Seputar Blora

Dukung Pilkada Serentak 2020, Dukcapil Tetap Buka Pelayanan Adminduk


Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Blora tetap membuka pelayanan perekaman dan penerbitan KPT elektronik jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 supaya warga bisa menggunakan hak pilihnya.

Pejabat Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dindukcapil Blora Ir. Dewi Tejowati melalui Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dindukcapil Blora Agus Listiyono,S.Sos, M.Si menjelaskan pelayanan perekaman dan penerbitan KTP elektronik  dilaksanakan pada tanggal 28, 29 November 2020.

Kemudian, tanggal 5, 6 dan 9 Desember 2020 mulai jam 08.00 - 12.00 WIB.

"Ini jelang Pilkada serentak 2020 supaya warga bisa gunakan hak pilihnya. Selain itu perekaman keliling juga masih jalan," kataAgus Listiyono, di Blora, Kamis (26/11/2020).

Dijelaskannya, pelayanan penerbitan KTP elektronik selain dilaksanakan di Dindukcapil Kabupaten Blora juga dilaksanakan di seluruh kantor kecamatan oleh operator SIAK yang ada di kecamatan. Sedangkan pelayanan perekaman KTP elektronik dilaksanakan di kantor kecamatan.

Hal itu, menurut Agus Listiyono, memperhatikan surat Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Nomor 270/12615/Dukcapil tanggal 20 November 2020 perihal petunjuk teknis pelayanan Dukcapil mendukung Pilkada Serentak 9 Desember 2020.

Untuk mendukung pelayanan tersebut pihaknya menindaklanjuti dan menyampaikan kepada kepala desa dan kelurahan supaya membuat undangan bagi warga yang belum mempunyai KTP elektronik dan atau belum melakukan perekaman KTP elektronik dengan menyebutkan hari dan tanggal pelayanan.

Hal ini, kata dia, untuk mencegah terjadinya kerumunan pemohon.

Pihaknya juga membuka kantor dan memberikan fasilitas kepada operator SIAK yang bertugas di Dindukcapil Blora.

"Kita juga menyiapkan petugas untuk mengatur antrian, mengukur suhu badan dan mengarahkan pemohon untuk mematuhi protokol kesehatan," jelasnya.

Yaitu menyediakan air dan sabun cuci tangan, penggunaan masker, melakukan pemanggilan dan lainnya. (Dinkominfo Kab Blora).

    Berita Terbaru

    Umat Katolik Blora Mengenang Sengsara dan Wafat Yesus Kristus Dalam Ibadat Visualisasi Jalan Salib
    29 Maret 2024 Jam 10:04:00

    Umat Katolik Blora mengikuti visualisasi Jalan Salib yang digelar di Gereja Paroki Santo Pius X...

    Bupati Arief Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora
    28 Maret 2024 Jam 19:39:00

    Bupati Blora, Arief Rohman, S.IP., M.Si minta Pemprov Jateng untuk tuntaskan pembangunan jalan...

    RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN LKPJ BUPATI BLORA AKHIR TAHUN ANGGARAN 2023
    28 Maret 2024 Jam 16:31:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, Jawa Tenggah menggelar rapat paripurna...