Seputar Blora

Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka di Enam Sekolah Berjalan Lancar


Dinas Pendidikan Kabupaten Blora menyampaikan pelaksanaan uji coba pembelajaran tatap muka yang dipada sejumlah sekolah (SD /SMP) berjalan lancar, bahkan jam tatap muka akan ditingkatkan dari dua kali menjadi tiga kali dalam seminggu.

“Pembelajarannya berjalan lancar, bahkan akan ditingkatkan dari dua kali menjadi tiga kali dalam satu minggu tatap muka. Tentu saja dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” terang Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, Endang Rukmiati, SPd,M.Pd di Blora, Jumat (16/10/2020).

Selain itu, tambahnya, didukung oleh orang tua murid dan dinilai lebih efektif dengan adanya pembelajaran tatap muka dibandingkan secara daring.

Uji coba pembelajaran tatap muka pada masa pandemi Covid-19 dimulai awal September 2020. Enam sekolah yang diizinkan melaksanakan pembelajaran tatap muka yakni SMPN 2 Tunjungan, SMPN 2 Kedungtuban dan SMPN 1 Menden.

Kemudian, SDN 1 Nglebak Kecamatan Kradenan, SDN 1 Gandu Kecamatan Bogorejo dan SDN 1 Ledok Kecamatan Sambong.
Sementara itu, di sejumlah wilayah pinggiran yang tidak terjangkau akses internet akan dilakukan pemasangan tower untuk menunjang sinyal internet.

“Untuk mengantisipasi selama Covid-19 ini dilakukan pembelajaran secara luring atau luar jaringan di daerah yang susah terjangkau jaringan internet. Seperti di Alas Malang, Kecamatan Jati dan beberapa wilayah di Kecamatan Kradenan,” tambahnya.

Pembelajaran secara luring, lanjutnya, antara lain guru berkunjung ke rumah siswa, dengan pertemuan terbatas dan menerapkan protokol kesehatan.

Selain itu, disadari bahwa tidak semua siswa di wilayah pinggiran khususnya, belum mempunyai telepon pintar (android). Beberapa siswa masih menggunakan milik orang tua mereka.

Hingga sekarang ini pihaknya belum membuka pembelajaran tatap muka secara menyeluruh bagi sekolah (SD/SMP) di Blora karena situasinya belum aman Covid-19. (Dinkominfo Kab.Blora).

    Berita Terbaru

    Bupati Arief Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora
    28 Maret 2024 Jam 19:39:00

    Bupati Blora, Arief Rohman, S.IP., M.Si minta Pemprov Jateng untuk tuntaskan pembangunan jalan...

    RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN LKPJ BUPATI BLORA AKHIR TAHUN ANGGARAN 2023
    28 Maret 2024 Jam 16:31:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, Jawa Tenggah menggelar rapat paripurna...

    Pemkab Blora Gelar Musrenbang RPJPD 2025-2045 dan RKPD 2025
    28 Maret 2024 Jam 13:39:00

    Pemerintah Kabupaten Blora menggelar Musyawarah Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana...