Berita Terkini

Diharapkan CPNS Berkualitas Melalui Tes CAT


Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Blora Komang Gede Irawadi, SE, M.Si meninjau penyelenggaraan seleksi CPNS Kabupaten Blora Formasi 2019 yang dilakukan dengan ujian (Computer Assisted Test) CAT di Auditorium GPH Haryo Mataram Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

Peninjauan ini dilakukan untuk mengetahui proses pelaksanaan tes CAT seleksi CPNS Kabupaten Blora tahap demi tahap. Tahapan tersebut dimulai dari penitipan barang, registrasi, pemeriksaan, pengarahan hingga masuk ke ruang tes.

Komang menyatakan bahwa pelaksanaan Seleksi CPNS Kabupaten Blora tahun ini sudah lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya.

"Ya, tahun ini pelaksanaannya sudah jauh lebih baik, lebih rapi, lebih terkoordinir dibandingkan dengan tahun-tahun lalu,” ucap Komang, di Blora, Selasa (11/2/2020).

“Saya berharap, melalui seleksi yang ketat ini akan terjaring Calon-calon Pegawai Negeri Sipil yang berkualitas, yang dapat memberikan kontribusi positif bagi kemajuan Kabupaten Blora ke depan,” harapnya.

Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) CPNS Kabupaten Blora Formasi 2019 ini dilaksanakan selama 6 hari hingg Minggu (16/2/2020).
Sebanyak 561 formasi diperebutkan oleh 10.212 peserta yang berasal dari berbagai daerah. Dalam 1 hari terdapat 5 sesi seleksi, yang diikuti sebanyak 450 peserta tiap sesinya, dan dilaksanakan dengan menggunakan sistem CAT.

Dengan jumlah soal sebanyak 100 soal yang harus diselesaikan dalam waktu 90 menit, Passing Grade Seleksi CPNS Formasi 2019 ditentukan sebagai berikut: Tes Wawasan Kebangsaan 65 poin, Tes Intelejensi Umum 80 poin, dan Tes Karakteristik Pribadi 126 poin.

Pada kesempatan itu, Komang juga memberikan motivasi bagi para peserta Seleksi Sesi ke-3. Dia meminta agar para peserta tidak grogi, sehingga dapat mengerjakan setiap soal dengan baik.

“Saya minta adik-adik ini tidak grogi saat mengerjakan soal-soal ujian, agar mendapat hasil maksimal. Jangan lupa berdoa,” pesan Komang.

Hasil CAT SKD akan langsung diumumkan di papan pengumuman dan laman resmi BKD Kabupaten Blora.

Turut hadir mendampingi Sekda Blora yaitu Asisten Administrasi Umum, dr. Henny Indriyanti, M.Kes. Inspektur Blora, Drs. Kunto Aji, dan Plt. Kepala BKD, Heru Eko Wiyono, SE, M.Si.

Sementara itu, Denny Kusuma (30), salah satu peserta seleksi CPNS asal Blora, mengaku senang karena kali ini pelaksanaannya lebih tertata daripada tahun lalu. Nilainya juga lebih bagus-bagus daripada seleksi CPNS sebelumnya.

“Alhamdulillah tadi lancar, nilainya langsung keluar dan memenuhi passing grade. Semoga bisa lolos ke tahapan selanjutnya. Mohon doanya,” ucap Deni (Dinkominfo Kab Blora/Tim)

    Berita Terbaru

    Bupati Arief Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora
    28 Maret 2024 Jam 19:39:00

    Bupati Blora, Arief Rohman, S.IP., M.Si minta Pemprov Jateng untuk tuntaskan pembangunan jalan...

    RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN LKPJ BUPATI BLORA AKHIR TAHUN ANGGARAN 2023
    28 Maret 2024 Jam 16:31:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, Jawa Tenggah menggelar rapat paripurna...

    Pemkab Blora Gelar Musrenbang RPJPD 2025-2045 dan RKPD 2025
    28 Maret 2024 Jam 13:39:00

    Pemerintah Kabupaten Blora menggelar Musyawarah Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana...