Berita Terkini

Pemkab Blora Kerja Sama Penanggulangan Bencana Bersama Perhutani


Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora melakukan kerja sama di bidang penanggulangan bencana dengan lima Administratur (Adm) Perhutani yang mempunyai wilayah Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) di Blora.

Penandatanganan kerja sama dilakukan di Kantor Perhutani KPH Blora, Rabu  (27/3/2024).

Lima Administratur yang melakukan penandatanganan kerja sama di bidang penanggulangan bencana dengan Bupati Blora, H.Arief Rohman, S.IP, M.Si tersebut, masing-masing Adm KPH Blora, KPH Randublatung, KPH Cepu, KPH Mantingan dan KPH Kebonharjo.

“MoU dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Perhutani ini perlu dilakukan sebagai bentuk kolaborasi dan sinergi bersama. Khususnya terkait penanganan bencana alam sehingga tidak menimbulkan dampak yang berkelanjutan. Kita akan bergerak bersama melakukan pencegahan-pencegahan yang dapat meminimalkan terjadinya bencana, khususnya di dalam wilayah kerja KPH Blora Raya,” terang Bupati Blora Arief Rohman.

Dikemukakan, keberadaan Perhutani sangatlah penting. Dengan kerja sama tersebut kedua pihak bisa bersama-sama dalam hal antisipasi hingga penanggulangan bencana di wilayah kerja Perhutani yang ada di Kabupaten Blora.

“Karena separuh wilayah kita adalah Perhutani, untuk itu kita ingin menjaga hutan kita tetap lestari termasuk juga terkait dengan antisipasi bencana, seperti banjir, longsor, dan sebagainya," jelasnya.

Adm Perhutani KPH Blora, Yeni Ernaningsih mengungkapkan, kerja sama dengan Pemkab Blora tersebut dilakukan salah satunya untuk antisipasi terjadinya kebencanaan.

“Kerja sama penanggulangan bencana dengan Pemerintah Kabupaten Blora ini, harapannya kita tidak terjadi bencana, melainkan menjadi salah satu kegiatan antisipasi apabila terjadi bencana di Blora. Sebagai langkah antisipasi, nanti kita bekerjasama dengan BPBD terutama kejadian bencana yang ada di kawasan hutan,” papar Yeni.

Dikatakan, pihaknya menyambut baik adanya kerja sama tersebut. Dengan demikian Pemkab Blora dan Perhutani dapat bersinergi dan bisa mengambil tindakan cepat apabila terjadi kebencanaan.

“Apabila ada kejadian, kita bisa langsung segera bertindak secara sinergis antara Pemkab atau melalui BPBD dengan Perhutani untuk penanggulangannya. Nantinya juga akan dilaksanakan dengan pelatihan dan pembinaan petugas kami,” tambah Adm Yeni Ernaningsih. (Tim Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    Berusia 74 Tahun, RSUD dr. Soetijono Blora Punya 6 Inovasi Layanan Kesehatan
    25 April 2024 Jam 17:47:00

    Bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya ke-74, Kamis (25/4/2024), RSUD dr. R. Soetijono...

    Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
    24 April 2024 Jam 00:58:00

    Bupati Blora H. Arief Rohman secara resmi membuka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar, Program...

    PENGUMUMAN PENGADAAN CALON DEWAN PENGAWAS PERUMDA AIR MINUM TIRTA AMERTA KABUPATEN BLORA
    23 April 2024 Jam 10:55:00

    Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi ASN untuk mengisi...