Seputar Blora

Reporter dan Penyiar Harus Kuasai Jurnalisme Radio


Direktur Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Gagak Rimang Blora Aan Kasiyanto,SE menjadi salah satu narasumber pendidikan kilat virtual peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi Reporter Indonesia Live, Sabtu (27/2/2021).

"Benar, saya ditunjuk sebagai salah satu narasumber pelatihan kilat virtual. Alhamdulillah, berjalan lancar dan ratusan peserta sangat antusias," kata Aan Kasiyanto.
Ia menyampaikan materi tentang jurnalisme radio.

Ia mengatakan, bagi reporter radio, materi itu mungkin sudah tidak asing lagi, tetapi perlu untuk disampaikan sebagai dasar dan acuan yang dipedomani dalam berberita.

Sebanyak 234 reporter radio se Indonesia antusias nengikuti pelatihan kilat hingga selesai.

"Maraknya radio siaran tentu membutuhkan sumber daya manusia khususnya reporter dan penyiar yang menguasai jurnalisme radio," kata Aan.

Menurut dia, berita radio menjawab persoalan apa yang terjadi, dan bagaimana peristiwa tersebut berlangsung.

Sementara itu dikutip dari laman Indonesiapersada.id dijelaskan guna meningkatkan ke profesionalan pewarta radio dan memantapkan program berita indonesia live (Bi Live ), Persatuan Radio TV Publik Daerah Seluruh Indonesia (Indonesisa Persada.Id ) bersama Redaktur Pelaksana Berita Indonesia Live menggelar pendidikan kilat virtual peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) bagi reporter berita Indonesia Live yang diselenggarakan secara daring, pada Sabtu (27/2/2021).

Acara itu dibuka oleh ketua umum Indonesia Persada.id, Saifullah Yusuf (Gus Ipul ) diisi pemateri yang mumpuni di bidangnya masing-masing seperti ketua bidang wartawan elektronik PWI Sumatera Barat Rahadio, Jurnalis senior LPP RRI Anggoro Ananto Puspo, Aan Kasiyanto (Blora), Wahyu Dayu dan Henti Ludiyana dari anggota Redaksi pelaksana Berita Indonesia Live.

Pemimpin Redaksi Berita Indonesia Live Rita Zulkarnain yang juga Wakil Sekjen Indonesia Persada.id menerangkan bahwa berita indonesia live merupakan sajian informasi berita radio produk dari Indonesiapersada.id yang disiarkan secara berjejaring oleh 105 Lembaga Penyiaran Pulbik Lokal (LPPL) radio di seluruh Indonesia anggota Indonesiapersada.id

“Salah satu program dari Indonesiapersada.id adalah siaran berita berjejaring yang kita siarkan serentak pada Senin sampai Jumat," ucapnya.

Dengan diadakannya diklat itu diharapkan membawa manfaat bagi para reporter radio yang mengisi program berita Indonensia live tersebut.

Diungkapkannya, sebagai organisasi profesi khususnya untuk praktisi penyiaran radio “plat merah” milik pemerintah daerah kabupaten/kota se Indonesia, kata Rita, organisasi Indonesia Persada.id yang mempunyai tagline “untuk menyiarkan baik,” bukan hanya memproduksi sajian informasi melalui Berita Indonesia Live saja, tetapi juga banyak program lain yang saat ini masih tetap eksis dijalankan.

Di antaranya program talkshow setiap Senin dengan menggandeng kemitraan bersama kementrian dalam negeri dan lembaga  penyiaran lain.

“Selain berita indonesia live, yang kita siarkan secara serentak, kita juga mempunyai beberapa program talkshow, kerjasama dengan beberapa kementrian dan juga lembaga penyiaran lain, seperti pada program talkshow Nasional Is Me pada setiap Senin pagi jam 10 kita siarkan secara serentak di 105 LPPL," jelasnya. (Tim Dinkominfo Blora)

    Berita Terbaru

    Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan Studi Tiru Penanganan ATS di Blora
    19 April 2024 Jam 16:58:00

    Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Sunaryo, S.Pd.,M.Si, menjelaskan Sistem Informasi...

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi PT. Blora Patra Energi (Perseroda) Periode 2024 - 2026
    18 April 2024 Jam 17:41:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi PT. Blora Patra Energi (Perseroda)...

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perumda Blora Wira Usaha Masa Jabatan 2024 - 2028
    18 April 2024 Jam 17:09:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perumda Blora Wira Usaha Masa...