Blora Expo 2019, Dinkominfo Tampilkan Produk Inovasi Teknologi dan Gelar Wicara Live Streaming


Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora, Jawa Tengah menampilkan produk inovasi teknologi dan gelar wicara (talk show) live streaming melalui Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Gagak Rimang pada Blora Expo 2019 di Jalan Pemuda Blora.

Bersama 85 stand peserta Blora Expo 2019, Dinkominfo Blora menyapa dan mengajak wawancara para pengunjung kemudian dikenalkan serta diberi penjelasan terkait tugas pokok dan fungsinya.

Bupati Blora Djoko Nugroho juga berkenan gelar wicara live streaming di antara kerumunan pengunjung pada saat pembukaan Blora Expo 2019 yang diselenggarakan melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Blora, Jumat (13/12/2019).

“Blora Expo ini kan setiap tahun kita laksanakan. Kita pingin tampilkan kepada masyarakat sejauh mana karya-karya kita yang sudah ada setahun ini sehingga masyarakat tahu,” kata Bupati Blora ketika diwawancarai langsung oleh penyiar LPPL Radio Gagak Rimang.

Syukur-syukur, lanjut Bupati Blora, di tampilan ini ada temuan baru sehingga bisa memberikan informasi apa saja kepada masyarakat seperti cara pelayanannya, teknologinya, termasuk inovasi yang sudah dilaksanakan.

Sementara itu di hadapan Bupati Blora dan Forkopimda, Kepala Dinkominfo Kabupaten Blora Drs. Sugiyono, M.Si memberi penjelasan terkait manfaat dan kecanggihan produk teknologi seperti Closed Circuit Television (CCTV) atau kamera pengintai.

“Kami ingin satu CCTV bisa digunakan bersama, misalnya untuk Polres, Perhubungan dan Sat Pol PP dengan resonansi yang tinggi termasuk untuk video conference,” kata Kepala Dinkominfo Kabupaten Blora.

Disampaikan lebih lanjut, bahwa masyarak Blora bisa mengakses berbagai informasi dengan telepon genggan (hand phone) android dengan cara mengunduh aplikasi Blora Kuncara.

Melalui stand pameran Blora Expo 2019, juga disosialisasikan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora telah meluncurkan pemanfatan aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) - Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N).

Aplikasi tersebut diluncurkan sebagai tindak lanjut yang dilatarbelakangi surat edaran Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dani Reformasi Birokrasi (PANRB) nomor 4 tahun 2016 tentang pengintegrasian pengaduan publik secara nasional.

“Yang tujuannya, antara lain agar seluruh penyelenggara mengimplementasikan pengelolaan pengaduan pelayanan publik yang terintegrasi berbasis teknologi informasi dengan aplikasi LAPOR-SP4N,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Dinkominfo Blora, Ignatius Ary Soesanto menyampaikan, pada event kali ini, stand Dinkominfo menggelar talk show dengan penyelenggara Blora Expo 2019 di hari pertama, Jumat (13/12/2019).

Kemudian pada hari kedua, Sabtu (14/12/2019) talk show pemanfaatan teknologi aplikasi bagi masyarakat Blora. Selanjutnya talk show pendapat masyarakat dilaksanakan pada hari ketiga, Minggu (15/12/2019).

"Kami fasilitasi layanan free wi-fi bagi pengunjung," ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Blora melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Blora Expo 2019 Pameran Pembangunan dan Inovasi Daerah sebagai wahana untuk menyajikan berbagai produk kreativitas, informasi pembangunan dan inovasi yang dihasilkan oleh seluruh Perangkat Daerah.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Bappeda Kabupaten Blora, Ir. Samsul Arief dalam laporan pembukaan Blora Expo 2019, Jumat (13/12/2019).

Menurutnya, Blora Expo 2019 sebagai wahana untuk menyajikan berbagai produk kreativitas, informasi pembangunan dan inovasi yang dihasilkan oleh seluruh Perangkat Daerah, Dekranasda, klaster, UMKM serta produk kreativitas dan inovasi yang dijaring melalui lomba kreativitas dan inovasi masyarakat (kreanova) yang diikuti perangkat daerah, pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum.

“Blora Expo 2019 dilaksanakan tanggal 13 hingga 15 Desember 2019 bertempat di sepanjang jalan Pemuda atau depan MD Mall sampai dengan depan Satlantas Polres Blora,” kata Kepala Bappeda Kabupaten Blora, Ir. Samsul Arief.

Adapun peserta Blora Expo 2019 dengan tema Pemeran Pembangunan dan Inovasi Daerah, kata Samsul Arief, diikuti 85 stand terdiri dari 55 stand seluruh Perangkat Daerah dan BUMD serta 30 stand peserta lomba Kreanova.

“Juga dimeriahkan dengan tampilan seni dan kreativitas potensi lokal Blora,” ucapnya. (Dinkominfo Blora).


    Berita Terbaru

    Pemkab Blora Terima Penghargaan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor
    04 Agustus 2020 Jam 12:13:00

    Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pada hari Selasa (4/8/2020)...

    Perkembangan Covid-19 di Blora, Selasa 4 Agustus 2020
    04 Agustus 2020 Jam 11:10:00

    Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Blora menginformasikan update...

    Pembelajaran Secara Daring Masih Dilaksanakan di Blora
    03 Agustus 2020 Jam 11:28:00

    Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Hendi Purnomo, S.STP, MA menyampaikan bahwa dalam...