Dindagkop UMKM Blora Juara II Pameran Produk Makanan dan Kerajinan


Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Dindagkop UMKM) Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah terus berupaya mendorong pembinaan dan pemasaran produk makanan olahan serta kerajinan yang dikelola pengusaha dan perajin di wilayah setempat.

Kepala Dindagkop UMKM Kabupaten Blora Ir. Maskur melalui Kepala Bidang Perdagangan dinas setempat, Jasmadi mengemukakan upaya itu salah satunya dilakukan dengan kegiatan penyuluhan dan promosi untuk mengembangkan kemampuan menjadi usaha mikro yang tangguh dan mandiri.

“Selain itu, kami ikut promosi langsung melalui pameran. Diantaranya, pada minggu lalu kami mengikuti pameran yang diselenggarakan di Yogyakarta. Skalanya nasional, karena diikuti beberapa pemkab, pemprov dan pemkot se Indonesia,” kata Jasmadi di ruang kerjanya, Rabu (28/11/2018).

Dalam pameran itu, lanjutnya, Dindagkop UMKM Blora menempati dua stand, yakni stand I dan J. Adapun yang ditampilkan di stand I, yakni oleh-oleh khas Blora terdiri aneka makanan olahan, kerajinan dan batik khas Blora. Sedangkan di stand J, menampilkan produk handicraft dari kecamatan Jepon.

“Kerajinan kayu jati di Blora semakin terkenal keberadannya. Bahkan pengunjung antusias untuk memiliki dan ada yang pesan. Seperti souvenir, perabotan rumah dan produk lainnya yang kualitasnya dapat di andalkan,” jelasnya.

Masih menurut Jasmadi, dalam pameran Promosi Jogja 2018 dan Gebyar Agribisnis, Pangan dan Perikanan (Gapp Expo) yang diselenggarakan di Ramai Mall (22-25/11/2018), stand Dindagkop UMKM Kabupaten Blora meraih juara II sebagai stand terbaik.

“Penilaiannya dilakukan oleh juri. Dindagkop UMKM Blora dapat juara II atas tampilan produk dan dekorasi. Sedangkan, juara I Kabupaten Mahakam Ulu, Provinsi Kalimantan Timur, dan juara III Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur,” ungkapnya.

Acara tersebut, kata Jasmadi, didukung oleh kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian BUMN, Kemeterian Perindustrian, Dinas Perindag Kota Yogyakarta, dan PT. Citra Media Promosindo.

Sementara itu, Sukamto, Kepala Seksi Promosi Dan Informasi Pasar Dindagkop UMKM Blora mengatakan, untuk lebih mengoptimalkan promosi, pihaknya akan memaksimalkan penggunaan teknologi digital.

“Atas arahan TAPD kami akan buat website khusus untuk promosi. Karena ini akan lebih efektif dan mudah diakses publik,” ujarnya. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Bupati Arief Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora
    28 Maret 2024 Jam 19:39:00

    Bupati Blora, Arief Rohman, S.IP., M.Si minta Pemprov Jateng untuk tuntaskan pembangunan jalan...

    RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN LKPJ BUPATI BLORA AKHIR TAHUN ANGGARAN 2023
    28 Maret 2024 Jam 16:31:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, Jawa Tenggah menggelar rapat paripurna...

    Pemkab Blora Gelar Musrenbang RPJPD 2025-2045 dan RKPD 2025
    28 Maret 2024 Jam 13:39:00

    Pemerintah Kabupaten Blora menggelar Musyawarah Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana...