Berita Terkini

Pengurus FKUB Masa Bakti 2019-2024 Dikukuhkan


Pemerintah Kabupaten Blora, melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik menggelar pengukuhan pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Blora masa bakti 2019-2024 di pendopo rumah dinas bupati Blora, Selasa (18/2/2020).

Pengukuhan pengurus FKUB dipimpin langsung oleh Bupati Djoko Nugroho, disaksikan Danrem 073/Makutarama, jajaran Forkopimda, Ketua FKUB Provinsi Jawa Tengah, dan Kepala Kantor Kemenag Blora.

“Jumlah keseluruhan ada 125 undangan yang hadir. Adapun pengurus FKUB Blora 2019-2024 yang dikukuhkan berdasarkan SK Bupati nomor 223/1799/2019 tanggal 11 November 2019 diketuai oleh H. Ishad Shofawi,” ucap Kepala Kantor Kesbangpol Blora, Wahyu Jadmiko, S.STP.

Wakil ketua dijabat oleh pendeta Yulius Sukarno, S.Th, MBA dan H. Mohammad Fatah, S.Ag, M.Ed. Kemudian sekretaris dijabat Fathul Himam, S.Ag, M.Pd.I, wakil sekretaris pendeta Yosua Sudarso, S.Th. Bendahara dijabat Amalia Winarni, SE.

Sedangkan anggotanya Yohanes Maria Hendro Cahyono, I Nyoman Arta, Ngatno, S.Pd.B, Liantini, H. Sukisno, S.Ag, M.Pd.I, H. Immawan Eko Fakhrudin, S.Ag, MM, Agus Rianto, S.Th, Drs. H. Masfuin, M.Pd.I, Drs. H. Djoko Santoso, M.Pd, H. Sumaidi, S.Ag, M.Pd.I, dan Drs. Nuril Asrori, M.Hum.
“Semuanya dari berbagai tokoh agama yang ada di Kabupaten Blora,” kata Kepala kantor Kesbangpol Blora.

Pada kesempatan itu, usai memimpin pengukuhan, Bupati Blora menyampaikan arahan terkait pentingnya menjaga kerukunan umat beragama kepada seluruh pengurus FKUB dan para tamu undangan.

“Kerukunan umat beragama sangatlah penting untuk terus dijaga. Negara ini sangatlah besar dan luas, mulai dari Sabang hingga Merauke, kemudian Miangas sampai Rote,” katanya.

Semuanya terdiri dari berbagai agama, suku, bahasa dan kepercayaan. Oleh sebab itu adanya FKUB ini diharapkan bisa membantu pemerintah dalam menjaga kondusifitas NKRI.

Menurut Bupati, tugas FKUB tidak membahas ajaran agama, namun lebih kepada cara penerapannya di tengah masyarakat agar semuanya bisa berjalan bersama-sama tanpa adanya gesekan.

“Pendidikan Agama memang penting, namun jangan kemudian memisahkan anak-anak kita dari lingkungannya. Biarkan mereka berinteraksi dengan keberagaman yang ada agar tidak terkotak-kotak,” jelas Bupati Blora.
FKUB, lanjutnya, tidak hanya untuk saat ini saja, namun juga untuk masa depan. Jika FKUB kerjanya bagus, insyaAllah semuanya aman, damai, sejahtera.
“TNI dan Polri tugasnya semakin ringan,” lanjut Bupati.

Bupati Blora menyampaikan, bulan September nanti Blora akan menyelenggarakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2020 sehingga FKUB bisa mengambil peran untuk terus melakukan pendekatan secara persuasif kepada masyarakat agar tidak muncul isu SARA menjelang dan selama kampanye berlangsung.

Dalam acara tersebut juga dilakukan penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah Pemerintah Kabupaten Blora dengan Danrem 073/Makutarama, Polres Blora, dan Sub Detasemen PM IV/3-1 Blora tentang pelaksanaan dana hibah pengamanan pemilihan Bupati Kabupaten Blora Tahun 2020.

Sementara itu, Ketua FKUB Blora yang baru saja dikukuhkan, H. Ishad Shofawi menyampaikan bahwa dirinya bersama seluruh anggota siap mengemban tugas sesuai arahan yang disampaikan Bupati.

“Kami dikukuhkan bukan atas pencalonan atau pengajuan dari diri masing-masing. Namun ditunjuk dan dipercaya oleh Bapak Bupati bersama tim nya dari Kemenag, Kesbangpol dan lainnya,” katanya.

Sehingga, kata dia, merupakan kehormatan yang harus dijalankan sebaik mungkin.

“Mohon dukungannya dari seluruh pemangku kebijakan terkait,” ujar H Ishad Shofawi.

Acara ditutup dengan penyelenggaraan Sarasehan Kerukunan Umat Beragama dengan narasumber Kepala Kantor Kemenag Blora dan Ketua FKUB Provinsi Jawa Tengah.

Turut hadir dalam acara tersebut para Kepala OPD, Camat se Kabupaten Blora, dan Kalur/Kades se Kecamatan Blora Kota. (Dinkomifo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi PT. Blora Patra Energi (Perseroda) Periode 2024 - 2026
    18 April 2024 Jam 17:41:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi PT. Blora Patra Energi (Perseroda)...

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perumda Blora Wira Usaha Masa Jabatan 2024 - 2028
    18 April 2024 Jam 17:09:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perumda Blora Wira Usaha Masa...

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi Perumda Blora Wira Usaha Periode 2021 - 2026
    18 April 2024 Jam 17:06:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi Perumda Blora Wira Usaha Periode 2021...