Internet Of Things Griya Cerdas Estensi, Inovasi Siswa Jurusan TITL SMKN 1 Blora


Siswa SMK Negeri 1 Blora jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) membuat inovasi baru dalam bidang Internet Of Things (IOT) yang bisa digunakan untuk mengendalikan sejumlah peralatan dengan menggunakan aplikasi. Alat itu diberi nama Griya Cerdas Estensi.

“Dalam masa pandemi, siswa SMKN 1 Blora jurusan TITPL membuat inovasi baru dalam bidang Internet Of Things (IOT),” terang guru pembimbing Produk Kreatif dan Kewirausahaan sekaligus pembimbing Krenova SMKN 1 Blora, Nunuk Sutristityanti, M.Pd, di Blora, Sabtu (5/12/2020).

Menurut Nunuk, alat tersebut dapat digunakan untuk mengendalikan lampu, AC, kipas angin, pompa air, menyiram bunga, tanpa menekan saklar, tetapi cukup menggunakan aplikasi.

“Sehingga dapat mempermudah semua kegiatan walau tidak berada di rumah. Alat ini di ikutkan dalam lomba Kamp Kreatif SMK Indonesia (KKSI) 2020. Alat itu namanya Griya Cerdas Estensi. Jadi di tengah pandemi siswa SMKN 1 Blora tetap berkarya. Tentu saja dengan menerapkan protokol kesehatan,” jelasnya.

Nunuk menyebut, karya inovatif ini sudah dipesan oleh PT ACL Metal Indonesia Bekasi. Bahkan kemungkinan besar ada beberapa perusahaan lain yang juga memesan produk itu. (Dinkominfo Kab. Blora). 


    Berita Terbaru

    RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN LKPJ BUPATI BLORA AKHIR TAHUN ANGGARAN 2023
    28 Maret 2024 Jam 16:31:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, Jawa Tenggah menggelar rapat paripurna...

    Pemkab Blora Gelar Musrenbang RPJPD 2025-2045 dan RKPD 2025
    28 Maret 2024 Jam 13:39:00

    Pemerintah Kabupaten Blora menggelar Musyawarah Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana...

    Tunjangan Hari Raya 2024 Pegawai ASN Pemkab Blora Capai Rp46,3 Miliar
    28 Maret 2024 Jam 09:42:00

    Kepala Badan Pengelolaan, Pendapatan Keuangan, dan Aset Daerah (BPPKAD) Blora, Slamet Pamudji...