Seni dan Budaya

Klenteng Hok Tik Bio Blora Dipasang Ratusan Lampion


Ratusan lampion dipasang di Klenteng Hok Tik Bio Blora untuk menyambut tahun Baru Imlek 2572 yang jatuh pada tanggal 12 Februari 2021. Selain dipasang lampion juga dilakukan kebersihan sarana ibadah.

Sekretaris Yayasan Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Klenteng Hok Tik Bio Blora Bambang Suharto mewakili Ketua Yayasan TITD, Budilistijo Suboko, membenarkan ada kegiatan pasang lampion.

“Hari ini ada kegiatan pasang lampion untuk menyambut tahun baru Imlek 2572. Beberapa sarana ibadah juga dirapikan dan dibersihkan,” ucap Bambang Suharto, di Blora, Rabu (10/2/2021).

Pemasangan lampion merupakan tradisi yang dilaksanakan sejak jaman dahulu. Lampion yang terbuat dari bahan ringan melambangkan bahwa pribadi yang rendah hati dan ringan dalam membantu orang lain, senantiasa dapat memudahkan jalan untuk menggapai puncak dari tujuan kehidupan dengan adanya respon sosial yang baik.

Doa-doa terbaik akan secara ikhlas diucapkan oleh orang-orang tercinta. Warna merah dari lampion dijadikan sebagai simbol keberuntungan dan menghindarkan dari hal-hal tidak baik dalam menjalani hidup di tahun-tahun yang akan datang.

Ketika lilin dalam lampion dinyalakan, maka akan muncul pancaran cahaya merah yang memiliki makna filosofis sebagai suatu harapan dan semangat yang selalu menyala.

“Sehingga nantinya dengan berusaha, berdoa, dan berharap yang terbaik kepada Tuhan maka akan diberikan kebahagiaan dan keberuntungan yang akan selalu mengiringi setiap langkah saat menjalani kehidupan,” jelasnya.
Petugas setempat menyebut lebih kurang 160 buah lampion telah dipasang bagian atas, dalam dan luar Klenteng Hok Tik Bio Blora.
Bambang Suharto menjelaskan saat ini situasi Covid-19 di Blora meningkat dan upaya pemerintah untuk menanggulangi serta mencegah persebaran Covid-19 harus didukung dengan menaati protokol kesehatan semaksimal mungkin.

"Tahun ini kita laksanakan secara sederhana. Kegiatan di Klenteng yang berpotensi menyebabkan berkumpulnya umat/warga ditiadakan," ucapnya.

Dengan demikian, tambahnya, rangkaian acara Imlek 2572 Tahun 2021di Klenteng Hok Tik Bio Blora pesta perayaan ditiadakan.

"Kami hanya melakukan sembahyang sebagai ungkapan syukur, mohon berkah keselamatan, kemakmuran bagi bangsa dan negara serta seluruh umat manusia dan agar wabah Covid-19 segera teratasi," kata Bambang Suharto.

Sebagaimana yang diinstruksikan dan disosialisakan pemerintah kabupaten dan pemerintah pusat terkait protokol kesehatan, maka semua umat dan warga diajak terlibat aktif.

"Semua harus disiplin protokol kesehatan. Pakai masker, cuci tangan, jaga jarak, hindari kerumunan, kurangi mobilitas," tambahnya.

Untuk diketahui, sebelum ada pandemi Covid-19 setiap tahun baru Imlek di Klenteng Hok Tik Bio Blora, digelar berbagai acara seperti bakti sosial dan pertunjukan seni barong sai serta liang liong. (Tim Dinkominfo Kab. Blora).  

    Berita Terbaru

    Sebelum Lebaran, Citilink Didorong Buka Penerbangan Blora - Jakarta
    02 Maret 2021 Jam 19:57:00

    Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP, M.Si bersama Kepala Kantor UPBU Kelas III Dewandaru, Ariadi...

    Infografis Monitoring Data Covid-19, Selasa 2 Maret 2021
    02 Maret 2021 Jam 18:26:00

    Peta zonasi risiko persebaran per kecamatan tersebut diharapkan dapat memberikan informasi...

    Kodim 0721/Blora Gelar TMMD Sengkuyung Tahap I 2021 di Dukuh Bulak Gading
    02 Maret 2021 Jam 14:33:00

    Komando Distrik Militer (Kodim) 0721/Blora membuka program pelaksanaan TNI Manunggal Membangun...