Internet Of Things Griya Cerdas Estensi, Inovasi Siswa Jurusan TITL SMKN 1 Blora


Siswa SMK Negeri 1 Blora jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) membuat inovasi baru dalam bidang Internet Of Things (IOT) yang bisa digunakan untuk mengendalikan sejumlah peralatan dengan menggunakan aplikasi. Alat itu diberi nama Griya Cerdas Estensi.

“Dalam masa pandemi, siswa SMKN 1 Blora jurusan TITPL membuat inovasi baru dalam bidang Internet Of Things (IOT),” terang guru pembimbing Produk Kreatif dan Kewirausahaan sekaligus pembimbing Krenova SMKN 1 Blora, Nunuk Sutristityanti, M.Pd, di Blora, Sabtu (5/12/2020).

Menurut Nunuk, alat tersebut dapat digunakan untuk mengendalikan lampu, AC, kipas angin, pompa air, menyiram bunga, tanpa menekan saklar, tetapi cukup menggunakan aplikasi.

“Sehingga dapat mempermudah semua kegiatan walau tidak berada di rumah. Alat ini di ikutkan dalam lomba Kamp Kreatif SMK Indonesia (KKSI) 2020. Alat itu namanya Griya Cerdas Estensi. Jadi di tengah pandemi siswa SMKN 1 Blora tetap berkarya. Tentu saja dengan menerapkan protokol kesehatan,” jelasnya.

Nunuk menyebut, karya inovatif ini sudah dipesan oleh PT ACL Metal Indonesia Bekasi. Bahkan kemungkinan besar ada beberapa perusahaan lain yang juga memesan produk itu. (Dinkominfo Kab. Blora). 


    Berita Terbaru

    SMKN 1 Blora Mengadakan Webinar Sukses AKM 2021
    18 Januari 2021 Jam 22:43:00

    SMKN 1 Blora bekerja sama dengan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kabupaten Blora dan...

    Perkembangan Covid-19 di Blora, Senin 18 Januari 2021
    18 Januari 2021 Jam 15:39:00

    Peta zonasi risiko persebaran per kecamatan tersebut diharapkan dapat memberikan informasi...

    Persebaran Covid-19, Minggu 17 Januari 2021
    17 Januari 2021 Jam 16:00:00

    Peta zonasi risiko persebaran per kecamatan tersebut diharapkan dapat memberikan informasi...