Batupasir Kuarsa


Batupasir kuarsa merupakan endapan batupasir yang kaya akan mineral kuarsa (SiO2). Berdasarkan hasil survey dilapangan, potensi batupasir kuarsa yang tersingkap dipermukaan berada di Desa Ngampel dan Desa Sendangharjo, Kecamatan Blora. Sebagian besar sudah dilakukan penambangan secara tradisional oleh masyarakat sekitar. Batupasir kuarsa yang ditambang, belum dimanfaatkan untuk keperluan industri maupun keperluan pembangunan lainnya, berdasarkan informasi, hanya sebagai tanah untuk timbunan, atau biasa disebut tanah urug oleh para penambang. Salah satu kegunaan batupasir kuarsa untuk industri adalah sebagai bahan campuran semen yang pemanfaatannya diolah dan diekstrak kandungan Si-nya.

Secara petrologi kenampakan fisik batupasir kuarsa berwarna coklat keputihan sampai abu-abu kekuningan, ukuran butir pasir halus sampai pasir sangat kasar, masif dan perlapisan, semen silika dan kaya akan mineral kuarsa. Batupasir kuarsa yang dijumpai merupakan batupasir kuarsa dari Formasi Ngrayong. Kondisi singkapan pada lokasi ini merupakan perselingan antara batupasir kuarsa dengan batugamping dan batulempung.

Penambangan di desa Ngampel sudah dilakukan cukup lama, berdasar informasi sudah ditambang selama ± 20 tahun dan dilakukan secara turun temurun dalam satu keluarga. Luas potensi batupasir kuarsa ini mencapai 577,2 ha. 

    Berita Terbaru

    Peringati HPSN 2020, DLH Blora Bersihkan Sampah
    21 Februari 2020 Jam 20:14:00

    Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020 diperingati Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Blora...

    Didi Kempot Kangen Sukun Sambangi Blora
    21 Februari 2020 Jam 14:46:00

    Penyanyi campursari Didi Kempot akan menyambangi Blora dalam lanjutan Roadshow Didi Kempot...

    Jaga Kebersihan Kandang Unggas
    21 Februari 2020 Jam 06:04:00

    Dinas Peternakan dan Perikanan (Dinnakikan) Kabupaten Blora mengimbau kepada warga masyarakat...