Berita Terkini

Resmi Ditutup, TMMD Sengkuyung Tahap II di Desa Japah Telah Selesai Dilaksanakan


Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Kodim 0721/Blora di Desa Japah, Kecamatan Japah, telah selesai dilaksanakan dan resmi ditutup, Rabu (29/7/2020).

Namun kali ini tidak dilaksanakan dengan menggelar upacara penutupan seperti biasanya karena masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Penutupan dilakukan upacara sederhana dan penandatanganan naskah penyerahan hasil proyek TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2020 oleh Dandim 0721/Blora selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD kepada Sekda Komang Gede Irawadi, SE, M.Si mewakili Bupati Blora Djoko Nugroho, disaksikan Forkompimda Blora di Aula Kodim 0721/Blora.

Dandim 0721/Blora Letkol Inf. Ali Mahmudi, S.E., M.M., menyampaikan bahwa TMMD Sengkuyung tahap II 2020 ini merupakan bentuk sinergitas TNI dengan Pemkab dalam menyukseskan pembangunan wilayah, khususnya di pedesaan yang kali ini ditempatkan di Desa Japah, Kecamatan Japah.

“Untuk TMMD di Desa Japah ini ada banyak yang dilaksanakan baik fisik maupun non fisik” kata Dandim Letkol Inf. Ali Mahmudi, S.E., M.M.

Dandim menjelaskan untuk kegiatan fisik, di antaranya adalah pembangunan jalan makadam sepanjang 1300 meter, lebar 3 meter, pembangunan talud sepanjang 290 meter, pembangunan plat beton ukuran panjang 1 meter, lebar 1 meter dan tinggi 1 meter sebanyak 3 unit, pembuatan saluran drainase sepanjang 131 meter dan lebar 1 meter.

"Sedangkan untuk kegiatan non fisik meliputi penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan, penyuluhan narkoba, kamtibmas, dan hukum, penyuluhan peningkatan hasil pertanian, penyuluhan pernikahan dini, donor darah, pelayanan KB, dan pengobatan massal," jelas Dandim.

Pelaksanaan TMMD ini, menurut Dandim, juga besar manfaatnya bagi warga setempat. Hasilnya membuat mereka senang dan puas dengan pembangunan jalan tersebut.

"Meski proses awal tidak mudah dan harus memindahkan tiga rumah warga, namun dengan adanya jalan ini mereka bisa menikmati jalan tersebut," ucap Dandim.

Dandim juga berharap jalan ini nantinya bisa ditingkatkan oleh desa setempat dalam pembangunannya mengingat jalan ini sangat besar manfaatnya bagi warga setempat.

"Jalan ini bisa menjadi jalan pintas sampai pati sehingga dengan adanya jalan ini warga tidak harus putar arah hingga beberapa kilo untuk menuju tempat tujuannya, oleh sebab itu meski masih makadam, kami berharap pemerintah desa bisa meningkatkan pembangunan jalan tersebut, " harapnya.

Sementara itu, Sekda Blora Komang Gede Irawadi, SE, MSi mewakili Bupati Blora mengapresiasi terselenggaranya TMMD Sengkuyung Tahap II.

"Kami ijinkan, Pak Bupati dan Wakil Bupati yang tidak bisa hadir, kami apresiasi pelaksanaan TMMD yang berjalan setiap tahun dan ini luar biasa sekali. Dengan adanya ini terntu saja Pemkab terbantu," kata Sekda Blora.

Sekda mengatakan melihat langsung progres pembangunan jalan dan kegiatan lainnya, anggota TNI saling gotong royong, berbaur dengan masyarakat setempat.

"Bagus sekali, kami mendukung program TMMD ini dan tentu pemkab blora selalu mendukung kegiatan ini," kata Sekda Blora.

Kegiatan TMMD akan terus dilakukan pada tiap tahunnya dengan sasaran lokasi yang berbeda. (Dinkominfo Kab. Blora/Pendim).

    Berita Terbaru

    PENGUMUMAN PENGADAAN CALON DEWAN PENGAWAS PERUMDA AIR MINUM TIRTA AMERTA KABUPATEN BLORA
    23 April 2024 Jam 10:55:00

    Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi ASN untuk mengisi...

    Kolaborasi, BBWS Bengawan Solo dan DPUPR Blora Atasi Longsoran Sungai di Desa Panolan, Gadon dan Kelurahan Ngelo
    22 April 2024 Jam 18:35:00

    Jajaran Bidang Operasi dan Pemeliharaan (OP) Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo...

    Halalbihalal, Membangun Semangat Silaturahmi dan Membumikan Kerukunan
    21 April 2024 Jam 22:21:00

    Camat Kunduran, Blora, Suharto berpesan supaya Ikatan Purnakaryawan Pendidikan dan Kebudayaan...