Berita Terkini

Polri Sukses Gelar Baksos dan Bakkes di Lapangan Kridosono


Bakti Sosial (Baksos) dan Bakti Kesehatan (Bakkes) bagi masyarakat sukses dilaksanakan oleh Polisi Republik Indonesia (Polri) di lapangan Kridosono, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Sabtu (15/2/2020).

Sebanyak 5.000 paket sembako, tali asih dan pelayanan kesehatan diberikan kepada warga masyarakat dengan gratis.

Bakti sosial dengan tema merajut kebhinekaan membangun kebersamaan guna mewujudkan Indonesia Sehat berlangsung aman dan lancar dengan dihadiri Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabahharkam) Komjen Polisi Drs. Agus Andrianto, S.H, M.H.

Bupati Blora Djoko Nugroho yang hadir bersama Wakil Bupati H. Arief Rohman dan Forkopimda Blora dalam sambutannya menyatakan bangga dan menyampaikan terimakasih kepada Kabaharkam Polri yang merupakan asli putra daerah Blora.

Kunjungan yang dilaksanakan selama dua hari, Jumat (14/2/2020) hingga Sabtu (15/2/2020) membawa manfaat bagi warga masyarakat kabupaten Blora.

“Bahwa dengan rasa hormat, bangga, respek. Saya mengucapkan selamat datang kepada Komjen Polisi Agus Andrianto di Kabupaten Blora, beserta jajarannya. Sungguh merupakan satu kebanggaan,” kata Bupati Blora Djoko Nugroho.

Bupati Blora Djoko juga menyampaikan bahwa luas kabupaten Blora kurang lebih 190 ribu hektare. Dimana sebagian adalah hutan jati. Dari luas tersebut, kata Bupati, terbagi atas 271 desa dan 24 kelurahan serta 16 kecamatan.

“Jumlah penduduk kita kurang lebih 860 ribu jiwa. 138 ribu hidup di tengah hutan, kalau kita total ada 220 ribu jiwa. Tingkat kemiskinan kabupaten Blora pas di bawah strip rata-rata di Jawa Tengah,” jelasnya.

Terkait kesehatan, bupati Blora menyampaikan stunting di Blora masih tinggi termasuk kemiskinan dinilai masih tinggi.

“Jadi kedatangan Kabaharkam Polri dengan bakti sosial, bawa sembako, memberikan pengobatan gratis pada masyarakat kabupaten Blora adalah tindakan yang sangat tepat. Oleh karena itu saya ucapkan terimakasih,” jelasnya.

Disampaikan lebih lanjut oleh Bupati Blora, kedatangan Komjen Polisi Drs. Agus Andrianto, S.H, M.H menjadi berkah bersama.

“Bejo kemayangan awake dewe (Sangat Beruntung kita semuanya, red). Beliau sekarang pangkatnya Komjen, bitangnya tiga. Satu bintang lagi jendral penuh. Beliau adalah asli putra daerah Blora, rumahnya Mlangsen, ” jelas Bupati di hadapan ribuan warga masyarakat.

Dahulu, kata Bupati, Bapak Komjen Pol Agus Andrianto (almarhum Sukarsono) pada tahun 1972- 1982 adalah salah satu Camat di Kabupaten Blora.

Kabaharkam Polri Komjen Pol Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H dalam sambutannya mengatakan bahwa, kedatangannya ke Blora adalah membawa misi dari Kapolri Jendral Polisi Idzam Aziz bahwa Polri mendukung penuh kebijakan Presiden Republik Indonesia untuk mewujudkan Indonesia yang sehat dan sejahtera.

"Kami mewakili Kapolri sebagai pembantu presiden, selain untuk silaturahmi, kegiatan ini juga untuk penguatan harkamtibmas," ucap Kabaharkam

Menurutnya, kesehatan dan kesejahteraan erat sekali kaitannya dengan kamtibmas, jika masyarakat sehat dan sejahtera, maka situasi kamtibmas pun bisa kondusif.

"Untuk itulah kami gelar bakti sosial di Blora, selain untuk melalui bakti sosial juga untuk bersilaturahmi dengan saudara, keluarga, teman, sahabat dan seluruh warga kabupaten Blora," kata Komjen Polisi Agus Andrianto.

Dijelaskannya, kepolisian akan terus peduli kepada masyarakat khususnya dalam hal kesehatan sehingga jika ada masyarakat Blora yang sakit dan tidak mampu untuk berobat agar disampaikan kepada Bhabinkamtibmas maupun Babinsa untuk selanjutkan dikoordinasikan dengan Rumah Sakit Bhayangkara terdekat.

“Kalau ada warga yang sakit dan tidak mampu untuk berobat, silahkan disampaikan kepada Bhabinkamtibmas maupun Babinsa untuk selanjutkan dikoordinasikan dengan Rumah Sakit Bhayangkara terdekat,” tandasnya.

Pada kesempatan itu secara simbolis diserahan paket sembako dan tali asih kepada warga masyarakat oleh Kabaharkam Polri bersama Bupati, Wakil Bupati dan Forkopimda Blora serta pejabat dari Polri.

Bahkan, ketika meninjau stand, Kabaharkam menyempatkan untuk donor darah sebelum meninjau stand berikutnya.

Ketika tiba di stand kesehatan gigi, Kabaharkam didampingi Karo PID Divhumas Polri Brigjen Pol Drs. Syahar Diantono, M.Si dan Pejabat Utama Polri, serta Forkompinda Blora disambut meriah oleh anak-anak pramuka.

Kabaharkam Polri pun menyalami anak Pramuka tersebut dan menyempatkan diri untuk diskusi tentang kesehatan gigi.

"Siapa giginya yang paling bersih ?" tanya Kabaharkam kepada anak pramuka.

Spontan dua anak Pramuka maju dan menunjukan gigi bersihnya. Keduanya diberi hadiah. Selain itu juga menitipkan tali asih kepada guru pengajar yang mendampingi.

Mahira, salah satu anak pramuka tersebut mengaku senang bisa tanya jawab dengan Jendral Bintang Tiga kelahiran Blora tersebut.
"Senang, bisa bercerita dengan polisi, cita-cita saya menjadi polisi," ucap Mahira.

Untuk diketahui dalam bakti sosial Polri kali ini, selain pembagian sembako gratis juga ada pengobatan gratis, khitanan masal, pengecekan gula darah, pemeriksaan psikologi serta donor darah.

Dalam bakti sosial tersebut hadir langsung mendampingi Kabaharkam Polri di antaranya Kakorpolairud Kakorbinmas Irjen Pol Risyapudin Irjen Pol. Lotharia Latif, Kakorsabhara Irjen Pol Bambang Ghiri, Karo Psikologi SSDM Polri Brigjen Pol Yudawan R, Karo PID Divhumas Polri Brigjen Pol Syahar Diantono, Dirbinpotmas Brigjen Pol Edy Murbowo dan Pejabat Utama Polri serta Pejabat Utama Polda Jawa Tengah. (Dinkominfo Kab. Blora).



    Berita Terbaru

    Berusia 74 Tahun, RSUD dr. Soetijono Blora Punya 6 Inovasi Layanan Kesehatan
    25 April 2024 Jam 17:47:00

    Bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya ke-74, Kamis (25/4/2024), RSUD dr. R. Soetijono...

    Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
    24 April 2024 Jam 00:58:00

    Bupati Blora H. Arief Rohman secara resmi membuka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar, Program...

    PENGUMUMAN PENGADAAN CALON DEWAN PENGAWAS PERUMDA AIR MINUM TIRTA AMERTA KABUPATEN BLORA
    23 April 2024 Jam 10:55:00

    Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi ASN untuk mengisi...