Berita Terkini

Universitas Terbuka Bangun Gedung SALUT di Blora


Wakil Bupati Blora H. Arief Rohman,M.Si meresmikan Gedung Sentra Layanan Universitas Terbuka (SALUT) Mustika, Rabu (5/2/2020). Gedung yang beralamat di jalan Blora-Rembang Kilomoter 1 tersebut dibangun sebagai salah satu bukti bahwa keberadaan Universitas Terbuka (UT) di kabupaten Blora terus berkembang.

Ketua SALUT Mustika Blora, Sumarno, SE, MM, dalam laporannya menyampaikan bahwa pendirian gedung baru ini ditujukan untuk meningkatkan pelayanan pendidikan tinggi kepada para mahasiswa yang ada di Kabupaten Blora, sekaligus untuk media promosi kepada masyarakat umum.

“Sebelumnya kami berkedudukan di Jl.Kolonel Sunandar nomor 58 Blora, kini sudah punya gedung baru 2 lantai di Jl.Blora-Rembang Km 1 Karangjati ini. Semoga bisa meningkatkan pelayanan kami kepada para mahasiswa dan masyarakat,” ucap Sumarno.

Menurutnya, gedung itu dilengkapi dengan sarana ruang pertemuan, dan laborat komputer sehingga bisa dimanfaatkan untuk perkuliahan jarak jauh yang diselenggarakan UT secara online.

Jadi, menurut Sumarno, mahasiswa bisa kuliah jarak jauh dengan online disini. Selain itu SALUT ini juga sebagai tempat pelayanan akademik dan pelayanan administrasi.

“Hal itu mengingat jumlah mahasiswa UT di Blora saat ini mencapai sekitar 1200 orang. Maka ini akan sangat membantu,” tambahnya.

Sementara itu, Staf Khusus Wakil Rektor IV UT, Drs. Syaiful Munir, M.Si, mewakili pimpinan pusat UT dari Jakarta mengaku senang dan bangga terhadap perkembangan UT Pokjar Blora yang begitu cepat.

“Tahun lalu, saya lupa bulan apa, pernah ke Blora. Saat itu UT masih numpang di Dinas Pendidikan. Alhamdulillah tahun ini sudah punya gedung sendiri yang megah guna pelayanan akademik dan perkuliahan jarak jauh untuk mahasiswa,” katanya.

Menurut dia, itu kemajuan yang luar biasa. Apalagi jumlah mahasiswanya juga meningkat dari tahun lalu 800 orang sekarang jadi 1200.

Ia menilai, itu adalah perkembangan Pokjar UT yang terbaik se Indonesia dan merupakan wujud dukungan UT untuk turut serta meningkatkan kualitas SDM di Kabupaten Blora yang disambut positif oleh masyarakat.

“Beginilah cara UT untuk mendukung peningkatan kualitas SDM di daerah. Perkuliahan dengan tatap muka tidak mungkin bisa menjangkau seluruh wilayah negeri,” jelasnya.

Oleh karena itu, UT hadir ke seluruh daerah untuk mengambil peran itu dengan perkuliahan jarak jauh secara online. Terbukti di Blora banyak peminatnya.

“Semoga semakin berkembang dan didukung oleh Pemkab Blora,” terangnya.
Wakil Bupati H. Arief Rohman M.Si, dalam peresmian gedung SALUT Mustika mengucapkan selamat kepada UPBJJ-UT Semarang Pokjar Blora yang telah berhasil membangun gedung baru untuk sarana pendidikan.

“Kami mewakili Bupati, mengucapkan selamat dan sukses atas diresmikannya gedung SALUT Mustika Blora. Namanya saja sudah bagus, SALUT. Maka kami juga salut kepada UT yang terus semangat meningkatkan kualitas sarana pendidikannya di Blora,” ujar Wakil Bupati.

Disampaikan bahwa Pemkab siap untuk bekerjasama dengan UT dalam rangka peningkatan SDM di Kabupaten Blora.

“Program-program apa saja yang sekiranya bisa kita kerjasamakan, tolong Dinas Pendidikan bisa merancangnya. Nanti agar bisa dijalin MoU antara Bapak Bupati dengan UT,” ucapnya,

Mungkin, lanjut Wakil Bupati, tentang beasiswa, pengabdian masyarakat, maupun penelitian-penelitian yang bisa dirasakan manfaatnya untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

Pemkab Blora terus terbuka dengan berbagai perguruan tinggi dalam rangka peningkatan kualitas SDM yang memang menjadi salah satu fokus pembangunan. Baik pembangunan daerah maupun pembangunan nasional.

Selain nantinya dengan UT, sebelumnya Pemkab Blora juga telah menjalin MoU dengan beberapa perguruan tinggi dalam rangka peningkatan SDM, seperti dengan UGM Yogyakarta, IPB Bogor, Udinus Semarang, UNY Yogyakarta, hingga Kementerian Kesehatan yang saat ini sedang mengembangkan Kampus IV Poltekkes Kemenkes Semarang di Blora.

Pada kesmepatan itu Wakil Bupati Blora H. Arief Rohman, M.Si hadir didampingi Staf Khusus Wakil Rektor IV UT, Drs. Syaiful Munir, M.Si, Direktur Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ)-UT Semarang, Dra. Barokah Widuroyekti, M.Pd, dan jajaran Forkopimda, dengan pemotongan untaian bunga di depan pintu utama gedung. (Dinkominfo Kab. Blora/Tim)


    Berita Terbaru

    Umat Katolik Blora Mengenang Sengsara dan Wafat Yesus Kristus Dalam Ibadat Visualisasi Jalan Salib
    29 Maret 2024 Jam 10:04:00

    Umat Katolik Blora mengikuti visualisasi Jalan Salib yang digelar di Gereja Paroki Santo Pius X...

    Bupati Arief Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora
    28 Maret 2024 Jam 19:39:00

    Bupati Blora, Arief Rohman, S.IP., M.Si minta Pemprov Jateng untuk tuntaskan pembangunan jalan...

    RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN LKPJ BUPATI BLORA AKHIR TAHUN ANGGARAN 2023
    28 Maret 2024 Jam 16:31:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, Jawa Tenggah menggelar rapat paripurna...