Berita Terkini

Bupati Blora Serahkan Hewan Kurban Setelah Mengikuti Salat Iduladha di Masjid Agung Baitunnur


Bupati Blora Djoko Nugroho menyerahkan seekor sapi untuk kurban kepada Yayasan Masjid Agung Baitunnur Blora Jumat (31/7/2020). Sapi kurban diserahkan oleh Bupati Blora Djoko Nugroho kepada Ketua Yayasan Masjid Agung Baitunnur Blora, H. Abdul Ghani, SH setelah mengikuti salat Iduladha 1441 Hijriah di masjid agung Baitunnur Blora.

Selain Bupati Blora, sejumlah sapi potong juga diserahkan kepada Pengurus Yayasan Baitunnur Blora di antaranya dr H. Abdul Majid, dr Agung dari RSU Blora, PT Sumber Petrindo Perkasa Menden serta rombongan kurban sapi lainnya. Sejumlah sapi kurban diserahkan di Alun-Alun Blora atau depan masjid agung Baitunnur Blora.

Dalam sambutan Iduladha 1441 Hijriah di masjid agung Baitunur Blora, Bupati Blora mengatakan bahwa kita mengenal hari raya kurban sejak abad-17 sebelum Masehi yang dicirikan dengan ibadah haji.

“Nilai yang dapat kita petik dari peristiwa tersebut adalah kesempurnaan iman dan Islam bagi umat Nabi Muhammad SAW di hadapan Allah SWT dengan melengkapi lima rukun Islam yang terakhir, yaitu, menunaikan ibadah haji,” kata Bupati Blora.

Bila kita mengkaji hikmah yang terkandung dalam Iduladha, menurut Bupati Blora, dimana umat manusia mendapatkan pelajaran, peringatan yang sangat berharga. Yaitu diperintahkannya untuk berkurban dengan melaksanakan penyembelihan hewan kurban, bagi mereka yang memiliki kelebihan rejeki.

“Diperintahkannya melaksanakan ibadah haji bagi mereka yang mampu,” ucapnya.

Dua pelajaran itulah, kata Bupati, yang selalu kita upayakan untuk dapat melaksanakannya dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah SWT.

“Semoga kita yang belum mampu melaksanakan ibadah haji segera diberi petunjuk dan pertolngan untuk mampu melaksanakan ibadah haji sebagai pelengkap rukun Islam,” ujarnya.

Di tahun ini, lanjutnya, umat muslim negara kita tidak melaksanakan ibadah haji ke tanah suci dikarenakan adanya pandemi Covid-19. Tentu hal ini membahwa kesedihan bagi saudara-saudara kita umat muslim yang sudah sangat mendambakan dapat berangkat ke tanah suci.

“Tapi tidak apa-apa, insyaallah niat-niat suci umat muslim di Indoensia dan seluruh dunia sudah tercatat sebagai amalan yang mendapat pahala dari Allah SWT,” terangnya.

Pada kesmempatan itu Bupati Blora mengajak semua umat muslim memohon kepada Allah SWT agar negara kita, Republik Indonesia, khususnya kabupaten Blora selalu mendapat perlindungan dari Allah SWT dari segala marabahaya, baik itu bencana alam, maupun wabah penyakit.

“Semoga pandemi Covid-19 ini segera berakhir dan tidak ada lagi korban jiwa di tengah-tengah kita. Dan kita berdoa semoga tahun depan seluruh umat muslim di belahan dunia manapun dapat kembali menunaikan ibadah haji ke tanah suci,” tambah Bupati.

Bupati juga mengajak semua warga masyarakat tetap terus menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan sehari-hari yang dilakukan.

“Memakai masker, menjaga jarak, cuci tangan memakai sabun dan menghindari kerumunan. Inilah ikhtiar yang harus terus kita jalankan, dengan harapan kita dapat terhindar dari bahaya Covid-19,” lanjut Bupati Blora.

Pelaksanaan salat Iduladha di masjid agung Baitunnur dipimpin oleh imam KH. Muharror Ali. Sedangkan khotib Kepala Pengadilan Agama Blora, Drs H. Ayip, MH.

Panitia penyelenggaraan salat Iduladha masjid Baitunnur membatasi jemaah yang ikut salat dengan menerapkan protokol kesehatan untuk menghindari penularan Covid-19. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Stasiun Kereta Api Kapuan Diharapkan Aktif Kembali
    12 Agustus 2020 Jam 15:34:00

    Pembangunan Bandara Ngloram di Kecamatan Cepu yang berdekatan dengan jalur rel kereta api...

    Pemkab Blora Dukung Kerjasama Pengamanan dan Pengendalian Karhutla
    12 Agustus 2020 Jam 14:50:00

    Bupati Blora H. Djoko Nugroho bersama jajaran Forkopimda menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor)...

    Pejabat Kajari Blora Yang Baru Silaturahmi Bersama Forkopimda
    12 Agustus 2020 Jam 12:10:00

    Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Blora per 11 Agustus 2020 mengalami pergantian pejabat....