Seputar Blora

Dimakamkan di TMP Sukma Kencana Randublatung, Kepala Puskesmas Ngroto Gugur Karena Covid-19


Kepala Puskesmas Ngroto, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Nuryanta, S.Kep,Ners, MM, yang meninggal dunia akibat terpapar virus korona (Covid-19) pada Rabu siang (23/9/2020) dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Sukma Kencana, Kecamatan Randublatung.

Proses pemakaman dilaksanakan sesuai protokol Covid-19 secara tertutup oleh petugas khusus.

Hadir Wakil Bupati Blora, H. Arief Rohman, M.Si memberikan penghormatan terakhir di gerbang TMP Sukma Kencana bersama perwakilan Dinas Kesehatan dan Camat Randublatung, beserta beberapa tenaga kesehatan lainnya.

H. Arief Rohman, M.Si mengungkapkan rasa duka cita atas gugurnya satu tenaga medis yang juga merangkap sebagai Kepala Puskesmas ini.

“Kami mewakili Pemkab serta seluruh masyarakat Blora pada umumnya mengucapkan turut berduka cita atas meninggalnya Pak Nuryanta. Beliau telah mengabdikan dirinya dengan begitu luar biasa dalam penanganan pandemi Covid-19 ini hingga Allah SWT memanggilnya. Semoga husnul khotimah, semua pengabdiannya bisa menjadi amal ibadah dan diterima di sisi terbaik Allah SWT, aamiin,” ungkap H. Arief Rohman, M.Si.

“Pemakaman di TMP Sukma Kencana ini sebagai wujud penghormatan terakhir untuk almarhum yang telah gugur sebagai pahlawan kesehatan dalam tugas penanganan pandemi Covid-19. Semoga ini yang terakhir, jangan sampai ada lagi tenaga kesehatan kita yang jatuh sakit terpapar Covid-19,” tambahnya.

Pihaknya juga memberikan semangat kepada keluarga yang ditinggalkan agar tetap sabar dan kuat dalam menghadapi cobaan ini. Begitu juga kepada seluruh tenaga kesehatan yang saat ini masih terus berjuang menangani pandemi Covid-19 di Kabupaten Blora, agar tetap semangat.

Sampai saat ini menurutnya sudah ada dua tenaga kesehatan yang gugur akibat terpapar Covid-19. Yang pertama adalah dr. Hery Prasetyo (Dokter RSUD dr R.Soetijono Blora) yang meninggal pada 19 Agustus 2020, dan kini Nuryanta S.Kep.Ns, MM (Kepala Puskesmas Ngroto, Kecamatan Cepu). Keduanya dimakamkan di Taman Makam Pahlawan.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Blora, dr. Henny Indriyanti, M.Kes menyampaikan bahwa Nuryanta, S.Kep.Ners, MM meninggal pada Selasa malam (22/9/2020) pukul 23.30 WIB dalam perawatan di RSUD Moewardi Solo.

“Sebelumnya sempat dirawat di Puskesmas Randublatung pada 17 September 2020. Kemudian karena kondisinya memburuk dirujuk ke RSUD Cepu pada 18 September 2020, dan 19 September 2020 dibawa ke RSUD Muwardi Solo. Almarhum mempunyai penyakit penyerta berupa diabetes melitus dan hipertensi,” ucap dr. Henny.

dr. Henny menjelaskan, atas peristiwa tersebut, untuk sementara waktu pelayanan di Puskesmas Ngroto ditutup selama tiga hari, mulai tanggal 23-25 September 2020.

“Terhitung hari ini, pelayanan puskemas di Ngroto kita tutup selama tiga hari. Hal itu untuk dilakukan sterilisasi,” jelas Henny.

Adapun pelayanan kesehatan dialihkan ke puskesmas-puskemas terdekat, salah satunya di Puskemas Cepu. Sedangkan untuk seluruh pegawai puskemas dan keluarga sudah dilakukan tes swab PCR.

Pihaknya juga tengah melakukan tracing dari orang-orang yang pernah melakukan kontak erat dengan almarhum Nuryanta.

“Kemarin setelah diketahui psotif terpapar Covid-19, sudah kami lakukan swab kepada seluruh pegawai. Begitu juga dengan keluarganya. Hasilnya belum keluar. Mudah-mudah negatif,” pungkasnya.

Sedangkan berdasarkan data monitoring dari Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Blora, per 23 September 2020 ini jumlah total sebanyak 396 kasus, rinciannya 339 kasus sembuh, 31 kasus masih dirawat, dan 26 kasus meninggal dunia. (Dinkominfo Kab. Blora/Tim)

    Berita Terbaru

    Kalaksa BPBD Blora : Pos Komando Tanggap Darurat Bencana 2024 Dilaksanakan Lintas Sektoral
    15 April 2024 Jam 13:43:00

    Pemerintah Kabupaten Blora mendirikan pos komando tanggap darurat bencana banjir, tanah longsor...

    Jelang Lebaran Ketupat 2024, Penjual Janur Kelapa Bermunculan di Pasar Tradisional
    12 April 2024 Jam 12:24:00

    Penjual janur kelapa mulai bermunculan di pasar tradisional Blora, Jawa Tengah menjelang Lebaran...

    Aman dan Lancar, Pengamanan Idulftri 1445 H dan Arus Mudik Polres Blora Diapresiasi Bupati
    11 April 2024 Jam 09:49:00

    Bupati Blora Dr. (Chand) H. Arief Rohman, SIP, M. Si menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan...