar di Gereja Paroki Santo Pius X...

    Bupati Arief Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora
    28 Maret 2024 Jam 19:39:00

    Bupati Blora, Arief Rohman, S.IP., M.Si minta Pemprov Jateng untuk tuntaskan pembangunan jalan...

    RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN LKPJ BUPATI BLORA AKHIR TAHUN ANGGARAN 2023
    28 Maret 2024 Jam 16:31:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, Jawa Tenggah menggelar rapat paripurna...