Seputar Blora


Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blora, Sri Rahayu, menyatakan bahwa hujan yang beberapa kali turun di Blora baru mengindikasikan datangnya awal musim pancaroba sehingga belum bisa memastikan bahwa musim kemarau telah usai.

“Dikatakan akan datang musim hujan iya, baru akan. Namun secara umum dari pola angin saat ini masih menunjukan angin dari benua Australia yang mengindikasikan dominasi musim kemarau. Namun angin yang berasal dari benua Asia sudah mulai aktif terutama bagian barat dengan membawa mendung hujan,” kata Sri Rahayu, di Blora, Rabu (2/10).

Dengan Kondisi yang seperti ini, menurutnya cuaca akan tidak menentu. Hujan akan datang tidak menentu dan tidak merata. Intensitasnya bisa sedang – lebat, kadang disertai petir dan angin kencang dengan durasi yang tidak lama.

“Kondisi ini biasanya masih dalam peralihan dari musim kemarau yang akan memasuki musim hujan (Pancaroba). Adapun kapan musim hujannya? Mungkin sekitar pertengahan bulan Oktober,” jelasnya.

Pihaknya terus melakukan kegiatan penyaluran bantuan air bersih ke desa-desa terdampak kekeringan dan belum ada hujan seperti Jati, Kunduran, dan Japah. Hal itu disebabkan hujan yang turun hingga kini belum berpengaruh pada peningkatan debit air di sumur warga.

“Hujan baru membasahi tanah saja, istilah wong jawa baru ngilangi awu (istilah orang Jawa baru menghilangkan debu,” ucapnya.

Lebih lanjut dijelaskan, awal musim hujan 2017/2018 di wilayah Jawa Tengah diperkirakan terjadi paling awal pada bulan Oktober Dasarian I dan paling akhir pada bulan November Dasarian III, yaitu sekitar 72% pada bulan Oktober 2017 dan 28 % pada bulan November 2017.

Sifat hujan musim hujan 2017/2018 di Jawa Tengah diprakirakan sekitar 4% wilayah umumnya Bawah Normal (BN), 78% Normal (N) dan 18% Atas Normal (AN).

“Pada akhir Desember nanti curah hujan sudah tinggi, Dimungkinkan puncak hujan terjadi pada akhir Desember sampai dengan Januari. Meski demikian awal Februari curah hujan juga masih tinggi tetapi kemudian berangsur angsur curah hujan mulai menurun,” ujarnya.

Masyarakat diimbau tetap waspada, karena saat ini cuaca masih tidak menentu. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Umat Katolik Blora Mengenang Sengsara dan Wafat Yesus Kristus Dalam Ibadat Visualisasi Jalan Salib
    29 Maret 2024 Jam 10:04:00

    Umat Katolik Blora mengikuti visualisasi Jalan Salib yang digelar di Gereja Paroki Santo Pius X...

    Bupati Arief Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora
    28 Maret 2024 Jam 19:39:00

    Bupati Blora, Arief Rohman, S.IP., M.Si minta Pemprov Jateng untuk tuntaskan pembangunan jalan...

    RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN LKPJ BUPATI BLORA AKHIR TAHUN ANGGARAN 2023
    28 Maret 2024 Jam 16:31:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, Jawa Tenggah menggelar rapat paripurna...