Berita Terkini

Bupati Ajak Kerja Keras Tangani Stunting


Bupati Blora Djoko Nugroho menyampaikan bahwa penyebab utama stunting adalah mindset (pola pikir) yang sudah lama tertanam sehingga sangat perlu kerja keras menanganinya.

Hal itu disampaikannaya ketika membuka rapat koordinasi (rakor) konvergensi stunting yang diikuti seluruh stakeholder terkait se Kabupaten Blora di Ruang Rertemuan Setda Blora, Rabu (12/2/2020).

“Penyebab utama dari stunting adalah mindset, pola pikir yang sudah tertanam sejak lama bahwa sesuatu yang salah itu benar. Itu perlu kerja keras kita untuk menanganinya,” kata Bupati.

Penanganan stunting, menurut Bupati, merupakan investasi jangka panjang, dimana generasi muda perlu diedukasi dan dijaga perkembangannya sejak dini. Bupati juga berharap untuk dinas terkait untuk mengecek KPM yang beredar.

Bupati juga mengapresiasi apa yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan untuk melakukan pengembangan lokus stunting, sehingga orientasi pencegahan stunting bisa semakin baik dan fokus.

Semua stakeholder yang ada diharapkan bisa fokus untuk pencegahan stunting. Tidak hanya Dinas Kesehatan saja, namun juga stakeholder yang lainnya.

“Saya berharap semua stakeholder yang ada bisa mengeroyok dari segala lini untuk pencegahan stunting ini, jangan sampai menjadi bencana kemanusiaan,” lanjut Bupati.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, Lilik Hernanto, SKM, M.Kes, dalam laporannya menyampaikan bahwa saat ini di Blora terdapat 10 desa lokus stunting usia 0 - 23 bulan berdasarkan prioritas pusat (TNP2K).

Pemkab Blora, menurut Lilik telah menetapkan lokus stunting dikembangkan menjadi 39 desa di 2018. Hingga akhir 2019tinggal 26 desa.

Usai pembukaan, rakor dilanjutkan dengan pemaparan materi dari narasumber baik dari Dinas Kesehatan maupun dari Direktorat Gizi Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI, Dakhlan Choerun, S.KM, M.Km.

Hadir dalam acara ini seluruh Kepala OPD terkait, para Camat, Kepala Puskesmas se Kabupaten Blora, serta Kepala Bagian di lingkup Setda Blora. (Dinkominfo Kab. Blora/Tim).

    Berita Terbaru

    Berusia 74 Tahun, RSUD dr. Soetijono Blora Punya 6 Inovasi Layanan Kesehatan
    25 April 2024 Jam 17:47:00

    Bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya ke-74, Kamis (25/4/2024), RSUD dr. R. Soetijono...

    Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
    24 April 2024 Jam 00:58:00

    Bupati Blora H. Arief Rohman secara resmi membuka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar, Program...

    PENGUMUMAN PENGADAAN CALON DEWAN PENGAWAS PERUMDA AIR MINUM TIRTA AMERTA KABUPATEN BLORA
    23 April 2024 Jam 10:55:00

    Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi ASN untuk mengisi...