Berita Terkini

Dandim 0721/Blora Ketua Pelaksana Penggalangan Bulan Dana PMI 2020


Bupati Djoko Nugroho pada Kamis siang (17/9/2020) mengukuhkan Dandim 0721/Blora, Letkol Inf. Ali Mahmudi, SE, sebagai Ketua Pelaksana Penggalangan Bulan Dana PMI Kabupaten Blora tahun 2020. Pengukuhan dilaksanakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati, yang dirangkaikan dengan peringatan HUT ke 75 Palang Merah Indonesia.

“Terimakasih Pak Dandim atas kesediannya menjadi Ketua Bulan Dana PMI Kabupaten Blora 2020. Kami percaya bahwa pekerjaan yang paling mulia dan grade nya paling atas itu adalah bekerja di bidang sosial dan kemanusiaan. Pahalanya paling besar dan rasanya senang bisa membantu sesama,” ucap Bupati.

Bupati juga berpesan bahwa tantangan saat ini adalah melawan pandemi Covid-19 serta ancaman kekeringan atau kesulitan air bersih saat kemarau di bulan September hingga beberapa bulan kedepan.

“Oleh karena itu, kami minta agar berapapun hasil penggalangan bulan dana PMI nanti bisa digunakan untuk penanganan Covid-19 ataupun bantuan air bersih. Program-program anggaran yang sudah dibuat tolong direfokusing untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pencegahan penularan Covid-19,” tambah Bupati.

Karena menurut Bupati, edukasi tentang Covid-19 kepada masyarakat merupakan hal yang sangat penting dilakukan dan merupakan investasi masa depan.

“Kita semua tidak ada yang tahu kapan pandemi ini akan selesai. Maka dari itu edukasi menjadi sebuah investasi masa depan kita. Tolong PMI bisa fokus untuk ini. Jika butuh bantuan logistik bisa minta Pak Sekda,” lanjut Bupati.

Sebelumnya, Bupati juga melepas keberangkatan dua unit truk tanki air bersih PMI Blora yang akan menyalurkan bantuan ke Dukuh Ngetrep Desa Tutup, dan Dukuh Growong Desa Sukorejo (Kecamatan Tunjungan) yang sudah mengalami kekeringan.

Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten Blora, Ir. Sutikno Slamet menyampaikan bahwa pihaknya siap menindaklanjuti arahan Bupati. Dirinya juga mengatakan bahwa PMI telah melaksanakan sejumlah kegiatan dalam upaya pencegahan dan penanggulangan pandemi Covid-19.

“Di antaranya penyemprotan disinfektan di ruang publik, perkantoran, fasilitas umum, penyemprotan disinfektan di lingkungan rumah pasien Covid-19, pembagian masker untuk masyarakat, serta sosialisasi bahaya Covid-19 berikut edukasi pencegahannya. Sedangkan untuk bantuan air bersih rata-rata tiap tahun kami salurkan sebanyak 250 hingga 300 truk tanki. Adapun kegiatan donor darah tetap dibuka selama pandemi Covid-19 sesuai protokol kesehatan,” terang Sutikno Slamet.

Dandim 0721/Blora, Letkol Inf. Ali Mahmudi, SE, dalam sambutannya menyatakan kesiapannya menjadi Ketua Penggalangan Bulan Dana PMI tahun 2020.

“Amanah yang dipercayakan ini akan kita laksanakan dengan sebaik-baiknya. Semoga penggalangan bulan dana PMI kedepan bisa lebih baik lagi meskipun kita semua masih dalam suasana pandemi Covid-19. Justru kondisi ini harus bisa memompa semangat kita untuk menolong sesama,” ucapnya.

Dalam penggalangan bulan dana kali ini, sementara kupon PMI akan dibagikan kepada seluruh masyarakat dengan menggandeng Camat, Lurah, Kades serta para ASN, TNI, Polri. Sedangkan untuk pelajar belum bisa dilaksanakan karena sebagian besar masih belajar daring. Namun tidak menutup kemungkinan akan dikerjasamakan dengan Dinas Pendidikan.

Bulan depan, dalam rangka HUT TNI ke 75, pihaknya dari Kodim 0721/Blora juga akan melaksanakan kegiatan sosial berupa donor darah bersama seluruh anggota guna mencukupi kebutuhan darah di UTD PMI Blora.

Dalam acara tersebut juga dihadiri Ketua Dewan Kehormatan PMI Kab.Blora, Dra. Hj. Umi Kulsum, jajaran Forkopimda, kalangan perbankan dan para Camat serta seluruh pengurus PMI baik tingkat Kabupaten maupun PMI tingkat Kecamatan, plus para relawan. (Dinkominfo Kab. Blora/Tim Prokompim).

    Berita Terbaru

    Berusia 74 Tahun, RSUD dr. Soetijono Blora Punya 6 Inovasi Layanan Kesehatan
    25 April 2024 Jam 17:47:00

    Bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya ke-74, Kamis (25/4/2024), RSUD dr. R. Soetijono...

    Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
    24 April 2024 Jam 00:58:00

    Bupati Blora H. Arief Rohman secara resmi membuka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar, Program...

    PENGUMUMAN PENGADAAN CALON DEWAN PENGAWAS PERUMDA AIR MINUM TIRTA AMERTA KABUPATEN BLORA
    23 April 2024 Jam 10:55:00

    Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi ASN untuk mengisi...