Seputar Blora

Pustakawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Blora Juara II Lomba Tingkat Provinsi Jawa Tengah


Pustakawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Blora meraih juara II lomba Pustakawan tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2020. Pustakawan DPK Blora yang meraih juara yaitu Mokhammad Farid Rohmawantika,S.Sos.

Kepala Bidang Perpustakaan DPK Blora Nugraheni Wahyu Utami,SP mewakili Kepala DPK Blora Aunur Rofiq, SE, MSi menjelaskan lomba Pustakawan 2020 digelar Perpustakaan Pusat Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia dalam rangka memberikan motivasi, apresiasi serta meningkatkan profesionalisme pustakawan.

Lomba dilaksanakan melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) Provinsi Jawa Tengah dengan diikuti pustakawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten/kota se wilayah provinsi setempat.

“Alhamdulillah. Pelaksanaannya di provinsi, Rabu (12/8/2020). Kami bersyukur, meskipun belum meraih juara I tapi ini adalah prestasi yang membanggakan untuk memotivasi pustakawan di DPK Blora. Semoga kedepan bisa meraih juara I,” ucapnya di Blora, Kamis (13/8/2020).

Kepala Seksi Pembinaan Perpustakaan DPK Blora Arif Chusaini, SE menerangkan dari lomba itu juara I Pustakawan Universitas Muhammadiyah Magelang. Juara II Pustakawan DPK Blora. Juara III Pustakawan IAIN Salatiga. Juara IV Pustakawan Dinarpus Prov Jateng. Juara V Pustakawan DPK Cilacap. Juara VI Pustakawan DPK Kota Salatiga.

“Untuk yang Juara I nanti mewakili Prov. Jateng di tingkat nasional. Semoga Pustakawan DPK Blora tambah semangat dan tahun depan bisa mewakili provinsi Jawa Tengah di tingkat Nasional,” harapnya.

Sementara itu Kepala Seksi Layanan Perpustakaan dan Informasi DPK Blora, Priyadi, S.Sos menyampaikan kriteria dan syarat peserta adalah pejabat pustakawan sebagaimana diatur UU Perpustakaan No 43 tahun 2007 dan Permenpan RB tentang Jabatan Fungsional Pustakawan.

Kemudian, menjabat pustakawan dalam jenjang Ahli. Menyusun & memiliki karya ilmiah kepustakawanan dalam peningkatan budaya literasi di wilayah kerjanya dan telah dilaksanakan. Memenuhi administrasi kepesertaan dan mendapat dukungan dari pimpinan perpustakaan.

“Bersedia mengikuti proses seleksi lomba pustakawan berprestasi tingkat provinsi Jawa Tengah tahun 2020 dengan tertib,” jelasnya.

Mokhammad Farid Rohmawantika,S.Sos, Pustakawan DPK Blora yang menorehkan prestasi untuk kabupaten Blora mengaku sangat bersyukur.

Menurutnya, keberhasilan itu berkat kerja keras, semangat dan dukungan dari pimpinan DPK Blora.

“Semua itu berkat kerja keras, semangat serta dukungan pimpinan dan semuanya di lingkungan DPK Blora,” kata dia.

Dalam paparan yang disampaikan pada saat lomba, dirinya antara lain menyampaikan sehat diterapkan atas dasar motto kepustakawanan.

“Bapak Selamat, Ibu Hebat. Bersama perpustakaan kita wujudkan sekolah literasi masyarakat. Sehingga Blora maju, sejahtera dan bermartabat,” ungkapnya.

Dikatakannya, pada deklarasi World Summit of Information Society–WSIS, 12 Desember 2003 menyebutkan tujuan perpustkaan dan evaluasi kinerja layanan bertujuan membangun masyarakat informasi yang inklusif, berpusat pada manusia dan berorientasi secara khusus pada pembangunan.

Setiap orang dapat mencipta, mengakses, menggunakan, dan berbagi informasi serta pengetahuan hingga memungkinkan setiap individu, komunitas, dan masyarakat luas menggunakan seluruh potensi mereka untuk pembangunan berkelanjutan yang bertujuan pada peningkatan mutu hidup. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Pengambilan Dokumen di Dindukcapil Untuk Sementara Ditunda
    28 September 2020 Jam 17:28:00

    Pengambilan dokumen di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Blora...

    Dokter Galih Puspitasari : Patuhi Prokes, Sayangi Dirimu dan Dirinya
    28 September 2020 Jam 09:15:00

    Menyayangi diri sendiri dan orang tersayang bisa memotivasi selalu waspada dan patuh protokol...

    Perkembangan Covid-19, Minggu, 27 September 2020
    27 September 2020 Jam 15:40:00

    Pemerintah Kabupaten Blora melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 terus...