Batupasir Kuarsa


Batupasir kuarsa merupakan endapan batupasir yang kaya akan mineral kuarsa (SiO2). Berdasarkan hasil survey dilapangan, potensi batupasir kuarsa yang tersingkap dipermukaan berada di Desa Ngampel dan Desa Sendangharjo, Kecamatan Blora. Sebagian besar sudah dilakukan penambangan secara tradisional oleh masyarakat sekitar. Batupasir kuarsa yang ditambang, belum dimanfaatkan untuk keperluan industri maupun keperluan pembangunan lainnya, berdasarkan informasi, hanya sebagai tanah untuk timbunan, atau biasa disebut tanah urug oleh para penambang. Salah satu kegunaan batupasir kuarsa untuk industri adalah sebagai bahan campuran semen yang pemanfaatannya diolah dan diekstrak kandungan Si-nya.

Secara petrologi kenampakan fisik batupasir kuarsa berwarna coklat keputihan sampai abu-abu kekuningan, ukuran butir pasir halus sampai pasir sangat kasar, masif dan perlapisan, semen silika dan kaya akan mineral kuarsa. Batupasir kuarsa yang dijumpai merupakan batupasir kuarsa dari Formasi Ngrayong. Kondisi singkapan pada lokasi ini merupakan perselingan antara batupasir kuarsa dengan batugamping dan batulempung.

Penambangan di desa Ngampel sudah dilakukan cukup lama, berdasar informasi sudah ditambang selama ± 20 tahun dan dilakukan secara turun temurun dalam satu keluarga. Luas potensi batupasir kuarsa ini mencapai 577,2 ha. 

    Berita Terbaru

    Bunda Siaga Ajak Pramuka Doakan Korban Musibah SMPN 1 Turi
    22 Februari 2020 Jam 13:48:00

    Bupati Djoko Nugroho selaku Kamabicab, bersama Wakil Bupati H. Arief Rohman, M.Si selaku Ka...

    Pertunjukan Wayang Potehi Pikat Penonton di Halaman Klenteng Hok Tik Bio Blora
    22 Februari 2020 Jam 13:37:00

    Halaman Klenteng Hok Tik Bio Kabupaten Blora, Jawa Tengah menjadi perhatian warga dan terpikat...

    Yayasan TITD Klenteng Hok Tik Bio Gelar Tradisi Ritual Ciswak
    22 Februari 2020 Jam 09:12:00

    Yayasan Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Blora menggelar tradisi ritual Ciswak (tolak...