Seputar Blora

Peringati Hari Pramuka ke-59, Kwarcab Blora Gelar Upacara Renungan dan Ulang Janji


Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Praja Muda Karana (Pramuka) Kabupaten Blora upacara renungan dan ulang janji dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-59 tahun 2020.

Acara dilaksanakan di pendopo joglo Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Blora, Kamis (13/8/2020) malam.

Upacara renungan dan ulang janji kali ini berbeda dari tahun sebelumnya sebab masih dalam situasi pendemi Covid-19.
Jumlah peserta upacara juga dibatasi dengan menerapkan protokol kesehatan. Sedangkan kwartir ranting (kwarran) dari 16 kecamatan mengikuti secara virtual melalui siaran zoom.

Meski demikian pelaksanaan upacara berlangsung khidmat dipimpin oleh Ketua Harian Kwarcab Gerakan Pramuka Blora Kak Slamet Pamuji, SH, M.Hum mewakili Ketua Kwarcab Blora Kak Arief Rohman, M.Si.

Di sela-sela upacara tersebut, seluruh peserta upacara mengulang janji pramuka yang tercantum dalam Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka. Momen ini dilakukan sekaligus mengingatkan kepada para peserta tentang kesetiaan yang harus dipenuhi setiap anggota Pramuka dan berpegang pada 10 pedoman dalam Dasa Dharma.

Upacara Peringatan Hari Pramuka dan Upacara Renungan dan Ulang Janji Pramuka merupakan salah satu pokok rangkaian kegiatan peringatan Hari Pramuka ke 59 Tahun 2020 Tingkat Kwartir Daerah Jawa Tengah dan Kwartir Cabang.

Di sela-sela membacakan sambutan Ketua Kwarcab Blora Kak Arief Rohman, Ketua Harian Kwarcab Gerakan Pramuka Blora Kak Slamet Pamuji, SH, M.Hum menjelaskan tema Hari Pramuka yang diperingati pada tanggal 14 Agustus 2020 adalah Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu dalam Penanggulangan Bencana COVID-19 dan Bela Negara.

Tema tersebut sejalan dengan upaya yang ditunjukkan Kwartir Nasional (Kwarnas) melalui pembentukan Satuan Tugas Penanggulangan COVID-19 dan upaya untuk menggerakkan Pramuka Peduli di seluruh kwartir guna membantu pemerintah daerah mengendalikan wabah, serta membantu warga yang terdampak.

“Saat ini renungan dan ulang janji juga dilaksanakan di tingkat Kwarda yang seharusnya kita juga mengikuti secara daring. Tetapi kita tadi siang memohon ijin kepada Ka Kwarda karena kita juga melaksanakan secara daring serupa,” kata Kak Slamet Pamuji, SH, M.Hum.

Untuk upacara peringatan hari Pramuka, yang seharusnya dilaksanakan 14 Agustus 2020, tetapi karena bersamaan dengan pidato Presiden maka diundur pelaksanaannya pada 25 Agustus 2020 yang dilanjutkan ziarah ke makam tokoh-tokoh Pramuka kabupaten Blora.

“Saya ucapkan terimakasih atas kehadiran Kakak semuanya, juga kepada panitia kecil yang telah menyelenggarakan acara ini dengan bagus,” ucapnya.

Karena ini merupakan pengalaman pertama kita untuk melaksanakan renungan dan ulang janji secara daring, dan kita tidak mengundang banyak peserta karena memang harus patuh protokol kesehatan. Mudah-mudahan tidak mengurangi makna dari renungan dan ulang janji.

“Saya juga mengucapkan terimakasih kepada Saka Milenial yang telah memfasilitasi, mensetting kegiatan ini menjadi kegiatan daring, virtual, sehingga bisa diikuti oleh seruluh Kwarran,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu Kak Slamet Pamuji, SH.M.Hum juga menyapa para peserta yang mengikuti acara secara virtual.

Ketua Kwarcab Blora Kak Arief Rohman,M.Si yang diwakili Ketua Harian Kwarcab Gerakan Pramuka Blora Kak Slamet Pamuji, SH, M.Hum berpesan kepada para pembina pramuka supaya jangan kendor dan tetap semangat dalam upaya membina generasi muda meskipun di tengah pandemi Covid-19.

“Silahkan melakukan inovasi-inovasi baru dengan protokol kesehatan. Karena ini sudah menjadi kwajiban kita untuk mengantarkan anak-anak kita jadi manusia yang berguna bagi bangsa, negara dan agama,” kata dia.

Usai acara dilaksanakan doa dan pemotongan tumpeng yang dinikmati bersama. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Pengambilan Dokumen di Dindukcapil Untuk Sementara Ditunda
    28 September 2020 Jam 17:28:00

    Pengambilan dokumen di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Blora...

    Dokter Galih Puspitasari : Patuhi Prokes, Sayangi Dirimu dan Dirinya
    28 September 2020 Jam 09:15:00

    Menyayangi diri sendiri dan orang tersayang bisa memotivasi selalu waspada dan patuh protokol...

    Perkembangan Covid-19, Minggu, 27 September 2020
    27 September 2020 Jam 15:40:00

    Pemerintah Kabupaten Blora melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 terus...