Berita Terkini

Bupati Blora Minta OPD Bina Warga Kurang Beruntung di Sekitar Kantor


Bupati Blora Djoko Nugroho meminta kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk melakukan pembinaan dan pendampingan kepada warga kurang beruntung di sekitar lingkungan kantor setempat.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Blora dalam konferensi pers di posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19, Senin (27/7/2020).

“Melaluin pembinaan dan pendampingan, diharapkan masyarakat yang kurang beruntung di sekitar kantor OPD, pelan-pelan akan bangkit kembali,” ungkap Bupati Blora.

Pada saat ini, menurut Bupati Blora, sudah ada beberapa OPD yang melakukan pembinaan dan pendampingan, tetapi pada saatnya nanti semua OPD diwajibkan untuk melaksanakan pembinaan dan pendampingan terhadap masyarakat sekitar yang perlu dibantu.

“Nanti semua OPD saya wajibkan untuk melaksanakan pembinaan dan pendampingan terhadap masyarakat sekitar yang perlu dibantu dalam rangka meningkatkan taraf hidupnya,” kata Bupati Blora.

Kalau setiap OPD melakukan pembinaan pendampingan kepada lima orang dari 30 OPD yang ada di Kabupaten Blora, kata Bupati, maka akan ada 150 orang.

“Kalau 50 persen saja yang sukses, Alhamdulillah. Ini harapan kita semuanya. Tolong sebagai OPD dilakukan pembinaan dan pengawasan. Saya minta laporanya tentang program yang sangat clear dari kita ini,” terangnya.

Pada kesempatan itu bupati mengucapkan terimakasih kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kabupaten Blora yang telah memberikan bantuan bagi warga masyarakat selama ini.

“Terimakasih Baznas. Kepada para penerima bantuan tolong digunakan dengan baik, jangan dipakai untuk beli pulsa, beli rokok. Kalau nanti yang dibantu sukses, saya janji akan dapat bantuan lagi,” tambah Bupati.

Tetapi kalau kesempatan ini tidak dimanfaatkan sebaik-baiknya, berarti para penerima tidak berniat untuk maju.

“Harapan saya, ini sukses,” ucap dia.

Pada kesempatan tersebut secara simbolis Baznas Blora dan TKPKD menyerahkan bantuan usaha program program 1 OPD 5 warga dampingan secara simbolis. Bantuan diserahkan oleh Bupati Blora, Sekda Blora Komang Gede Irawadi, SE, M.Si dan Wakil Ketua Baznas Blora, Nur Rohim kepada tiga perwakilan warga penerima.

Adapun bantuan usaha program 1 OPD 5 warga dampingan yang disalurkan yaitu dari Kecamatan Blora. Bantun usaha senilai Rp4.750.000,00 berupa mesin cuci, etalase, setrika timbangan dan lainnya diserahkan lepada Yevi, seorang pengusaha laundry warga Dukuh Gulingan RT 02/RW 04 Desa Tempurejo.

Berikutnya, bantuan usaha program 1 OPD 5 warga dampingan dari Sekretaris Daerah diserahkan kepada Sumiati, pengusaha laundry, warga RT 08/RT 03 Kelurahan Mlangsen Kecamatan Blora. Bantun usaha senilai Rp4.750.000,00 berupa mesin cuci, etalase, setrika timbangan dan lainnya.

Selanjutnya, bantuan usaha program 1 OPD 5 warga dampingan dari Dindagkop UKM Blora diserahkan kepada Siti Fatimah, penjual cilok, warga RT 10/RW 02 Kelurahan Karangjati. Bantun usaha senilai Rp4.000.000,00 berupa gerobak, tenda, kompor gas dan lainnya.

Wakil Ketua Baznas, Nur Rohim menyampaikan Baznas Blora bekerjasama dengan TKPKD pada tahap I program 1 OPD 5 warga dampingan menyalurkan kepada 195 penerima dengan total nilai sebesar Rp565.584.000,00.

Hadir pada kesempatan itu antara lain, Kepala Bappeda Blora Ir Samsul Arif, Kepala Dinsos P3A Dra Indah Purwaningsih, M.Si, Sekretaris Kecamatan Blora Suharto dan Kepala Desa serta Kepala Kelurahan. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
    24 April 2024 Jam 00:58:00

    Bupati Blora H. Arief Rohman secara resmi membuka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar, Program...

    PENGUMUMAN PENGADAAN CALON DEWAN PENGAWAS PERUMDA AIR MINUM TIRTA AMERTA KABUPATEN BLORA
    23 April 2024 Jam 10:55:00

    Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi ASN untuk mengisi...

    Kolaborasi, BBWS Bengawan Solo dan DPUPR Blora Atasi Longsoran Sungai di Desa Panolan, Gadon dan Kelurahan Ngelo
    22 April 2024 Jam 18:35:00

    Jajaran Bidang Operasi dan Pemeliharaan (OP) Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo...