Berita Terkini

Bupati Blora Update Data Sensus Penduduk Online 2020


Bupati Blora, Jawa Tengah, Djoko Nugroho sudah melakukan pendataan mandiri Sensus Penduduk (SP) Online 2020 melalui situs www.sensus.bps.go.id, Selasa (18/2/2020).

Bupati Blora mengisi satu per satu kuesioner SP Online di rumah dinas dengan didampingi Kepala Badan Pusat Statisik (BPS) Blora Drs. Heru Prasetyo, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Drs. Sugiyono, M.Si dan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Riyanto, S.Sos.

“Seluruh ASN wajib mendukung Sensus Penduduk Online. Juga kaum millenial. Alhamdulillah saya sudah update data online,” ucap Bupati Blora.

Kepala Badan Pusat Statistik Blora Drs. Heru Prasetyo menjelaskasn, hingga saat ini kepedulian dan antusias warga masyarakat pada SP Online masih harus dipacu agar sesuai capaian yang diharapkan.

“Masih harus dipacu terus, informasinya, se Jawa Tengah masih rendah. Besok kalau sudah ada monitoringnya kami informasikan, ” katanya.

Dijelaskannya, Sensus Penduduk 2020 (SP2020) Online sudah dimulai hari Sabtu (15/2/2020) dan masyarakat diberikan kesempatan untuk berpartisipasi melakukan pendataan secara mandiri melalui situs www.sensus.bps.go.id.

Adapu tata cara pengisian SP2020 Online. Pertama, masuk ke situs sensus.bps.go.id menggunakan perangkat telepon genggam, komputer, maupun tablet yang terhubung dengan jaringan internet.

Kemudian pilih Bahasa dan masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK) dengan lengkap lalu masukkan kode yang muncul di bawah No. KK dan klik ‘Cek Keberadaan’. Setelah berhasil buatlah kata sandi dan pilih pertanyaan keamanan.

Lalu klik ‘Buat Password’ untuk pengamanan data yang sudah dicatatkan pada SP Online.

Selanjutnya masukkan kata sandi yang sudah dibuat tadi lalu klik ‘Masuk’. Setelah berhasil masuk, bacalah panduan awal pengisian SP Online.

Setelah dibaca klik ‘Mulai Mengisi’ dan selanjutnya ikutilah pentunjuk serta jawablah seluruh pertanyaan dengan jujur dan benar. Seletah semua terjawab, pastikan status data setiap anggota keluarga ’Sudah Update’.

Lalu klik ‘Kirim’ kemudian unduh bukti pengisian dan selesai pengisian SP2020. Informasi kependudukan Anda sebagai dasar perencanaan dan evaluasi pembangunan Indonesia.

“Kerahasiaan infomasi dijamin undang-undang,” tandasnya.

Dikatakannya, SP Online merupakan salah satu terobosan SP 2020 karena menyadari bahwa mobilitas masyarakat sangat tinggi sehingga diberikan kesempatan pada masyarakat untuk berpartisipasi.

“Kami juga ingin meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa mereka memiliki tanggung jawab untuk sadar administrasi,” terangnya.

Periode SP Online dimulai pada 15 Februari - 31 Maret 2020 dan bagi penduduk yang belum mengikuti SP Online akan didatangi petugas sensus untuk melakukan SP Wawancara dengan menggunakan HP/Tablet atau kuesioner kertas selama bulan Juli 2020 mendatang. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan Studi Tiru Penanganan ATS di Blora
    19 April 2024 Jam 16:58:00

    Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Sunaryo, S.Pd.,M.Si, menjelaskan Sistem Informasi...

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi PT. Blora Patra Energi (Perseroda) Periode 2024 - 2026
    18 April 2024 Jam 17:41:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi PT. Blora Patra Energi (Perseroda)...

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perumda Blora Wira Usaha Masa Jabatan 2024 - 2028
    18 April 2024 Jam 17:09:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perumda Blora Wira Usaha Masa...